Categorized | Beasiswa

Fakta Tentang Beasiswa Turki (YTB) Tahun 2016

Sebagaimana telah kita ketahui bahwa Turki terus meningkatkan kualitas dan kuantitas dari beasiswa pemerintah Türkiye Bursları dari tahun ke tahun. Untuk tahun ajaran 2016-2017, YTB menerima setidaknya 92.780 aplikasi dari 170 negara di dunia. Dari jumlah tersebut, sekitar 10.000 kandidat mengikuti proses interview di lebih dari 100 negara secara tatap muka langsung. Sekitar 4000 orang diterima sebagai calon mahasiswa baru di kampus-kampus ternama di seluruh kota di Turki.

Kalau ada nama kalian di antaranya, selamat! Selamat datang di negeri para Sultan. Kalau namanu belum ada, jangan berkecil hati, YTB buka setiap tahun dan tidak ada batasan kesempatan untuk ikut mendaftar. Artinya kamu masih bisa ikutan lagi. Tentu dengan perbaikan dalam aplikasi yang kamu kirim di tahun lalu.

Adakah yang butuh bantuan untuk kepengurusan keberangkatan dari Indonesia ke Turki? Sila untuk menghubungi kami. Kami akan sangat senang untuk membantu kalian.

32 Responses to “Fakta Tentang Beasiswa Turki (YTB) Tahun 2016”

  1. Lia widiasari says:

    Assalamualaikum kak.. Kak aku mau tanya kalo misalkan yg lulusan pesantren pengen daftar beasiswa turkiye peluangnya besar ga? Trus klo buat persyaratannya apa aja ya kak? Aku baru lulus tahun ini tp skrng lg break. Minta informasinya kak.. Aku mau daftar yg beasiswa S1

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb. Peluangnya sama aja kok. Pesantren banyak juga yang keterima. Persyaratannya ya sama aja, coba kamu cek lagi di web ini udah ditulis semua.

  2. Assalamualaikum kak, kalau di website ytb-nya tidak ada semua jenis beasiswa nya not suitable gimana kak?

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb. not suitable berarti tidak sesuai dengan jurusan yang kamu pilih. Atau jurusan kamu sebelumnya tidak linier. Jadi tidak bisa diisi. Kamu harus sesuaikan dengan jurusan yang linier atau yang memang bisa dipilih menggunakan jurusan kamu sebelumnya.

  3. Alfiah Amaliyah says:

    Assalamualaykum Warahmatullahi Wabarakatuh, kak apa ada beasiswa untuk kuliah s1 kedokteran di Turki?, saya pernah baca tentang Ibni Sina Medical Science Schoolarship Program di Turki, tapi informasinya cuma sedikit, mungkin kakak punya informasi lebih banyak?
    trus tips-tips buat bisa lulus program beasiswa ke turki ada ngak kak?

  4. Indah says:

    Salam, dear admin.. terima kasih informasi2nya ya. Saat ini, sy butuh informasi, adakah yg ikut beasiswa YTB mengambil S3 dan membawa keluarga? Sy ingin bertukar informasi mengenai tempst tinggal, biaya sekolah anak disana dll. Makasi

    • Admin Sultan says:

      Ada banyak. Yang harus diketahui 1) YTB tidak mengcover biaya keluarga, hanya penerima beasiswa. 2) Untuk urusan izin tinggal, insyaAllah mudah.

  5. dara says:

    Assalamualaikum..
    min, beasiswa short course d turki ada gak? terima kasih

  6. Phyta says:

    Kapan beasiswa 2017 dibuka min?

  7. Sri Reni Anggraeni says:

    Assalamu’alaikum.. Merhaba ^^,
    Kak saya mengikuti perkembangan beasiswa di Turki, saya ingin kuliah tapi sekarang posisi saya mahasiswa aktif S1 tapi sudah semester 7. Mohon sarannya ya kak, apakah saya harus melanjutkan ke S2 atau ambil S1 ulang lagi? Terimakasih kak, Teşekkür Ederim (^^,)

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb. Merhaba! Saran mimin kamu selesaikan S1nya, karena syarat untuk daftar S1 skrg minimal lahir 1 Jan 1996. Di atas itu seperti 31 Des 1995 tidak bisa.

  8. Assalamu’alaikum ka….
    ulfa mau tanya ni..
    kan tahun 2017 ini mau daftar ytb…
    Ijazahnya dan rapotnya emang harus di terjemahkan kan ya??
    terus transkip nilai rapot sma saja kn kak??
    ulfa juga tidak ada stifikat toefl

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wrwb. Iya harus diterjemahin, nanti panitianya bagaimana bisa melihat kalau bahasa Indonesia? Iya, kan kamu masih SMA, jadi pakai transkrip SMA 😀 Kalau tidak ada sertifikat TOEFL tidak apa, tapi kalau ada lebih berpeluang besar.

  9. Wiedy says:

    Ka, kalau dari D3 ke S1 sistemnya gimana ya?
    Apakah lanjut dari D3 ke S1, atau mulai dari awal?
    Terimakasih.

  10. fitriani says:

    assalamu’alaikum kak afwan sebelumnya,,,
    kak, kira kira daftar beasiswa ke turki untuk bulan januari 2017 masih di buka gk ???
    tolong infonya jika pendaftaran telah di buka….dan klw bisa saya ingin sharing pengalaman kuliah di turki kak,… 🙂
    #makasih kak…mohon jawabannya

  11. Dyunaf says:

    Asalamualaikum..kalo untuk tes IELTS min nilainy brp? mtrims

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb. Untuk IELTS dan TOEFL, mimin harus konfirmasi dulu ya berapa batas minimalnya. Sepanjang pengetahuan mimin, batasnya normal TOEFL 500 IELTS 6. Tapi dulu sih tidak ada batas, yang penting ada sertifikat ujian saja sudah cukup. Nanti mimin konfirmasi dulu ya.

  12. azra says:

    hai ka, mau nanya nih, kira2 jurusan untuk ips disana yg recommended apa aja ya ka? terima kasih 🙂

    • Admin Sultan says:

      Hai Azra. Ah, kamu nanyanya terlalu luas. Semua jurusan IPS oke kkok.. Kayak mimin dan miminah disini anak IPS semua hehe

  13. Hafizh Nurul Faizah says:

    Assalammu’alaikum. Kak saya sangat tertarik untuk mengikuti program beasiswa ke Turki. tapi saya belum terlalu banyak mengetahui informasi yang berkaitan, baik mengenai persyaratan, kemudian biaya pendaftaran, ataupun memilih kampus dan jurusan. dimana saya bisa mendapatkan informasi tersebut? Terimakasih atas jawabannya 😀

    • Admin Sultan says:

      Waalaikum salam wr wb. HAHAHA. Di website yang kamu baca ini. Kita udah kasih tahu banyak koook, coba diubek-ubek lagi hehe..

  14. Tiara Puspita says:

    Assalamualaikum Kak, ini Tiara lagi
    Untuk prosedure pengurusan visa tahun2 sebelumnya membutuhkan waktu berapa hari Kak? Dan untuk kelengkapan dokument yg akan dibawa apa saja ya?
    Supaya bisa share sama awardee lain di group WA Awardee YTB 2016.
    Terimakasih sebelumnya kak

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb. Untuk urus visa itu biasanya satu minggu. Kelengkapan dokumen yang kamu butuhkan untuk apply visa atau yang untuk dibawa? Kalau untuk dibawa, tentu semua dokumen ASLI yang diminta ketika kamu mendaftar. Itu wajib dibawa ya, jangan sampai ketinggalan.

      • alwan says:

        ketika kita mendaftar di aplikasi online, upload dokumen nilai transkrip ijazah dan raport itu yang asli atau yang diterjemahkan kak??

        • Admin Sultan says:

          Kalau yg asli sudah pakai terjemahan, cukup pakai itu. Kalau belum, keduanya bisa kamu upload dan dijadikan satu file misalnya dalam PDF>

      • Nur says:

        Assalamu’alaykum. Apa setelah dikatakan lulus seleksi administrasi dan wawancara ada tes tertulis selanjutnya di universitas yg kita apply di turkiye? Atau tidak ada tes lagi di universitas yang bersangkutan?

        • Admin Sultan says:

          Waalaikumsalam wr wb. Tidak ada tes sama sekali. Dari awal daftar sampai masuk kuliah tidak ada tes ini itu.

Trackbacks/Pingbacks


Leave a Reply