Categorized | Beasiswa

Update 2018: Yang Sering Ditanyakan Terkait Beasiswa Pemerintah Turki (YTB)

UPDATE (15 Januari 2018)

Karena banyaknya pertanyaan yang mencapai ribuan dan kebanyakan berbeda, kami tidak sempat untuk memindahkan ke dalam artikel ini. Jadi, bagi yang ingin bertanya silakan baca dahulu semua dari atas sampai bawah seluruh pertanyaan yang masuk agar tidak terjadi pengulangan. Mohon dibaca dulu yaa, mimin lelah dengan pertanyaan yang sama.. :p

Jika tidak ada di daftar pertanyaan dan jawaban, coba baca dulu di dalam kolom KOMENTAR. Scroll ke bawah ya.


Seringkali pertanyaan mengenai beasiswa pemerintah Turki (YTB) selalu berulang. Di sini, kami berikan list pertanyaan yang sering ditanyakan terkait beasiswa YTB. Dibaca dulu semua sebelum bertanya. Jika pertanyaan tidak ada dalam list, silakan untuk bertanya di kolom komentar di bawah. Budayakan membaca. Jangan lupa tinggalkan komentar, saran, dan kritik. Salam sukses! 🙂

  1. Apa itu beasiswa pemerintah Turki atau YTB?
    Beasiswa pemerintah Turki atau YTB (Yurtdışı Türkler ve Akraba Topluluklar Başkanlığı) adalah beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Turki untuk pelajar asing yang berasal dari luar wilayah Turki dan bukan berkewarganegaraan Turki.
  2. Bagaimana cara mendaftar beasiswa YTB?
    Mudah. Hanya melalui www.turkiyeburslari.org atau www.trscholarships.org dengan cara online. Pastikan semua dokumen sudah dalam bentuk digital dengan resolusi bagus. CATATAN: Beasiswa YTB hanya menggunakan website tersebut dan seluruh proses ONLINE! Tidak ada pihak ketiga apalagi meminta bayaran. TIDAK ADA YA!
  3. Di mana bisa dibaca detail informasi beasiswa pemerintah Turki?
    Untuk PERSYARATAN silakan buka link berikut. Di situ berbahasa English dan dijelaskan semuanya dengan detail tentang program yang ada, syarat, dokumen yang dibutuhkan, penilaian dan seleksi, serta tentang kampus. Persyaratan terbaru (bisa jadi ada perubahan dari tahun sebelumnya, silakan menuju laman terbaru dari web YTB).
  4. Kapan beasiswa YTB dibuka?
    Biasanya pendaftaran beasiswa YTB mulai dibuka antara bulan Februari-Maret. Untuk program sarjana dan pascasarjana memiliki waktu yang berbeda. Sebagai informasi, beasiswa ini dibuka setiap tahun. UPDATE: saat ini YTB membagi menjadi 3 gelombang berdasarkan negara. Dan Indonesia berada di gelombang ke-2 dan ke-3. Update mengenai ini bisa dicek di: Klik.
  5. Bagaimana kualitas universitas yang ada di Turki?
    Kualitas kampus di Turki relatif baik dan berkelas internasional. Banyak kampus di Turki yang sudah masuk ke dalam program internasional seperti Erasmus. Untuk lebih jelas silakan melihat web peringkat kampus dunia seperti Times Higher Education atau Webometrics.
  6. Jurusannya ada apa saja?
    Hampir semua jurusan yang diminati ada. Silakan cek di sini.
  7. Di Turki, jurusan/program unggulan apa saja?
    Pertanyaan sulit, karena nanti kalau dijawab program tertentu, program lainnya merasa terkucilkan 🙂 Yang jelas semua program yang ditawarkan memiliki kelebihan masing-masing. Pilihlah sesuai passion. Bocoran sedikit: jika merasa tidak terlalu oustanding dalam akademis atau pengalaman akademis/kerja, lebih baik pilih yang biasa saja atau sedikit peminatnya. Untuk melihat ada kampus apa saja, coba browsing ke sini. Nah, lebih baik juga pilih kota yang tidak besar seperti Istanbul atau Ankara karena konsentrasi kampus ada di kedua kota tersebut.
  8. Apakah harus sesuai antara pendidikan sebelumnya dengan pilihan jurusan yang akan diambil?
    Tidak harus. Tapi kami menyarankan agar sesuai (linier), karena berdasarkan pengalaman, ini juga menjadi pertimbangan panitia seleksi. Memilih lain jurusan bisa saja asal punya argumen yang kuat kenapa hendak mengambil jurusan tersebut.
  9. Apa saja yang didapat dari beasiswa pemerintah Turki (YTB)?
    Banyak dan cukup lengkap, yaitu: tiket pesawat PP di awal dan akhir studi, biaya pendidikan, asrama, asuransi kesehatan, kursus bahasa Turki (Tömer) selama 9 bulan, uang saku (untuk buku, transport, dsb). Besaran uang saku perbulan untuk tahun 2015 untuk S1 600 TL, S2 900 TL, S3 1200 TL. Beasiswa ini setiap tahun bertambah sekitar 50-100 TL. (TL = Türkiye Lirası)
  10. Apakah ada tes untuk beasiswa YTB?
    Tidak ada. Proses aplikasi beasiswa YTB menggunakan mekanisme yang relatif lebih mudah, yaitu lengkapi dokumen (sesuai dengan syarat yang diminta), interview (jika dokumen lengkap sesuai syarat dan dipanggil oleh panitia), pengumuman (lolos atau tidak biasanya akan dikirimi e-mail pemberitahuan).
  11. Di mana bisa didapatkan contoh formulir isian beasiswa pemerintah Turki?
    Silakan untuk mendownload di sini (PDF). Ini contoh formulir beasiswa tahun 2014. Berdasarkan pengalaman, formulir tahun 2013 dan 2014 tidak jauh berbeda. Kemungkinan untuk tahun 2015 juga identik. Pelajari apa saja yang diminta di dalam formulir dan perhatikan syarat % dari minimal dokumen yang dibutuhkan.
  12. Berapa banyak kuota untuk masing-masing jenjang S1, S2, S3?
    Kuota pasti kami tidak punya datanya. Yang jelas komposisinya S1 > S2 > S3. Untuk tahun 2014 ada sekitar 50 orang lebih yang diterima dari Indonesia, di mana 60% adalah S1, 35% adalah S2, 5% adalah S3. Tahun ini kuota penerima beasiswa seluruh dunia ditambah menjadi 5000 pelajar.
  13. Apakah ada beasiswa untuk D3?
    Untuk saat ini, sesuai dengan yang diumumkan oleh panitia, beasiswa YTB hanya mengcover untuk program S1, S2, S3 juga summer course dan research saja.
  14. Bahasa pengantar di perkuliahan bahasa apa?
    Umumnya, bahasa pengantar perkuliahan adalah bahasa Turki. Sebab itu nanti selama satu tahun pertama penerima beasiswa akan belajar bahasa Turki (Tömer) sampai level C1. Namun, ada juga beberapa jurusan yang bahasa pengantarnya bahasa Inggris. Ini tergantung dari jurusan dari kampus masing-masing dan calon penerima beasiswa harus memiliki nilai yang tinggi dalam keahlian bahasa asing.
  15. Jika sudah menikah (berkeluarga), apakah masih bisa ikut beasiswa ini?
    Masih.
  16. Kalau mahasiswanya sudah berkeluarga bagaimana?
    Alhamdulillah kalau sudah berkeluarga. Sayangnya, beasiswa YTB tidak menanggung biaya keluarga (anak, istri, ibu, bapak, kakek, cucu, dsb). Beasiswa hanya diberikan untuk pelajar bersangkutan.
  17. Saya berencana lanjut S2, sekarang masih ada 1 semester lagi, mungkin tidak untuk ikut beasiswa ini?
    Sabar saja, selesaikan dulu kuliahnya. Insya Allah beasiswa YTB buka setiap tahun. Dipersiapkan saja semua dokumen yang dibutuhkan untuk periode berikutnya.
  18. Perkiraan lulus akhir tahun ini atau dalam beberapa bulan, apa bisa mendaftar atau harus wisuda dulu?
    Syarat dokumen yang harus disertakan adalah ijasah, jika tidak ada, bisa menggunakan SKL (Surat Keterangan Lulus). Jadi lebih baik sampai dokumen lengkap semua. Jika dalam masa upload dokumen sampai masa interview dipastikan akan lulus, bisa menggunakan surat keterangan pengganti dari jurusan.
  19. Dokumen apa saja yang harus dipersiapkan untuk beasiswa YTB ini?
    Persiapkanlah dokumen yang diminta oleh panitia, tidak perlu memasukkan dokumen yang tidak ada kaitannya dengan aplikasi beasiswa seperti sertifikat tanah, rekening listrik, atau tagihan kartu kredit. FYI, semua dokumen harus discan.
  20. Sertifikat bahasa Inggris (TOEFL/IELTS) dibutuhkan tidak?
    Jika diminta, berarti dibutuhkan. Jika disebutkan “if any”, itu berarti “kalau ada” disertakan, kalau tidak ada berarti tidak masalah. Lebih baik dipersiapkan saja karena itu juga akan menjadi nilai tambah dalam proses seleksi.
  21. Ada beberapa jurusan yang meminta sertifikat GRE, TOEFL, IELTS, itu bagaimana?
    Memang ada beberapa jurusan yang mensyaratkan dokumen tersebut. Biasanya kampus bagus dan pengantarnya berbahasa Inggris. Jika diminta begitu, maka harus dipenuhi. Saat pengisian formulir aplikasi beasiswa, sertifikat tersebut tidak terlalu dibutuhkan. Tetapi saat interview harus ada karena sebagai pertimbangan panitia seleksi. Artinya, masih ada waktu selama 1 bulan untuk melengkapi sertifikat. Jika tidak ada hingga waktu interview berlangsung, panitia tidak akan menempatkan penerima beasiswa di kampus tersebut (ditempatkan di kampus lain).
  22. Maksimal usia pendaftar beasiswa berapa?
    Usia maksimal untuk pendaftar S1 adalah 21 tahun, pendaftar S2 adalah 30 tahun, pendaftar S3 adalah 35 tahun, dan untuk program riset 45 tahun.
  23. Apakah beasiswa pemerintah Turki membutuhkan LOA (Letter of Acceptance)?
    Tidak butuh. Selama ini, beasiswa pemerintah Turki tidak membutuhkan LOA. Namun, dalam formulir aplikasi ada isian akademisi yang kita ketahui pakar dalam bidang yang akan kita diambil. Kita diminta untuk mengisi keterangan singkat mengenai pakar tersebut. Tinggal browsing saja di internet.
  24. Berarti tidak harus diterima di kampus dulu sebelum apply beasiswa?
    YA. Tidak harus. Tinggal lengkapi dokumen yang diminta, panitia akan menyeleksi dokumen lalu interview. Jika lolos mereka akan menempatkan penerima beasiswa di kampus yang ada di pilihannya.
  25. Bagaimana peluang agar diterima beasiswa YTB?
    Proses seleksi beasiswa YTB berdasarkan kriteria akademik dan kesesuaian dengan bidang studi yang hendak diambil. Berdasarkan pengalaman kami, yang dilihat adalah latar belakang akademis, rencana studi, dan kontribusi nanti setelah selesai kuliah. Ketiganya harus linier berhubungan.
  26. Apakah PNS bisa ikut beasiswa ini?
    Di dalam persyaratan yang diminta, tidak disebutkan perihal mengenai syarat pekerjaan. Beberapa orang yang belajar di Turki juga berstatus PNS.
  27. Interview nanti dalam bahasa Inggris atau Indonesia?
    Untuk interview secara umum menggunakan bahasa Inggris, tidak menggunakan bahasa Indonesia, karena yang interview adalah panitia pusat yang datang langsung dari Turki. Jika bisa bahasa Turki itu sangat menambah nilai dan sangat direkomendasikan.
  28. Nanti pasca kuliah, apakah akan terikat dengan instansi tertentu?
    Tidak. Pemerintah Turki memberikan beasiswa secara gratis dan tidak terikat.
  29. Sudah pernah apply tahun sebelumnya, tapi gagal. Bagaimana strategi jitu untuk lolos paling tidak sampai interview?
    Pertanyaan yang bagus. Kami juga pernah gagal. Berdasarkan pengalaman, setidaknya ada beberapa sebab kenapa gagal. Pertama, dokumen tidak lengkap atau tidak sesuai. Ini tidak perlu ditanyakan lagi. Kedua, menurut panitia seleksi tidak memenuhi syarat penilaian, terutama akademis. Bisa jadi karena kurangnya nilai IPK, prestasi akademik, pengalaman kerja, aktivitas organisasi, dsb. Ketiga, letter of intent tidak memuaskan. Strateginya: lengkapi dokumen sesuai yang diminta, isi semua isian yang ada dalam formulir, upload semua prestasi dan pengalaman seperti sertifikat ini dan itu, rencanakan dengan baik letter of intent. Pelajari bagaimana mengisi letter of intent dari berbagai web yang membagi pengalamannya.
  30. Surat rekomendasi sebaiknya berapa dan dari siapa saja? Selain dari dosen/dekan/rektor, apa boleh juga dari pejabat daerah?
    Sebaiknya sesuai dengan yang diminta (2 buah) dan dari mereka yang paham kemampuan kita seperti dosen pembimbing atau kepala jurusan. Yang paling berpeluang berasal dari profesor. Jika sudah bekerja, bisa dari atasan langsung dengan jabatan yang baik. Dari pejabat daerah sepertinya boleh. Tapi lebih baik dari unsur akademis.
  31. Di letter of intent diminta untuk menulis alasan memilih jurusan. Kalau saya memilih lebih dari satu jurusan, bagaimana saya menulis letter of intent-nya?
    Memang memungkinkan untuk memilih jurusan yang berbeda dalam satu program. Tapi justru di sini perlunya konsistensi kita dalam melanjutkan pendidikan. Lebih baik pilih satu jurusan yang diinginkan atau pilih jurusan yang saling berhubungan. Kita akan dinilai dari konsistensi dalam letter of intent (Loİ), sebab tidak mungkin dalam satu Loİ ada beberapa pilihan. Maksimum LOI per pertanyaan 1000 huruf.
  32. Sertifikat yang dilampirkan maksimal berapa tahun ke belakang? 
    2 tahun ke belakang. Tapi berdasarkan pengalaman penulis, lebih juga tidak mengapa 🙂
  33. Apakah sertifikat harus diterjemahkan ke dalam bahasa Turki? 
    Ada beberapa dokumen yang harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, bukan Turki, seperti semua ijasah (S1 dan S2), transkrip nilai, dan surat keterangan sehat. Sertifikat tidak perlu diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, hanya cukup melampirkan dalam dokumen. PERHATIAN: penerjemahan harus menggunakan penerjemah tersumpah.
  34. Untuk pilihan jurusan atau kampus, bisa pilih sendiri atau dipilihkan? 
    Beasiswa ini memberikan kesempatan kepada calon penerima beasiswa untuk memilih maksimum 12 pilihan, dengan minimum 3 pilihan untuk S2 dan S3, serta minimum 6 pilihan untuk S3.
  35. Bagaimana cara mengetahui persyaratan masing-masing kampus? Atau adakah list kampus yang tidak mensyaratkan TOEFL? 
    Kami tidak punya. Lihat langsung di web masing-masing kampus atau lihat di list pilihan pada saat pengisian formulir. Biasanya pada saat mengisi, kita bisa lihat persyaratan umum seperti GRE, TOEFL, IELTS, minimum IPK, latar pendidikan sebelumnya, dsb.
  36. Saya mau apply beasiswa undergraduate, tapi saya berasal dari SMK, bisa tidak? 
    Bisa. Yang penting nilainya memuaskan mampu bekompetisi.
  37. Apakah ada syarat proposal riset?
    Tidak ada syarat proposal riset. Tapi nanti cukup dituliskan singkat, padat, dan jelas pada kolom isian letter of intent.
  38. Apakah butuh essay untuk ikutan beasiswa ini? 
    Tidak butuh essay. Tidak ada syarat apapun selain dari syarat yang diminta.
  39. Selama belajar bahasa Turki, apakah beasiswa sudah diterima?
    Ya, beasiswa sudah diterima (biasanya) sebulan setelah kedatangan untuk belajar bahasa Turki. Jadi selama satu 1 bulan pertama biaya kita tanggung sendiri.
  40. Apakah Turki kondusif untuk dijadikan tempat belajar? 
    Alhamdulillah, Turki sangat kondusif untuk dijadikan tempat belajar. Negeri dengan beribu tempat bersejarah, ribuan masjid, dan 4 musim ini sangat membuka diri bagi pelajar asing, khususnya dari negeri muslim asia dan afrika.
  41. Jika tidak bisa bahasa Turki, apakah harus bisa bahasa Inggris?
    Dari sekian banyak penerima beasiswa YTB, ada sebagiannya yang sama sekali tidak bisa bahasa Inggris. Mereka berasal dari negara-negara arab dan afrika. Jadi, sebenarnya bisa saja tidak bisa bahasa Inggris. Tapi, masalahnya dalam interview nanti menggunakan bahasa Inggris. Jika bisa bahasa Turki itu jauh lebih baik. Dengar-dengar bisa juga menggunakan bahasa Arab dan Perancis. Tapi ini harus dipastikan lebih lanjut.
  42. Mengenai alur proses aplikasinya seperti apa? Keberangkatan jika diterima? 
    Keterangan jadwal bisa dicek di sini. Tapi akan lebih jelas nanti setelah dirilis oleh media ofisial YTB.
  43. Kampus manakah yang lebih berpeluang untuk menerima kita? 
    Sudah ditanya di atas, tapi kami tekankan lagi. Jika tidak yakin dengan kemampuan untuk bersaing dengan calon penerima beasiswa lain, kami menyarankan strategi memilih kampus yang jarang diminati pada umumnya. Bukan karena tidak bagus, tapi biasanya karena jauh dari pusat kota. Pusat-pusat kota itu seperti Istanbul, Ankara, dan Izmir biasanya dipilih banyak mahasiswa. Carilah kampus yang berada selain dari ketiga kota tersebut.
  44. Saya berencana mengambil jurusan A, tapi masih bingung mencari kampus yang tepat. Di mana saya bisa mencari informasi mengenai hal itu? 
    Saran dari kami strateginya seperti ini: tentukan jurusan yang diinginkan, browsing di internet mengenai jurusan tersebut di kampus Turki, masuki web kampus tersebut, jika tidak berbahasa Eng, gunakan google translate. Ini cara termudah. Tentu butuh usaha yang maksimal.
  45. Saya sudah berijasah S2, tapi tertarik untuk mengulang S2 di Turki. Apakah bisa? 
    Bisa jadi bisa, bisa jadi tidak. Sebab rumor yang beredar panitia beasiswa lebih memilih untuk memberikan kesempatan kepada calon penerima beasiswa lain yang belum S2. Ini rumor umum. Mungkin bisa menggunakan persyaratan S1, tidak menyebut pernah S2. Tapi nanti terkendala umur.
  46. Apakah bisa memilih kampus yang bahasa pengantarnya berbahasa Inggris? 
    Bisa. Tapi dengan persyaratan mengupload dokumen kemampuan bahasa Inggris tersebut dengan standar yang ditetapkan masing-masing kampus, seperti TOEFL atau IELTS.
  47. Apakah pekerjaan ikut mempengaruhi penilaian? 
    Berdasarkan pengalaman, pekerjaan juga ikut mempengaruhi penilaian juri. Sebab ini berkaitan erat dengan kontribusi pasca kuliah nanti.
  48. Jika belum ada ijasah atau transkrip nilai, bagaimana? 
    Ijasah bisa digantikan sementara dengan Surat Keterangan Lulus (SKL) dari sekolah atau kampus. Begitu pula dengan transkrip di mana bisa menggunakan daftar nilai sementara. Tapi pastikan seluruh dokumen sudah bisa didapatkan pada saat interview, karena harus dibawa semua.
  49. Sebenarnya apa saja kemudahan aplikasi beasiswa pemerintah Turki ini? 
    Untuk kemudahan beasiswa YTB, silakan cek di sini.
  50. Mengenai dokumen yang harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris itu bagaimana? 
    Seluruh dokumen utama baiknya sudah diterjemahkan seperti ijasah, transkrip nilai, raport, surat rekomendasi. Sedangkan untuk sertifikat tidak perlu. FYI, seluruh terjemahan harus berasal dari lembaga terkait (penerbit dokumen seperti kampus) atau penerjemah tersumpah.
  51. Bagaimana kalau tidak punya paspor, apakah masih bisa daftar? 
    Baiknya, untuk apply beasiswa manapun, sudah punya paspor sebelumnya. Biasanya akan dijadikan standar dokumen aplikasi semenjak paspor menjadi indentitas pengenal internasional. Untuk beasiswa YTB, tidak harus paspor, bisa juga dengan KTP.
  52. Tentang nama NAME & SURNAME, bisa dijelaskan bagaimana cara mengisinya? 
    Penulisan nama di Indonesia dengan luar negeri memang cukup berbeda. Di Indonesia seluruh nama yang tercatat di akte kelahiran adalah nama kita, meski ada unsur nama keluarga. Tapi ada juga yang tidak menulis nama keluarga. Di luar negeri, nama keluarga itu penting, makanya harus ditulis NAME SURNAME. Jika kamu punya satu nama, Fahmi, misalnya, tulis di NAME: Fahmi SURNAME: Fahmi (Jangan dikosongkan). Jika dua nama, Fahmi Mubarak, misalnya, tulis NAME: Fahmi SURNAME: Mubarak. Meski Mubarak itu bukan nama keluarga, tapi tulis saja begitu biar mudah. Perlu diingat, penulisan ini harus konsisten. Ketika ditanya nama keluarga, jawab saja SURNAME itu. Jika tiga nama, gunakan nama akhir sebagai SURNAME. Tiga suku kata nama biasanya yang relatif aman. Ingat sekali lagi, konsistensi penulisan itu penting.
  53. Di Turki adakah program student exchange
    Ada. Kalau dengan Indonesia, sepanjang pengetahuan kami, baru UGM saja. Kalau untuk Erasmus sendiri banyak mahasiswa Indonesia yang mengikuti program ini untuk belajar di kampus-kampus Eropa melalui Turki.
  54. Terkait dengan uang saku beasiswa, apakah mencukupi untuk hidup di Turki?
    Pemerintah Turki sudah pasti mempertimbangkan biaya segala macamnya sebelum mereka memberikan beasiswa kepada warga negara lain. Rasanya tidak mungkin membiarkan pelajar negara lain mengalami kesulitan keuangan untuk hidup di Turki. Sejauh ini, besaran uang saku yang diberikan sangat mencukupi untuk kebutuhan hidup standar sehari-hari. Sebab, biaya makan, asrama, buku, transport, asuransi, semua sudah ditanggung pemerintah. Jadi uang saku itu benar-benar uang tambahan dan bisa untuk nabung. *untuk beberapa kota di Turki bisa jadi menerapkan kebijakan yang berbeda*
  55. Apakah pendaftaran beasiswa YTB harus bayar? Atau bisa melalui agen beasiswa? 
    Beasiswa YTB tidak bayar alias gratis. Semuanya dilakukan melalui online, tidak ada jalur lain selain ini. YTB tidak bertanggung jawab jika menggunakan jalur selain ini.
  56. Apakah wanita hamil bisa mengikuti beasiswa ini?
    Selama tidak ada larangan, tentu saja bisa.
  57. Jika saya diterima beasiswa YTB, lalu ada suatu hal yang menyebabkan saya harus menunda, apakah bisa?
    Sepanjang pengetahuan kami, YTB tidak memberikan toleransi untuk penundaan keberangkatan. Tidak bisa diundur tahun depan. Diundur beberapa hari atau minggu itu bisa. Tapi jika tahun depan, itu tidak bisa.
  58. Jika nanti diterima beasiswa, apakah mungkin beasiswa akan dicabut karena suatu hal?
    Tentu saja saja mungkin. Jika nilai kita tidak perform atau sesuai dengan syarat minimal yang ditetapkan YTB, maka perlahan beasiswa kita akan berkurang sampai pada pencabutan beasiswa. Meski kita tidak dapat beasiswa dari YTB, kita masih bisa membiayai diri sendiri. Peraturan ini berlaku semenjak pertama kali beasiswa dimulai, yaitu saat belajar bahasa Turki. Jika tidak mematuhi syarat minimal absen, akan berkurang beasiswanya.
  59. Apakah bisa menggunakan ijasah D3 untuk lanjut studi S1 di Turki?
    Informasi yang kami dapat, tidak bisa menggunakan ijasah D3 saja untuk mendaftar di beasiswa YTB. Tetap harus menggunakan dokumen SMA. Akan tetapi, dokumen D3-nya bisa dilampirkan saat pendaftaran sebagai bukti sudah pernah studi D3. Ada juga yang menyatakan beberapa kampus menerima konversi nilai D3 setelah diterima S1-nya.
  60. Untuk nilai SMA, nilai manakah yang dipakai? Apakah nilai ijasah? Nilai UN? Atau nilai ujian sekolah? NEW
    Untuk nilai standar pendidikan di Indonesia, sebenarnya tidak ada syarat khusus dari YTB pakai nilai yang mana. Tapi yang paling sesuai dan banyak digunakan adalah NILAI IJASAH yaitu nilai total dari seluruh ujian yanhg telah diikuti.
  61. Bisa minta nomor admin untuk komunikasi? NEW
    Duh, sayangnya tidak bisa karena semua sudah dijawab di sini. Paling jika kamu bisa kirim ke email saja. Tapi itu juga jawabnya lama. Haha. Kirim email ke: [email protected]
  62. Apakah selain kampus negeri, juga ada mahasiswa YTB di kampus swasta seperti Koç University atau Bilkent University? NEW
    ADA. YTB juga bekerja sama dengan beberapa kampus swasta sesuai dengan list di sini: klik. Sama seperti YTB juga tidak bekerja sama dengan seluruh kampus negeri. Karena ini tergantung dari kerja sama kampus tersebut dengan YTB. Untuk melihat daftar kampus negeri dan swasta mana saja yang bekerja sama dengan YTB, silakan klik link tersebut ya!
  63. Duh, bingung nih di bagian educational information; ada istilah grade, grade type dan grade decimal. Itu maksudnya apa ya? NEW
    Grade itu adalah rentang nilai dari transkrip yang dikeluarkan oleh kampus sesuai dengan kebijakan masing-masing negara. Misalnya rentang maksimum 4, 10, atau 100. Kalau kampus Indonesia biasanya 4. Jadi pakai grade 4. Ini disebut GRADE TYPE. Nah, grade kamu berapa? Misal, 3.50. Itu yang disebut GRADE. Grade decimal itu ya koma setelah 3 itu, misalnya 3.51.
  64. Sertifikat apa saja yang bisa dilampirkan? Lalu berapa banyak? NEW
    Sertifikat lebih baik yang berupa prestasi akademis atau prestasi soft skill atau aktivitas sosial. Misalnya prestasi menang lomba ini itu, prestasi menjadi pengisi acara atau mengikuti acara tertentu. Yang lebih bagus lagi jika aktivitas sosial akan menjadi nilai lebih–berdasarkan pengalaman admin.
  65. Apakah untuk pedaftarannbeasiswa YTB ini membutuhkan biaya? NEW
    TIDAK. Untuk daftar beasiswa YTB sampai interview sama sekali TIDAK BUTUH BIAYA. Baru akan mulai mengeluarkan uang ketika sudah pengumuman diterima dan mulai memproses ke level berikutnya untuk: visa student 365 hari dan legalisasi dokumen di kedutaan Turki Jakarta. Ini yang terkait langsung dengan pemerintah Turki. Sedangkan biaya lain juga mungkin keluar untuk: terjemah dokumen dari Indonesia ke Inggris di penerjemah tersumpah, biaya medical check up atau surat keterangan sehat dari dokter berbahasa Inggris, atau biaya-biaya lain yang keluar karena kebutuhan pribadi.

UPDATE: 15 Januari 2018

PERHATIAN: Yang ditulis dalam web ini adalah berdasarkan informasi dan pengalaman tahun-tahun sebelumnya. Tidak bisa dijadikan patokan 100% mengenai persyaratan atau dokumen yang dibutuhkan. Oleh sebab itu, kami menyarankan agar terus memantau media ofisial dari panitia YTB. Semoga sukses!

Artikel dalam web ini adalah asli dan tidak copy-paste dari artikel manapun. Jika ada web yang ingin mengutip, harap sertakan sumber dari web ini. Dilarang keras mengopi tanpa izin.

1,148 Responses to “Update 2018: Yang Sering Ditanyakan Terkait Beasiswa Pemerintah Turki (YTB)”

  1. m.dver says:

    min,yg sudh berkeluargakan masih bisa ikut beasiswa,klo misalnya sebelumnya dia dftar beasiswa belum berkeluarga,dan tiba2 dia nikah sma orang turki disana selama dia kuliah,kan jodoh gk ada yg tau, apa masih bisa ikut beasiswanya, atau kemungkinan ada kebijakan lain dari pihak beasiswa?

    • Admin Sultan says:

      Masih dong. Karena beasiswanya tidak ada urusan dengan pernikahan. Tapi tidak ada tambahan uang beasiswa atau fasilitas khusus untuk keluarga. Dia akan diperlakukan sama seperti penerima beasiswa lain.

  2. RdtPutra says:

    Assalamualikum min
    Kan krmb saya dh apply beasiswa biasanya pengumuman wawancara brapa hari stlah apply atau tutup pendaftaran min?
    D kalender dri ytb ad tulisan announcment 24 juni itu tgl pengununa lolos wawancara atau lolos berkas?

    • Admin Sultan says:

      Lolos wawancara. Jeda dr deadline berkas ke wawancara itu 1 bulan, dari wawancara ke pengumuman itu sebulan.

  3. firda says:

    Assalamualaikum kak,apakah lulusan paket c bisa mendaftar beasiswa ytb?
    kalau bisa bagaimana dengan transkip nilai nya?karena tidak ada nilai rapot hanya ijazah dan skhun,terimakasih

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb. Dicoba saja karena tidak ada persyaratan khusus terkait itu. Namun, dalam pengecekan mungkin akan diperiksa oleh panitia.

  4. firda says:

    Assalamualaikum kak,apakah lulusan paket c bisa mendaftar beasiswa ytb?
    kalau bisa bagaimana dengan transkip nilai nya?karena tidak ada nilai rapot hanya ijazah dan skhun

  5. Fatimah Zahro says:

    Mau tanya kak, nama saya ada kata”Zahro”-nya, tapi pa mau di submit berubah jadi “Zahroni” dengan sendirinya. Udaj coba sy ganti tp ttp kyk gitu. Bagaimana solusinya kak?

  6. ari says:

    assalamualaikum
    permisi, semoga author selalu dirahmati allah

    saya mau tanya soal info lebih lanjut dari hasil test, yg keterima k tahap interview
    dri mana yah?

    makasih

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb. Kalau diterima semua dokumennya dan lolos seleksi, nanti akan ada undangan interview melalui email yang telah kita gunakan. Di situ akan dikasih tahu hari apa jam berapa.

  7. Assalammualaiku…, saya kebetulan sudah mendaftar aplikasi untuk YTB untuk S2 saya, tapi kebetulan saya belum lulus dari S1, apakah jika ada pembukaan beasiswa lagi di tahun yg akan datang saya harus buat akun baru lagi ? atau saya bisa pakai akun lama saya ? Terima kasih

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb. Tidak perlu lagi untuk membuat. Bisa menggunakan akun yang sama. Nanti semua data juga akan masih disitu. Kalau sudah diterima dan kuliah di Turki pun akan tetap pakai akun yang sama.

  8. KRISMANTO says:

    Kak, mau tanya… Sebenernya udh ada yg nanya di komentar, tapi aya masih kurang jelas… Kalau Ijazah SMK kan gk tercantum nilai UN nya, adanya rata2 rapor sama ujian sekolah… Nilai UN adanya di SKHUN.. Nah,jadi yang kita masukin yang ada di Ijazah Aja ya..? Dan dari penjumlahan kedua nilai itu..?
    Terus, apakah SKHUN itu dibawa pas wawancara..??

    • Admin Sultan says:

      Iya nilai ijasah aja kan udah semua disitu. Iya dari penjumlahan keduanya. SKHUN bawa pas lg wawancara krn akan dicek semua dokumen.

  9. Luthfi says:

    assalamualaikum kak maksud grade apa ya??
    Misalnya grade type 10 trus grade itu nilai rata rata kita atau kkm kita?

  10. Farhan says:

    Assalamualaikum, kak, mau tanya, beasiswa YTB itu walaupun untuk S2 kan data SMA nya juga harus diisi, nah untuk transkrip nilainya cukup yang di ijazah aja (yang sudah nilai akhir) atau harus ada nilai yang di raport juga ? Makasih sebelumnya..

  11. Haura says:

    assalamu’alaikum admin..
    Sebelumnya makasih banget udah ngebantu ngasih banyak informasi kekita.
    Aku sebelumnya udah scrol comment dan belum nemu jawaban apa yang aku butuhin.
    to the point aja ya min
    1. aku mau daftar S1, tapi sebelumnya aku lupa ngga liat tgl pendaftarannya dulu. padahal untuk S1 kan dibuka bln april tgl 14
    dan aku udah daftar duluan awal bulan maret ini, dan udah ada beberapa dokumen yg udh di apply . jadi, apa menurut admin aku mending buat email lg lalu ngedaftr lagi atau bagaimana ?
    2. aku kan baru mau lulus SMA bulan april thn ini trus, trus saat pendaftaran kan ada bagian surat rekomendasi, nah itu apa aku juga perlu buat, dan yang buat siapa dan pake bahasa apa ?
    3. basic aku anak IPA tapi aku pengen kuliah ambil jurusan lintas minat (IPS). aku pengen ambil Hubungan International. apakah ada jurusan tersebut di beasiswa YTB ? apakah banyak peminatnya ? apakah harus menyertakan nilai TOEFL ?
    4. Apakah jika kita ngambil universitas yg tidak berada dikota besar lalu keterima disana, apa asramanya layak atau tidak, apa asramanya sama seperti di kota besar ?dan apakah uang saku bulanan juga dikurangin ?

    tolong dijawab ya admin.. sangat butuh jawaban..
    Terimakasih Admiin.. may Allah bless u

    • Admin Sultan says:

      1) Lho, kamu belum apply namanya tapi baru upload. Apply itu baru bisa ketika dibuka aplikasinya tgl 14 itu. Jadi kamu masih bisa gonta-ganti kok.
      2) Tetap perlu surat rekomendasi seperti kepala sekolah, guru, dsb. Tentu bahasa Inggris dong.
      3) Ada untuk HI. Banyak. Biasanya harus menyertakan juga.
      4) Jelas layak. Sama, bahkan kadang lebih bagus. Engga, uang saku tetap sama.

  12. Wan Mirwan says:

    Assalamu’alaikum kak, nama saya Mirwan. saya mau tanya nhi kak .katanya klo ngambil jurusan itu harus yg linier dengan jurusan sebelumnya atau ada keterkaitan gitu, gini kak saya kan s1 nya sekarang di jurusan pend. Matematika boleh gak saya daftar jurusan Teologi (ilahiyat), sekarang bergabung dengan Organisasi Keagamaan (Organisasi Dakwah Kampus) namanya LDK.
    Terus pertanyaan kedua, bolehkah kita minta Surat Rekomendasi dari keorganisasian?

    Terima kasih!

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb. Lebih baik linier. Agak susah jika loncat jurusan. Tapi kalau ada penguat misalnya kemampuan bahasa arab, hafal Quran, lalu ada background lain yg mendukung agar bisa masuk ke jurusan Ilahiyat sih boleh-boleh aja. Boleh.

  13. Aisyah says:

    Kak, knp di akun registrasi ku ga tersedia search schoolarship sama submitnya ya?

  14. EKIE AL BURUUJ says:

    Assalammualaiku…, saya kebetulan sudah mendaftar aplikasi untuk YTB untuk S2 saya, tapi kebetulan saya belum lulus dari S1, apakah jika ada pembukaan beasiswa lagi di tahun yg akan datang saya harus buat akun baru lagi ? atau saya bisa pakai akun lama saya ? Terima kasih 🙂

    • Admin Sultan says:

      Bisa pakai akun lama, semua data masih akan ada di situ dan bisa digunakan lagi sampai kapanpun jua hingga umurmu lewat dari syarat.

  15. Yogi says:

    Pertanyaan selanjutnya, kalau saya lulusan Sarjana Bahasa Inggris, preferences universitas dan jurusan pasti yang linier ya? Apakah saya bisa ambil jurusan HI, Public Policy atau Economy, etc?

    Thanks

  16. Yogi says:

    Assalamualaikum, Admin, kalau nama SMP asal kita tidak ada di list pengisian, itu gmn ya? terus, kalau izajah SMP dan SMA juga harus ditranslate ketika diupload?
    Thanks

  17. kana says:

    bisa tolong berikan contoh2 LOI Dan bila pertanyaanya
    1 – Title of Study (Please state the title of your study in a brief and concise manner, as the title of a thesis or an article.) (Maximum 30 words)
    2 – The Analysis of the Issue (Please state the subject which you will deal with in your study and your theory.) (Minimum 75, maximum 300 words)
    3 – Research Method (Please provide details concerning the methods of research you are planning to use in this study. For example, in depth interviews, observations, surveys, trials, etc.) (Minimum 75, maximum 300 words)
    4 – The General Structure of the Study (Please state the main headings of the study.) (Minimum 75, maximum 300 words)
    5 – The Academic Contribution of the Study (Please explain what type of contribution this study will make to the Field in the academic sense.) (Minimum 75, maximum 300 words)
    6 – Literature Review (Please state the principal academic resources which have been written in the field of this study and which you will utilise.) (Minimum 75, maximum 300 words)
    If there are any areas which you do not consider to be sufficiently clear, or which you believe need to be clarified, or any points you wish to draw the attention of the assessment committee, please describe these briefly, in this section.

    • Sakinatul Aminah says:

      Asalamualukum ka, saya sakina mau nanya kalo surat kelulusan dari sekolah gaada terus adanya surat siswa yang sedang mengikuti un gimana ka?

      • Admin Sultan says:

        Waalaikumsalam er wb. Harusnya dikasih kok. Tapi kalau mentok ga jugax gapp masukin aja surat itu

        • Sakinatul Aminah says:

          Kak mau nanya lagi, kalo middle name harus diisi enggak?

        • Sakinatul Aminah says:

          Assalamualaikum Kak aku udah nyentang yang ijo itu, terus aku lanjutin my apication gabisa, terus aku buka home page klik my apply, gabisa harus upload dukumen aktivitas gitu, padahal udah aku upload

          • Admin Sultan says:

            Waalaikumsalam wrwn. Hmm, itu namanya kamu udah apply dan semua dokumen sudah diterima. Kalau masih ada yang kurang atau salah, sudah tidak bisa diulang. Satu-satunya jalan adalah kamu buat akun baru. Semoga sistemnya tidak mengenali data-datamu.. 🙁

  18. astrin says:

    Assalamu’alaikum,
    saya mau tanya, untuk daftar program Master, saat input informasi pendidikan diwajibkan mencantumkan dari mulai jenjang SMA sampai Sarjana.
    untuk dokumen ijazah Diploma – Sarjana sudah saya translate, tetapi untuk dokumen ijazah SMA belum. pertanyaan saya:
    1. apakah wajib dicantumkan ijazah SMA yang sudah di translate?
    2. apakah jika saya upload yang belum di translate, akan menjadi kendala nantinya? dan apakah itu mempengaruhi penilaian seleksi dokumen?

    terimakasih.

    wassalamu’alaikum.

  19. Zacone says:

    Kak, kan aku udh ngisi semua yg terceklis merah tinggal tersisa satu bagian education information. Nah saya bingung maksud di bagian education information-Middle school Information(SMP) yang disuruh mengisi saya harus mengisi dengan apa? dan harus mengisi file apa di kolom diploma dan transcript?

  20. dian chusna says:

    kak, kalo master matematika yang bagus di kampus apa? trus, info yang di share di IG ppiturki disebutkan bahwa yang diperlukan untuk apply ada nilai ijasah. maksudnya nilai ijasah apa? selain syarat ijasah, transkrip nilai, LoI, apa kita juga harus tau syarat yang diminta kampus yang mau dituju? ada syarat surat rekomendasi dari dosen ndak? Terima kasih 🙂

  21. Nadia Mayana Siahaan says:

    nah, pada saat kita mendafftar undergraduate kan pilihan kampus ada 12 kalo ngga salah, apa semua itu bisa kita isi ?
    dan kira2 sewaktu wawancara adalah proses seleksi yg paling menentukan?

  22. Arifah says:

    Maaf…saya nak bertny.sy dr malaysia dan sedang melanjutkan diploma sains.prog S1 dan S2 tu apa?diploma atau ijazah?

  23. Orange says:

    Assalamualaikum kak, maaf mau tanya lagi. Saya pernah baca bagi yang sudah lulus boleh pakai nilai ijazah bisa pakai nilai rapport smt 1-6, bisa dipilih mana yg lebih tinggi. Tapi ada yg bilang juga ytb membutuhkan nilai rapport persemesternya. Jadi sebenarnya bisa pakai nilai yg di ijazah saja atau engga? Makasih atas jawabannya

  24. Reziana says:

    assalammualaikum. selamat malam kak. aku mau tanya. jika kita gagal pada tahap pemberkasan tahun 2017. kalo mau daftar di tahun 2018 apakah bisa menggunakan account lama?

  25. Reziana says:

    assalammualaikum. kak saya may tanya. jika pernah gagal di tahap pemberkasan tahun 2017. dan ingin mendaftar kembali di tahun 2018. apakah masih menggunakan account yang sama?

  26. Nadira W says:

    Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih atas info yang diberikan 🙂
    Saya berencana untuk apply beasiswa S2 di Turki, namun saya mengalami kendala untuk melakukan pendaftara.

    Pada saat buka pendaftaran, pilihan “master’s degree” masih bisa saya klik untuk apply bahkan saat data-data yang di-upload belum lengkap.
    Saat klik apply, ternyata ada satu dokumen yang kurang yaitu surat keterangan kerja. Oleh karena itu saya ingin melengkapi dulu dokumen yang dibutuhkan.

    Hari ini semua dokumen sudah lengkap dan sudah saya upoad semua data, namun pada home page pilihan “master’s degree” tersebut sudah tidak bisa saya klik lagi untuk apply. Apakah website nya sedang error atau ada sesuatu yang perlu saya perbaiki lagi ya?

    Terima kasih atas perhatiannya

  27. Fatiha says:

    Asslammu’alaikum kak…
    Kak, saya tertarik dengan medical science. namun saya belum pernah melihat salah satu awardee dari Indonesia yang lulus di jurusan itu. jujur saya merasa agak pesimis kak 🙁
    dan juga kalau boleh tau apa aja sih jurusan yang ditawarin di beasiswa ini?
    Terima kasih.

  28. Farida says:

    Kak mau nanya dong, sy mau lanjut S2..
    Nah ini mau nanya biaya pribadi yg perlu dikeluarkan itu apa aja ?
    Lebih rincinya. Apa sprti visa student, penyetaraan ijasah atau bagaimana, krna sy trmsuk kluarga yg trbatas secara ekonomi. Makasih kak. Dtunggu jawabanya

  29. Zulian says:

    Hello min! Perkenalkan saya Zulian. Saya ingin menanyakan beberapa pertanyaan mengenai YTB. So, here they are:
    1. Apakah transkrip nilai itu pada umumnya buat sendiri atau dari institusi yang terkait?
    2. Saya punya sertifikat TOEFL ITP min. Apakah bisa saya input ke dalam beasiswa ini? Atau hanya TOEFL iBT saja?
    3. Saya pernah apply beasiswa ini min pada tahun 2016. Jadi saya masih memiliki surat rekomendasi dari sekolah asal saya. Saya ingin menanyakan apakah surat rekomendasi tersebut bisa dipakai kembali atau harus meminta yang baru?
    4. Saya saat ini masih berstatus mahasiswa min di salah satu PTN. Kira-kira apabila saya ingin apply beasiswa ini lagi min, apabila saya meminta surat rekomendasi dari akademisi di kampus saya apakah boleh/bisa min?
    5. Apakah sertifikat yang diupload harus related dengan jurusan yang kita ambil?

    Sudah itu semua min. Maaf apabila kepanjangan. Thanks for the answer min. Have a good day 🙂

    • Admin Sultan says:

      1) Transkrip ya sekolah atau kampus.
      2) Wajib IBT. Tapi kalau mentok, ya masukin aja yg ITP.
      3) Itu udah 2 tahun lalu, kalau setahun lalu masih oke.
      4) Boleh.
      5) Ga juga, sertifikat prestasi juga boleh.

  30. Nadia Mayana Siahaan says:

    ka, kalo ngga salah kaka ada bilang masukin nilai / transkip yang bagus atau lebih tinggi lah , itu maksudnya gimana kak ? emang beneran mereka ngga tau kalo kita ambil nilai yang tingg nya saja ?
    soalnya sekolah kami 2 nilaii , pengetahuan dan keterampilan , nah rata2 tingginya di ketereampilan .
    apa bisa kita transkip dan milih nilai yang tinggi di beberapa mapel?

    • Admin Sultan says:

      Kan nilai ada nilai UN ada nilai ijasah. Harusnya itu masukkan nilai ijasah. Tapi ada sekolah yg tidak mencantumkannya, jadi ya ambil yg tinggi aja.

  31. Fahmi Aziz says:

    Assalamu’alaykum. Min mohon pencerahannya. Pada saat memasukan/mengupload transkip nilai dan ijazah harus sudah di translate atau di translatenya nanti setelah lolos seleksi tahap pertama?
    Mohon di jawab ya min. Terima Kasih

  32. wildha ardianti says:

    Assalamu’alaykum. kak mau tanya.. di education information itu ada ortaokul dan high school. terus form association dan bachelor degreenya tidak bisa dibuka (tidak berwarna biru seperti ortaokul dan high schoool). sedang sya mau lanjut S2. itu kira2 bagaimana ya? terimakasih banyak…..

  33. zulfiqar says:

    assalamualaikum ka, nilai ijazah saya kan tidak ada nilai UN, hanya nilai ujian akhir dan rata rata raport, tidak apaa apa?

  34. zulfiqar says:

    Assalamualaikum ka, nilai ijazah saya tidak tercantum nilai UN, ridak apa apa? dengan menggunakan nilai ujian sekolah?

  35. Orange says:

    Maaf kak mau tanya lagi. Dibagian work experience kan diminta untuk upload CV. CV ini bebaskah formatnya? Mengingat ga ada ketentuan kusus Dari YTB nya. Terima kasih kak atas waktunya

  36. RdtPutra says:

    Assalamualikum min. Mau nanya deh.
    Kan saya kls 12 UN msh 9 april nanti, dan pendftaran kan 16 april ya
    nah di bagian education SMA, sebaiknya saya pilih Continue or Graduate?
    Klo msal graduate,misal klom diplomanya pke SKL semtara Tapi kan bru klar UN blm ada nilai yg kluar, trus nilai yg dpake nilai apa?

    Klo misal pilih status nya continue, ntar isi nilainya pke nilai rapot smt 1-5 dtotal smua?
    ya?

    Oiya, klo surat rekomendasi perlu g? Harus dterjemahkan k inggris juga ?
    Btw klo sertifikat osis bwt yg achievment apa harus dterjemahkan?

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb. Pertanyaan bagus. Apa nanti setelah UN nilainya bisa langsung didapat sesegera mungkin sebelum pendaftaran? Jika bisa, lebih baik ditunggu saja sambil siapin dokumen yang lain. Jika engga, baru anggap kamu akan lulus dan pakai SKL. Lebih baik pakai opsi graduate dan pakai transkrip yang ada misalnya rapor yang dihitung sesuai perhitungan nilai ijasah nanti. Rekomendasi jelas perlu. Jelas harus diterjemahkan. Kalau sertifikat tidak usah.

      • RdtPutra says:

        Min nilai yang dipake nilai ijasah kan? Ijasah smp 2015 skhun ama ijasah trpisah. Nilai ijsah nilai sekolah klo nilai SKHUN nilai UN.
        Jadi… nilai Sekolah di ijsah atau nilai UN atau digabung? Nilai Un+ijasah

        • Admin Sultan says:

          Iya nilai ijasah. Harusnya digabung nilainya. Tapi mereka kayaknya ga paham juga sih, masukin nilai tertinggi aja 🙂

  37. Orange says:

    Maaf sebelumnya, kira2 kakak kakak tau ga ya jurusan apa yg jarang peminatnya dari pendaftar ytb dari Indonesia? Kira2 sastra inggris atau sejarah banyak peminatnya ga? Terima kasih atas waktunya

    • Admin Sultan says:

      Waduh susah untuk mencari tahu jurusan apa yang diminati oleh pendaftar Indonesia. Berbagai macam latar belakang. Lagipula YTB juga membuatnya sama rata biar tidak terkonsentrasi di jurusan tertentu. Belum lagi disebar ke beberapa kota berbeda. Kalau sastra Inggris sepertinya jarang. Kalau sejarah kayaknya banyak peminat.

      • Orange says:

        Maaf ya kak kalo pertanyaan ku aneh. Sebenernya itu merujuk pada poin ke 7. Apakah yg sedikit peminatnya berpeluang lebih besar? Jadi aku tanya jurusan apa yg kira2 sering dipilih hehe. Tapi aku udah dapet jawabannya sebenerny. Dan kebetulan jurusan yg aku pilih sepertinya jarang peminat . Terima kasih kak atas waktunya

        • Admin Sultan says:

          Karena kalau dibilang sedikit peminatnya, mungkin bisa di Indonesia, tapi kan YTB juga ada di negara lain :)) Nah kalau kamu udah milih jurusan kamu itu, meski sepi peminat, sebenarnya lebih baik kamu pilih kota yang jarang. Itu lebih bagus lagi, meski kamu ambil jurusan yang banyak peminatnya..

          • Orange says:

            Sayangnya jurusan2 yang aku minati banyak yg ga tersedia di ytb tapi beberapa ada yg udah aku pilih dan kebetulan emang jarang diminati di sini (banyak yang mau di teknik dan kedokteran). Sip deh nanti aku cari tau lagi tentang universitas dan kotanya. Makasih banyak kak

  38. Tachi says:

    Halo salam kenal. Saya mau bertanya mengenai poin nomor 7. Saya mengerti keputusan dan hal-hal lain ada ditangan panitia beasiswa, tapi kakak-kakak yg sudah ada di Turki pasti punya pengalaman lebih. Jadi maksud peminat yg tidak banyak disuatu jurusan itu maksudnya supaya ga banyak saingan? Kemungkinan besar aplikasi kita bisa menonjol ya? Berpeluang lebih besar kah? Mohon pencerahannya. Terima kasih atas waktunya 🙂

    • Admin Sultan says:

      Iya secara sederhana begitu sebenarnya karena YTB memang membuat variasi penerima beasiswa dan juga penyebaran kotanya.

  39. Alya says:

    Assalamualaikum, salam kenal kak:)
    Kak, aku ada pertanyaan, apa education information smp perlu d isi? Aku sudah terlanjur isi seadanya, tapi ketika membaca komentar dr yg lain dan tdk ada yg menyinggung hal ini, aku jadi berpikir kalai sprtnya ini gak wajib jd coba kuapus, tapi ternyata informasi tersebut tidak bisa di hapus lagi padahal yang sma saja bisa.
    Aku jadi bertanya2 apa jangan2 informasi smp ini wajib?
    apa dulu kakak juga mengisi informasi smp?
    Maaf kalau pertanyaanku sepele, tapi aku mohon bantuannya kak
    Terima kasih banyak ya kak untuk sekedar membaca pertanyaanku, 😀 wassalmualaikum

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb. Gapapa kalau sudah kamu isi. Ga ada masalah kok. COba aja kmu cek lagi apakah benar dibutuhkan. Standarnya memang dua jenjang pendidikan sebelumnya dimasukkan ke dalam aplikasi.

  40. Alya says:

    Assalamualaikum kak, i just wondering, apa education information smp perlu di masukkan?
    Aku liat soalnya belum ada yang menyinggung hal ini, maaf kak kalau pertanyaanku kurang bermutu, makasih banyak ka 🙂

  41. qim says:

    min,,, masih bingung banget sama educational information, ada grade,, grade type, grade decimal,,, mohon dirincikan penjelesannya, kalau bisa pakai contoh nya,,, dan ada lagi Middle school nya wajib di isikah? itu bagian SMP di indonesia kan?

    • Admin Sultan says:

      Grade itu misalnya 4, 10, atau 100. Kalau kampus biasanya 4. Jadi pakai grade 4. Ini disebut GRADE TYPE. Nah, grade kamu berapa? Misal, 3.5. Itu yang disebut GRADE. Grade decimal itu ya koma setelah 3 itu.

  42. kana says:

    hi… aku mau nanya transkrip itu per semester atau per tahun??

  43. fahri says:

    permisi,saya sekarang duduk dikelas 12 SMA
    saya ingin bertanya
    apakah nilai diatas 70 (75 sampai 79) dibawah 80
    masih memiliki kesempatan untuk terpanggil wawancara/ diterima pendidikan s1 ???

  44. fahri says:

    apakah nilai diatas 70 (75 sampai 79) dibawah 80
    masih memiliki kesempatan untuk terpanggil wawancara/ diterima pendidikan s1 ???

  45. fahri says:

    apakah nilai diatas 70 (75 sampai 79) dibawah 80
    masih memiliki kesempatan untuk terpanggil wawancara/ diterima pendidikan s1 ???

    terima kasih

  46. Novi says:

    Hi admin, maaf bila mengganggu aktivitas admin sekalian. Sebelumnya, big thank you untuk admin yg sdh mau berbagi pd kami para pemburu beasiswa, artikelnya bgus2 bngt… Tp skali lg punten bngt, msh ada bbrapa hal yg ingin saya tanyakan. Supaya ada gambaran, mungkin saya sdikit cerita dulu, maaf kalo bosenin, krn memang i do really need help T_T

    Saya lulusan s1 jurusan pendidikan kimia thun 2016. Sebetulnya pendidikan kimia bukan jurusan idaman/passion saya. Sejak kecil saya lbh tertarik dgn desain, tp krn ditempat saya tdk ada univ bgus yg buka jurusan desain, dan jg krn tk punya biaya kuliah jauh, jadilah saya ikutin kata ortu sampai tamat. Tp krn memang tdk minat jd guru, saya mencoba segala yg saya bisa utk kembali ke passion awal. Saya belajar desain secara otodidak dan sampai skrg saya kerja sbgai freelance graphic designer. Tapi tetep saya merasa ada yg kurang krn tidak linear dgn pendidikan saya. Rencananya saya ingin skali kuliah s2 desain grafis di luar negeri (LN) sambil mencari pengalaman dan mengenal budaya baru. Pertanyaan saya:

    1) krn pengajuan beasiswa turki ini perlu surat rekomendasi, kemana ya saya harus mncari? Berhubung pendidikan saya yg dahulu bertolak belakang (dosen2 saya picky sekali, dan saya jg bkn trgolong mahasiswa yg outstanding), juga pekerjaan saya yg sbgai freelancer (tanpa atasan), which is I work on my own. Mohon pencerahannya.
    2) Sebetulnya ada keinginan saya utk ulang kuliah s1 desain grafis di LN pakai beasiswa, tp krn saya sdh baca kalau utk apply s1 turki ada batasan umurnya (21 th), saya pikir sdh tdk bisa. But also I was wondering, (maaf melenceng) sepengalaman admin, apakah ada/bolehkah seseorang yg sdh pernah kuliah s1 apply beasiswa utk kuliah s1 lg (di suatu negara)? Kalau ada, di negara mana ya yg tidak melihat masa lalu applicant seperti itu (ceilehhh bahasa saya, hehehe, peace out min *grin*).
    3) btw, pd program beasiswa ini, jurusan yg boleh dipilih tdk dibatasi hanya dlm lingkup science/technical/enginering saja seperti di beberapa negara lain kan min?
    4) Apakah beasiswa s2 turki yg akan diambil harus linear dgn jurusan wktu s1? Kalaupun boleh tidak linear (bahkan dlm konteks saya, sngt jauh perbedaannya antara jurusan yg akan dan telah diambil), bagaimana peluang utk diterima aplikasi beasiswanya? kecil/sngat kecil atau bisa jadi linearitas tidak berpengaruh signifikan?
    5) kalau misalkan desain grafis dpt dipilih dlm beasiswa ini, apakah diperlukan juga utk melampirkan portofolio desain?

    Sejauh ini itu saja yg ingin saya tanyakan, maaf bngt kalau saya riweuh nanyanya. Semoga admin sekalian selalu diberkati, lancar segala2nya. Terimakasih…

    • Admin Sultan says:

      1) Minta dari dosen yg kenal baik sama kamu aja, atau kajur yg baik. Kalau ga ada atasan, ya bisa pakai misalnya ketua organisasi atau dosen lagi juga boleh.
      2) Kalau untuk YTB tentu sudah tidak bisa karena dari sistem lgsg ditolak. Tapi kalau di negara lain mungkin ada ya, tapi mimin kurang tau persyaratannya, musti cek lgsg ke web bersangkutan.
      3) Ga dibatasi.
      4) Tidak ada larangan, tapi yg linier lebih prefereable.
      5) Ga butuh.

  47. Nur Azizah says:

    Hai, kak admin sultan. Saya Azizah. Disini saya ingi menanyakan bberapa hal. Saya masih kelas 11 Madrasah Aliyah. Saya ingin melanjutkan pendidikan saya di Turki nanti. Lalu, saya berminat di jurusan psikologi. Yang saya ingin tanyakan :
    1. Di kampus mana dan fakuktas mana yang bisa kakak rekomendasikan ke saya ?
    2. Berapa nominal dalam rupiah 600 TL itu ? Tesekkurler

    • Admin Sultan says:

      Hai.
      1) Untuk psikologi terakhir kali tidak dibuka. Entah kenapa. Tapi entah kalau tahun ini dibuka atau tidak, coba kamu cek nanti sama-sama di websitenya ya, semoga juga dibuka.
      2) Kalau sekarang 1 TL itu 3.700 an (Januari 2018), bisa berubah.

  48. Fadhlan says:

    Assalaamu’alaikum wr wb.
    Maaf kak, apakah saya bisa bertanya mengenai beasiswa TDV untuk International Imam Hatip High School…..???
    1. Bahasa pengantar di sekolah iti apa kak….???
    2. Berkas dokumen yang disyaratkan, harus diterjemahkan ke dalam bahasa apa….??? Arab, Inggris, atau Turki…….???
    Atas bantuan infoermasinya,saya ucapkan terima kasih. Syukron, jazakumullah khaoiron.

  49. Rdt1108 says:

    Assalamualaikum
    Apakah jika kita sudah upload foto d profil akun fan kmudian mau ganti karena fotonya salah
    Apakah bsa dganti? Atau tidak?
    Jika tidak bsa apa harus bwt akun baru? Mohon pncrahannya

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb.
      Kalau foto doang bisa diganti.

      • Bakhrul says:

        Maaf ikut tanya kak, saya sudah coba menggantinya di halaman Personal Information, tapi muncul “You cannot edit your information as you have an application in progress.”

        Karena saya salah upload foto yang diambil lebih dr setahun, kalau ga salah ketentuannya foto taken in last 6 months yah..

        Thanks In Advance

  50. Hurrem Roxelana says:

    Shalom admin2 yg kece2. Saya hendak tanya nih.
    1. Untuk beasiswa S2 eksakta (teknik) apa perlu kita mempunyai sertifikat GRE?
    2. Lalu, sebelum mendaftar YTB apa perlu kita punya Loa dr univ ybs (METU misalnya) spt LPdP/chevening?
    3. Kalo ada prestasi kuliah lbh dr 3 msh bisa dimasukan tidak?
    4. Perlukag menghubungi profesor kenalan kita di sana & mengajukan topik riset duluan spt di jepang?

    Merci beaucoup kakak2

    • Admin Sultan says:

      Shalom!
      1) Jika kampusnya meminta, maka kita wajib menyertakan. Nah enaknya di Turki adalah kalau belum ada, bisa disusul nanti pas persiapan bahasa bisa ambil GRE. Karena pendaftaran ulang itu setelah selesai kelas bahasa.
      2) Tidak perlu. YTB tidak membutuhkan LOA. Tapi kalau kamu sudah punya, itu jadi nilai lebih. Lebih banget!
      3) Jelas banget, bisa kok. Tapi ga tau kalau tombolnya bisa lebih dari 3, karena admin ga punya prestasi apa-apa haha.
      4) Tidak perlu kalau YTB. Tapi kalau kamu mau, itu bisa, karena dalam form aplikasi ada pertanyaan untuk prof yang kamu kenal.

  51. Wulan Resti Anggraeni says:

    assallamu’allaikum.
    program beasiswa untuk s1 dibuka kapan?

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb. Sudah dibuka semenjak 1 Maret kemarin dan terakhir tanggal 31 Maret lalu. COba kamu cek di webnya, apakah ada informasti perpanjangan. Jika tidak ada dan tidak ada tombol APPLY, maka sudah tutup.

    • maya sabara says:

      maaf mau tanya. saya mau lanjut s2 public relation / komunikasi di turki. tapi ketika saya lihat website kampus2nya, kok nggak ada keterangan program master ya? kalaupun ada “graduate school”, itu nggak ada keterangan program study nya. mohon pencerahan.. terimakasih

  52. Alissa says:

    Assalamualaikum kak
    Mau bertanya jika belum punya KTP bisa menggunakan KK atau tidak? Terima kasih

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb. Harus pakai KTP atau Pasport atau SIM. Tapi kamu harus tetap punya KTP karena nanti pasport buatnya kan pakai KTP 🙂

  53. Rara says:

    Assalamualaikum kak. Saya lulusan sma thn 2016. Saya mau tanya, sklh saya kan pake kurikulum 2013, jadi nilai rapor semester 1-4, pake angka 1-4. Sedangkan semester 5-6, pake angka puluhan kak. Jadi saya harus transkrip nilai yg asli, atau saya harus mengubah nilai rapor saya ke puluhan semua kak?

    • Admin Sultan says:

      Pertanyaannya sama. Waalaikumsalam wr wb. Nilai rapor kamu unik juga ya haha. Intinya kamu harus konsisten menggunakan sistem penilaian, karena nanti yang akan dilihat nilai itu serta bobotnya. Lebih baik gunakan sistem penilaian yang terakhir. Kamu harus menghitungnya manual lalu dalam sistem aplikasi kamu input manual juga.

  54. DO says:

    halo min, mau tanya di bagian family information itu total income nya siapa ya? terima kasih…

  55. Yuli says:

    Assalamu’alaium kak, teima kasih info.y sngat bermanfaat. Mau tanya, untuk studi master, bolehkah memasukkan sertifikat prestasi semasa SMA?

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wrwb. Kalau bisa prestasi yang tidak jauh-jauh dari tahun kelulusan, misal setahun atau dua tahun sebelumnya. Tapi kalau tidak ada, ya terpaksa masukin aja waktu SMA. Ini lebih baik daripada tidak memasukkan sama sekali.

  56. K says:

    min, blg tolong dijelasin lg ga ttg
    Grade Type
    Grade
    dan Grade(Decimal)
    scr rinci knr udh saya baca jg blm paham, makasih 🙂

  57. Eggi says:

    Assalamualaikum …..
    Ka saya mau tanya. Jawab ya 🙂
    1. Saya masih kelas 2 sma . Dan saya berniat buat ngambil beasiswa ke Turki tapi nilai saya gak stabil. Apakah itu mempengaruhi penilaian

    2. Surat rekomendasi itu bisa berasal dari guru atau kepsek kan?

    3. Dokumen yang di terjemahkan ke bahasa inggris. Itu harus di ketik lalu di scan kan? Mohon penjelasannya

    4. Jika kita sudah mendaftar di YTB lalu, untuk antisipasi takutnya gak lolos kita daftar scholarship di Negara lain apakah bisa ka?

    Ka kalo bisa minta alamat email atau wa dong. Saya masih banyak pertanyaan. Karena saya pengin mempersiapkan semuanya sebaik mungkin.

    Tolong dijawab ya ka
    Terimakasih…….

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb. Eggi, nanya terus nih. Bayar Gi..

      1) Kalau nilai, jelas akan mempengaruhi. Jadi kamu di tahun terakhir harus memperbaiki nilai kamu.
      2) Bisa dari mereka atau dari siapa saja yang tahu betul kualitas pendidikan kamu.
      3) Bukan, kamu pergi ke Sworn Translator, mereka yang akan menerjemahkan.
      4) Tentu bisa, itu kan hak kamu.

      email di [email protected] ya

  58. Nova Mega says:

    assalamualaikum
    maaf kak, saya mau sedikit bertanya. begini kak saya kan ingin mendaftar beasisiswa S2 ke turki. tp saya mengalami sedikit kesulitan pada pengisian form education. saya bingung kok pd bagaian tsb saya malah mengisi form senior high school apakah itu mmng prosedurenya atau terdapat kesalahan. saya juga mau sedikit bertanya maksud dri grade dan grade scale pd form tersebut, saya bingung. mohon bantuannya kak. terimakasih banyak

  59. Umam says:

    Mimin, tolong bantuannya donk. saya udah upload semua dokumen yang diminta, pas nyampe bagian apply, ”We are sorry, but there are no available scholarship programmes suitable for you, dst.
    padahal saya dari kriteria eligible to apply, mohon bantuannya min, memang faculty dan department nya not on the list, tapi saya tambah di option ‘Add’ dan muncul. bahkan di bagian “search scholarship” pun ada jurusan yng mensyartkan lulusan jursan sya (Arabic Language and Literature).
    sdh dua hari macet dsini min, pdahal juga sdh mnta srat rekom dekan n kajur, kn eman… g sampe apply. help me min 🙂

    • Admin Sultan says:

      wah baru lihat message kamu ini. Karena ini sistem yang menentukan, jadi kamu harus memenuhi kriteria sesuai dengan sistem. Kalau tidak, sampai kapanpun memang tidak akan bisa.

  60. mar says:

    Assalamualaikum saya mau tanya. Saya ingin mendaftar program s1 tahun ini. Tapi untuk pencarian jurusan kenapa setiap saya cari di kolom tempat pencarian selalu not found ya kak? Dan untuk pengisian informasi pendidikan kenapa ada opsi pemasukan data dan transkrip nilai? Dan kak apakah persyaratannya juga harus memiliki pasport lebih dulu?

    mohon bimbingannya ya kak. Saya kepengen banget bisa diterima di beasiswa turki ini

  61. Dian Pertiwi says:

    Assalamualaikum
    Saya sudah cek website YTB. Di bagian Q & A saya ada pertanyaan tentang itu kak. Kalimatnya gini “If high school diploma is the only academic grade you have, you can not apply. However if you have another academic grade, such as university entrance exam and have at least 70% success, you can apply with that grade”

    Jadi apa kita bisa gantiin nilai ijasah yang kurang dari persyaratan dengan nilai raport kak?

    Terima kasih

  62. Rafly try says:

    Assalamualaikum, kak jika saya mau ambil/daftar s1 tahun 2018, kira-kira berangkatnya kpn?

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb. Berangkatnya mengikuti jadwal keberangkatan yang telah ditentukan dan biasanya bulan Sept-Oktober.

  63. Nugroho says:

    Assalamu’alaikum. Gan, saya ada beberapa hal yang mau ditanya ini gan. 1) Insya Allah saya mau mengambil gelar master di Turki. Dari informasi yang saya baca di blog lain, ada yang mengatakan kalau semua dokumen diterjemahin ke dalam bahasa Turki setelah lulus tahap pertama (mengupload dokumen yang diminta) dan itu pun di terjemahin di tempat yang telah ditunjuk Pemerintah Turki. Apakah itu benar gan? 2) Apakah saya boleh bertanya, kira-kira apa saja pertanyaan saat interview? Terima kasih sebelumnya gan.

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb.

      1) Tidak benar. Dokumen yang diupload pada saat pendaftaran (seleksi dokumen) harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, bukan Turkish. Kalau bisa Bahasa Turki itu lebih baik, tapi mana ada di Indonesia? Dan terjemahan ke dalam bahasa Turki harus pakai sworn translator di Turki. Nanti kalau sudah lolos seleksi interview dan fix berangkat ke Turki, baru di Turki semua dokumen yang diminta wajib diterjemahkan ke dalam bahasa Turki. 2) PErtanyaan saat interview adalah ttg semua yg kamu isi dalam aplikasi. Itu saja, tidak ada yang lain.

    • Levi says:

      Assalamuallaikum min.
      Maaf saya mau tanya.
      Saya baru lulus S2 dan berencana mau ikut program doktoral di Turki.
      Saya bingung masalah persyaratan GRE, GMAT dll. Saya dr jurusan pendidikan sejarah. Setahu saya untuk GMAT itu dipersyaratkan utk jurusan bisnis dan sejenisnya.
      Untuk bidang keilmuan saya yaitu pendidikan, sejarah khususnya, apakah perlu? Mohon penjelasan dan sarannya. Terima kasih.
      Wassalamuallaikum.

      • Herriy Cahyadi says:

        Waalaikumsalam wr wb. Untuk GRE GMAT dsb itu disesuaikan dengan request jurusan yg dituju. Ada juga banyak jurusan yg tidak meminta nilai tes tersebut. Jadi harus dicek ke jurusannya apakah diminta atau tidak.

  64. Corindra Pranawa Wu says:

    permisi kak, saya mau apply untuk S1 tahun 2017. saya mau bertanya apakah saya harus daftar Universitas terlebih dahulu baru daftar beasiswanya atau kebalikannya ? dan saya ini seorang non-is, apakah di turki terdapat banyak gereja supaya saya bisa beribadah ? terima kasih kak.

    • Admin Sultan says:

      Tidak harus daftar universitas dahulu, tapi kamu daftar beasiswa dulu nanti mereka yang akan pilihkan universitas kamu. Di Turki tidak banyak gereja, karena mayoritas di sini 95% muslim, namun sekuler. Jadi mereka tidak peduli dengan agama orang lain. Kalau kamu di Istanbul, gereja lumayan banyak di beberapa tempat, dan sangat aman.

  65. Afina says:

    Assalamualaikum
    ka, insyaAllah saya mau apply tahun ini, terima kasih banyak infonya, sekaligus mohon doanya :))

  66. sari says:

    Assalamu’alaikum admin Yang baik .. semoga Allah membalas Kebaikan Kalian.. apakah bisa kita langsung mengisi data aplikasi online beasiswa pemerintah turki di halaman web nya walaupun pendaftaran beasiswanya belum resmi dibuka?

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb. Tidak bisa jika tidak dibuka, karena ada tomol khusus utk apply. Tapi kalau membuat akun saja itu bisa.

  67. Prakasa Mustanto says:

    Assalamualaikum kak,saya berencana mencoba beasiswa s2 turki 2017 nanti, kira-kira dokumen apa yg perlu saya persiapkan dari sekarang?

  68. Mauliza says:

    Assalamualaikum ana mau nanyak
    Untuk informasi buat tahun 2017/2018 belum ada ya?

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb. Wah, belum ada. Nanti di Januari atau Februari baru akan muncul pengumumannya. Sabar yaa, ikuti kita juga di sini 🙂

  69. Zahra says:

    Salam kak. Kak, saya ingin bertanya, untuk universitas2 yang bekerjasama / menerima beasiswa YTB, bisa di lihat di mana ya? terima kasih

  70. Assalamualaikum kakak2 admin, salam
    kak saya SMA kelas 12, berencana ikut YTB tahun depan
    kak saya ingin bertanya, apakah ada group social media (seperti LINE atau WA) yang didalamnya terdiri dari kakak2 admin, kakak2 penerima beasiswa YTB, dan para calon YTB? Supaya mudah untuk bertanya ataupun sharing2 informasi hehee
    Kalau ada bagaimana cara mengikutinya kak?
    Kalau belum, boleh di jadikan usul dibuat group social media. Selain bisa untuk saling share dan membantu satu sama lain, juga bisa untuk saling mengeratkan ukhwah hehehe..
    Sekian kak. Terima kasih. Mohon jawabannya.

  71. Syafira Zizah says:

    Assalamualaikum kakak2 admin, salam
    Kak, saya kelas 12 SMA berencana ingin sekali ikut seleksi beasiswa TYB tahun depan, Mau tanya, kira2 adakah grup social media (seperti LINE, atau WA) yang anggotanya terdiri kakak2 admin/ kakak2 penerima beasiwa TYB atau para calon penerima ?
    Jika ada, bagaimana caranya bergabung, karena saya dengar2 ada.
    Atau jika belum ada, saya menyarankan agar di buat. Siapa tau, insyallah dapat membantu dan membuat komunikasi menjadi lebih mudah apabila ada yang perlu ditanyakan. Selain itu bisa mempererat ukhwah juga, hehehe.. terima kasih
    Mohon jawabannya 🙂

  72. Naufal S says:

    Assalamualaikum wr wb.
    Saya ingin bertanya, kira-kira universitas mana saja yang melakukan konversi dari d3 ke s1? Terima kasih Admin Sultas 🙂

  73. Naufal S says:

    Assalamualaikum wr wb.
    Admin, saya ingin bertanya, kira-kira universitas mana saja yg melakukan konversi nilai dari d3 ke s1? Terima kasih min 🙂

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb. Wah, mimin kurang tahu kalau tentang itu. Karena di Turki sendiri sistem D3 ini tidak terlalu diminati.

  74. Dika says:

    Assalamualaikum Kak Admin, Jika saya ingin melanjutkan S2 di Turki, Apakah saya wajib melampirkan sertifikat kemampuan bahasa inggris seperti toefl, GRE atau lainnya.?
    Kalau memang perlu melampirkan apakah ada nilai standarnya ? terimakasih

  75. bara says:

    kak maaf mau nanya, kalo misalnya nilainya pakai skala 4, apa mereka terima? oh ya kak, kalo transkrip itu harus tiap semester atau per tahun ya kak? trims

    • Admin Sultan says:

      Terima kok, karena nanti di isian aplikasi ada pilihan skala nilai yang mau dipakai. Jadi kamu tinggal menyesuaikan. Kalau transkrip berarti persemester.

  76. cahyani says:

    Assalamualaikum wr wb.

    mbak asma,
    saya eka cahyani.saya baru baca2 soal beasiswa turki ni.. insya Allah saya mau coba daftar tahun depan.tapi ada hal yang pengen saya tanyakan:

    untuk penerima beasiswa yang sudah berkeluarga, apakah diperbolehkan keluarga tinggal di asrama yang disediakan? atau asrama hanya dikhusus kan bagi penerima beasiswa/mahasiswa di universitas yang bersangkutan?

    kemudian, untuk pelahitan bahasa turki, apakah khusus untuk penerima beasiswa? bolehkah keluarga dari penerima beasiswa ikut pelatihan tersebut meskipun harus dengan biaya sendiri?

    itu dulu mbak pertanyaan saya, terimakasih sebelumnya.

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb. Mba Asmanya lagi ujian, jadi biasanya dia mengurung diri dalam kamar asrama selama dua minggu 😀

      1) Keluarga tidak boleh tinggal di asrama, karena kasur di asrama hanya untuk satu orang saja (per kama biasanya 4-6 orang tergantung asrama). Asrama hanya dikhususkan untuk penerima beasiswa. Untuk asrama itu sendiri, ada dua jenis asrama: punya pemerintah dan swasta.

      2) Jika diterima beasiswa YTB, semua biaya kursus bahasa ditanggung, tinggal ikuti saja. Tapi kalau mau ambil kursur sendiri untuk yang non penerima beasiswa, tentu bisa. Di Turki banyak lembaga bahasa yang menyediakan kursus bahasa Turki khusus. Bisa dengan biaya sendiri.

      • cahyani says:

        oh gitu,, semangat deh buat mbak asma..
        jadi kalau bawa keluarga harus ngekos sendiri ya.. saya udah ngecek perbandingan harga di numbeo.com, misalnya: biaya kos2an di istanbul per bulan sekitar 871.65 -1,629.03 TL, dan biaya hidup di istanbul per bulan per orang itu sekitar 2,264 TL. apakah menurut mas/mbak biaya tersebut sesuai?

        • Admin Sultan says:

          Di Istanbul tidak ada model kos-kosan, yang ada rumah dengan variasi ukuran dan harga. Dengan budget 800 TL, di daerah Beylikduzu sudah dapat rumah bagus dengan perlengkapan dan bisa dapat 2-3 kamar. Kenapa? Sebab agak jauh di pinggir Istanbul. DI daerah kota jg bisa dapat segitu untuk ukuran keluarga kecil, bagus juga. Kemahalan biaya hidup segitu, kecuali kalau kamu hidupnya memang sekitar segitu hehe

  77. Assalamualaikum min? Min masi bisa kan kalo misalkan umur nya sudah 21 tahun tapi pngn iku bea ini, nah saya mau tanya ada ga mahasiswa yang baru ngambil s1 di turki tapi umur nya sudah 21 thn?

    • Admin Sultan says:

      Waalaikum salam wr wb. Syarat untuk umur ini agak ketat, krn langsung berurusan dengan sistem. Nah, tiap tahun itu berubah naik satu tahun. Jadi misalnya, skrn syarat umur maksimal 01.11.1998, tahun depan bisa jadi 01.11.1999. Jadi tergantung umur kanu saat pendaftaran dibuka itu berapa umurnya.

  78. Amin says:

    Ka aku mau nanya,lulusan tahun 2016 kan di ijazahnya udah ga ada nilai un,adanya rata2 rapot sama rata2 ujian sekolah,sedangkan UN saya dibawah 70.tapi nilai rata2 rapot dan ujian sekolah saya 80,apakah bisa daftar ka?terima kasih

  79. Mirzahri says:

    Assalamu’alaikum, afwan mau nanya
    1. apa itu academic qualification? yang saya temukan ada GRE, LSAT, dll. yg menurut saya sangat asing dan setelah di search, semua berupa internasional. apa perlu saya isi? kalau perlu, saya pilih yang mana?
    2. setelah dokumen lengkap saya kirim, lalu klik “My Aplications”, kemudian keluar peringatan kalau saya harus kembali (itu semua sudah ceklis hijau kecuali yg academic qualification). Bagaimana itu bisa diatasi?
    Jazakumullah khairan katsira

  80. Almazida says:

    Kak, alhamdulillah aku lolos sbg awardee thn 2016 ini di sakarya, aku mau tanya berkas2 apa saja yg akan kita buat ktika sampai di turki? Selain ikamet dan kartu mahasiswa Sy ingin menglistnya 🙂 trimakasih

  81. Dentoro says:

    Assalamu’alaikum, izin bertanya ini Mas admin. Tahun ini kan ada perbaikan nilai UN, saya ini lulus tahun kemarin nilai nya kurang dari syaratnya yang 70 itu, tapi setelah perbaikan, nilai saya cukup. Nah gimana tu mas admin, mohon jawaban nya..

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wrwb. Kalau begitu, berarti kamu bisa mendaftar untuk tahun depan. Selama memang nilai final kamu sesuai dengan syarat yang diminta, tentu kamu bisa ikutan..

  82. Mara says:

    kak, waktu pengisian formulir bagi calon S1 apa ada perintah membuat essay?

    • Admin Sultan says:

      Tidak ada essay, hanya ada isian paragraf setelah kuliah kamu nanti mau ngapain.

      • Karin says:

        kak, apakah yang diterima beasiswa itu harus punya prestasi? udah ada belum sih yang diterima tapi nggak punya prestasi sama sekali?

        • Admin Sultan says:

          Haha. Banyak kok yang ga punya prestasi. Kan prestasi itu hanya nilai bantu untuk penilaian. Kalau memang tidak ada, tapi dari segi akademik baik nilainya, dari segi rencana studi bagus, dan meyakinkan, tentu bisa aja lolos. Banyak kok contohnya hehe

  83. Mara says:

    Kak, saya mau tanya. Kalau pengalaman organisasi saya itu terakhir waktu smp itu aja cuma anggota osis, kayaknya lolos nggak ya ?

  84. Johne309 says:

    I have not checked in here for a while since I thought it was getting boring, but the last few posts are good quality so I guess I’ll add you back to my daily bloglist. You deserve it my friend ddbekceabdcb

  85. Evi says:

    Min, maaf mau nanya, kalo misal kita udah apply dan submit, untuk review application sambil nunggu pengumumannya itu dimana yaa? Apa harus login lagi?
    Terimakasih

    • Admin Sultan says:

      Kan kamu sudah punya akunnya, nah dalam akun tersebut ada semua pengumumannya. Di sebelah kanan ada notifikasi. Atau biasanya juga akan dikirim pribadi ke email masing-masing. Tentu harus login lagi pakai akun kamu ya.

  86. Iklil Athroz says:

    min mau tanya pas ngisi”Education Information” itu yang dimaksud dengan educational stage dan Grade type itu apa min?
    syukron

    • Admin Sultan says:

      Hai! Educational stage itu maksudnya status edukasi kamu apa, apakah masih sekolah/kuliah atau sudah lulus. Kalau Grade Type itu tipe nilai kamu, misal model huruf atau angka, maksimum 4 atau 10 atau 100. Demikian..

      • Iklil Athroz says:

        oh ya makasih min,, kalau transkrip nilai buat SMA berarti dari semester 1 – 6 (dari kelas 10 – 12) , ya? terus apakah semua itu harus diterjemahkan ke bahasa Inggris?

        • Admin Sultan says:

          Iya. Iya, harus diterjemahin semuanya. Bagus kalau dari sekolah kamu sudah ada terjemahannya itu tidak perlu lagi.

  87. Aulia Nai says:

    Jika hendak mendapatkan beasiswa S2 di Turki, apakah harus lulusan S1 universitas negeri?

  88. Keepro says:

    Min, tahap wawancaranya udh selesai ya?
    Saya ngeliat news di websitenya, translatenya gkbisa dingertiin.

    Tlg dijelasin ya min, pleasee:)
    http://www.turkiyeburslari.gov.tr/index.php/tr/haberler/858-turkiye-burslusu-ogrenciler-icin-turkce-yeterlilik-sinavi-gerceklestirildi

  89. Lu'lu' Lukman says:

    Assalamualaikum wr wrb.
    Saya bisa minta contact admin nya gak? hehe, soalnya saya mau tanya banyak tentang YTB 🙂
    Terimakasih sebelumya..

  90. iqbal says:

    salam..
    saya mau tanya maksud dari “application status : Pending Review” apa ya? karena sampai saat ini cuma itu info yang saya dapatkan dari webnya tentang aplikasi saya..

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb. Itu berarti aplikasi kamu sedang direview, kalau diterima interview biasanya ada tulisannya, lalu sesudah interview juga ada statusnya.

  91. Dipa Abraham says:

    kak mau nanya kan saya udah mendaftar, cuma nggak tahu kapan di kasih tahu lulusnya, soalnya udah mau satu bulan lebih !!! klo nggak lulus dikasih tahu lewat email, ato nggak ??? terima kasih

    • Asma Hanifah says:

      Nyantai aja, Bro, tanda bacanya 🙂
      Tahun-tahun sebelumnya memang selalu ada email ‘penolakan’ yang dikirim ke applicant yang ngga lolos. Tapi ngga sedikit applicant yang ngga nerima emailnya juga.
      Kita ngga bisa bener-bener memastikan. Tapi bisa jadi semua email interview sudah dikirim dan yang ngga menerima berarti ngga lolos tahun ini. BISA JADI, ya. Kalau mau yang pasti, lebih baik hubungi langsung pihak YTB

  92. Leni says:

    Kak, mau nanya. kalau sudah bekerja tapi mau daftar s2, dan jurusannya nggak berkaitan dengan kerja yang dulu, apakah masih memungkinkan ya kak?
    Lalu, untuk satu tahun belajar bahasa turki, apakah satu tahun full hanya les bahasa dulu baru tahun depannya kuliah, atau mulai kuliah sambil les bahasa?
    terima kasih banyak kak

    • Asma Hanifah says:

      Kita ngga bisa kasih statement yang jelas apakah bakal keterima atau ngga. Tapi kakak bisa coba aja nanti tahun depan. Banyak kok yang banting setir disini. Asal jurusan yang dipilih bener-bener sudah dipikirin biar ngga nyesel kalau lolos nanti 🙂
      Belajar bahasa setahun, baru kuliah di tahun berikutnya. Memang sudah ketentuannya begitu

  93. grahman says:

    selamat siang, yang s2 sudah pengumuman ya? saya belum dapat email, apa mungkin tidak lulus ya?

  94. Dinda says:

    Halo ka perkenalkan saya dinda, alhamdulillah saya lolos untuk tahap interview. Sy ingin tanya2 lbh lanjut about student life sm kesan dan pesan disana seperti apa. But i couldn’t find your contact except through this comment. Mohon bimbingannya hehe. Terima kasih

    • Admin Sultan says:

      Waaah selamat yaaa,, Kami buka postingan baru khusus untuk seluruh pertanyaan. Jadi kamu bisa ke postingan tersebut yaa.. Unfortunately now we are in final exam weeks, as you know for us this is a struggle week 😛 So, we will just asnwer you by this website and a bunch of email.. But if necessary maybe we will give our contact to you all.. but let we see..

      • min,..apa untuk s3 blm ada kbr,saampai saat ini sy blm dpet email,apa yg tidak lulus tidak dpet email,mhon penjelasanya.,.

        • Asma Hanifah says:

          Biasanya yang lulus juga dapet email. Sebelum masa interview berakhir, masih ada harapan utk dapat email interviewnya

        • andrianansori @yahoo.co.id says:

          kapan batas interview berakhir,tlg jelaskan sedetail2nya krna aq lelah terlalu berharap,kalok aq gak lyulus kasi taw supaya jelas aq gak berharap supaya aq fokus dengan urusan yang lain,,tiap hari tiap detik ini saja q fikirkan,setiap saat setiap waktu q buka email sampai terkadang q lupa makan,kalok aq gak lulus tlg ksi taw lewat email,bilang sama paniitianya,.

          • Asma Hanifah says:

            Loh mas? Kenapa perlu marah-marah ke kita? Kita disini cuma pelajar juga yang nerima bahasiswa. Kami ya ngga punya akses untuk tahu informasi sampai kapan terakhir email interview bakal dikirim.
            Sorry to say, tapi masnya sudah dari kemarin-kemarin kirim comment kya gini. Kita disini voluntary aja ngasih tau informasi soal YTBnya, bukan dari YTBnya langsung. Jadi kalau soal hal-hal seperti itu kita udah sering bilang, kita ngga tahu apa-apa. Dan applicantnya ngga sedikit, puluh ribuan. Mana pula mereka bisa tahu kalau ada applicant ngga sabaran macam mas. Itu tergantung masnya sendiri yang sampai lupa makan dan blablabla karena nungguin email. Bukan cuma mas sendiri. Ada ribuan lain yang juga lagi nungguin kepastian. Mas udah S3, kan? harusnya lebih mengerti.

            Sekali lagi mas kirim comment seperti ini, ngga akan kami respon lagi. Terima kasih

    • Tachi says:

      Wah kok saya blm dapet email apa2 ya 🙁

  95. Asma Hanifah says:

    Kabar apa ya?. Kalau maksud kamu yng berkaitan dengan kapan email pengumuman untuk applicant Indonesia dikirim, coba kamu baca postngan web yang terakhir. Terima kasih

  96. rahma says:

    Kok saya belum dikirimi email hasil seleksi administrasi ya? Ngirim emailnya serentak atau bertahap sih? Mksh.

    • Asma Hanifah says:

      Sampai sekarang kita belum dengar applicant Indonesia yang nerima email. Maaf sekali karena kita disini juga ngga tahu kenapa YTB lebih telat mengirimkan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Kita harap teman-teman semua bersabar dan perbanyak doanya aja

      • bar says:

        Mungkin karena alphabetical kak. Dan juga kan negara yang diundang tambah banyak. Banyak2 berdo’a aja.

  97. novia says:

    kok saya belum dapat email pemberitahuan ya? atau baru sebagian yang diemail? pendaftar lainnya sudah dapat email tanggal berapa y?

    • Asma Hanifah says:

      Sampai sekarang kita belum dengar applicant Indonesia yang nerima email. Maaf sekali karena kita disini juga ngga tahu kenapa YTB lebih telat mengirimkan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Kita harap teman-teman semua bersabar dan perbanyak doanya aja

  98. grahman says:

    Selamat pagi waktu indonesia, apa pengumuman untuk s2 sudah mulai dikirimkan? bagi yang lulus atau tidak lulus tetap dikirimkan email atau tidak ya? terima kasih

    • Asma Hanifah says:

      Semua dikirimin email, baik yang diundang atau yang belum berhasil. Dikirimkan ke pendaftar dari semua jenjang

      • Nurul says:

        Assalamu’alaikum min… mf mnggu…udh tanggal 10 tp saya kok blm dpt email ya?

        • Asma Hanifah says:

          Sampai sekarang kita belum dengar applicant Indonesia yang nerima email. Maaf sekali karena kita disini juga ngga tahu kenapa YTB lebih telat mengirimkan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Kita harap teman-teman semua bersabar dan perbanyak doanya aja

      • mbak sy blm mendapatkan email sampai detik ini,apa ini menandakan sy gk lulus,program s3,mhon di jwab

        • Asma Hanifah says:

          Sampai sekarang kita belum dengar applicant Indonesia yang nerima email. Maaf sekali karena kita disini juga ngga tahu kenapa YTB lebih telat mengirimkan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Kita harap teman-teman semua bersabar dan perbanyak doanya aja

  99. Johna909 says:

    I went over this site and I conceive you have a lot of wonderful information, bookmarked . agkegkdbebff

  100. Denis says:

    Pengumuman (hasil) seleksi administrasi untuk yang beasiswa S2 biasanya kapan ya temen-temen? dan biasanya diumumkan dimana ya resminya? terimakasih 😀

  101. sandira says:

    Udah satu bulan nih sejak pendaftaran, pengumumannya gmana.
    Udah ada yang dapat informasi interview?
    Lewat email kan.

  102. sam says:

    kaaa apakah sudah ada notif dari pihak penyelenggara rasanya terlalu lama hehe jadi pengangguran perihal kelulusan
    terimaksih

  103. jan says:

    pengumuman nya kapan keluar? tanggal 3mei kah?

  104. elta says:

    kak kpn hasil tesadministrasinya di umumkan

  105. andre says:

    Assalamualaikum kak, untuk beasiswa s1 apa ada batasan umur? Terimakasih

  106. suryo agung pratomo says:

    assalamualaikum mbk/masnya.
    yang beasiswa YTB untuk S1 udah ditutub belum ya.
    kalau boleh tau ditutupnya kapan ya.?

  107. Salsa says:

    Mba mau nanya pembukaan untuk s2 kapan lagi ya.
    Untuk s2 brp tahun ya mba.
    Seandainya pas lgi kuliah dan menikah dgn org turki bisa gak.atau gak kendala disana.
    Trus kalau kita kerja sebagai honorer di pemerintahan gitu bisa ikut beasiswa gak?atau hrd berhenti kerja?

  108. Riskima says:

    assalamu’alaikum wr wb,

    qa’., kode verifikasi cara dapat nya bagaimana,

    trimakasis

  109. Prakasa Mustanto says:

    Assalamualaikum min, saya mau nanya2 nih, insyaallah saya mau lanjut S2 di Turki
    1. kalo sekarang saya mau daftar masih bisa ga ya min?
    2. apa ada link contoh formulir? soalnya link diatas sudah saya buka tapi tidak bisa dibuka
    3. apa ada link universitas beserta daftar jurusan yang tersedia untuk program S2
    terimakasih min.

  110. Merrya says:

    Min, mau tanya. Kan kalo udah daftar nanti pihak beasiswa bakalan kirim email konfirmasi ke perekomendasi kita. Nah, masalahnya email punya perekomendasi itu gak bisa dibuka, jadi beliau gak bisa mengkonfirmasi email dari YTB. Itu gimana min kalo gak d konfirmasi? Apakah data kita akan di tolak dan dianggap palsu?

    • Asma Hanifah says:

      Yang penting ada email konfirmasi yang masuk ke kamu. Karena seingatku kepala sekolahku yg waktu itu perekomendasi ngga nerima email juga. Berdoa aja. Karena kami jg ga bisa kasih kepastian. Kami cuma mahasiswa, bukan yg kerja di YTBnya 🙂 Terima kasih

  111. dija says:

    mba boleh tau group WA buat para submitter..biar bisa saling share gitu antara submitters..
    . bang azwir nazar kemarin share diFB tapi,,, skrng statusnya dah ilang….

  112. Rian says:

    Min maaf banget saya udah baca dan udah discroll tapi waktu tadi dicari susah nemu lagi tentang pertanyaan 12 universitas itu jadi pelamar tuh harus milih 12 univ berbeda dengan 12 tempat yang berbeda juga atau gimana? Maaf banget min :((

  113. dita says:

    Maaf, saya mau tanya, ijazah saya sdh ada cm blm bisa saya send atau msukan online , krn posisi saya d luar kota dan blm bs kembali k kota saya, saya br bs kirim ijazah s1 tgl 4 april, dan itu sdh lbh dead line 1 hr, apakah bisa? Saya cm ad SKL, boleh ga ya klo nyusul ijazah nya? Trima kasih

  114. fauzi says:

    “please define subject you plan to work on during your postgraduate studies in turkey” min ni pertanyaan di loi nya.
    ini mereka mau tau apa yang bisa kita lakuin atau kerja di turki selama kuliah gitu min? bingung dengan kata”to work” nya.. makasi min…

    • Admin Sultan says:

      to work di situ bukan berarti bekerja. maksudnya jabarkan atau tentukan SUBJECT (tema, topik, permasalahan) yang akan kamu KERJAKAN selama menyelesaikan pendidikan postgraduate di Turki.

  115. zoza says:

    miinnn,, mau tanya, upload foto yg stadar passport atau biometrik itu bagaimana buatnya ya miin, udah cari di google gak nemu juga, apa cuma background foto doang yg diganti jadi putih gitu? gelap min, sampe sekarang foto masih blum bisa uppload juga, untung pendafarannya diperpanjang.. mohon pencerahannya min.. makasi

    • Admin Sultan says:

      foto tidak berpengaruh. foto biasa saja juga cukup. kalau bisa standar paspor atau biometrik itu bagus. di internet banyak freeweb yg bisa buat ukuran biometrik.

  116. aditya says:

    Assalammu’alaikum. Min mau nanya, saya sudah isi dan upload semua data, termasuk pilih jenis beasiswanya. Tp waktu d bagian my Application pilihan jurusan & universitasnya kok keluarnya cuma 1 pilihan, tdk ada pilihan yg lain. Kira2 kenapa ya?
    Mohon bantuannya, terimakasih

  117. Tiara says:

    Permisi. Kalau saya daftar lagi dengan akun baru bakal jadi masalah ga ya kira2? karena saya rasa masih ada yg kurang. mohon pencerahannya 🙂 terima kasih

    • Asma Hanifah says:

      Menurut logika saya, walaupun kamu bikin akun baru, YTB ga akan bisa tahu mana akun yang bener-bener kamu niatkan untuk mereka pilih. Jadi maksudnya walaupun kamu udah bikin akun baru, bisa jadi YTB tetap ngecek dokumen di akun lama kamu. Karena yang daftar ada puluh ribuan bahkan lebih. Tapi ga tau kalo application yang udah dikiirm bisa dihapus atau ngga. Kalau bisa, ya bagus.
      Kalau ngga, dan kamu tetap mau buat lagi, buat aja. Berdoa aja masih ada kemungkinannya

  118. N says:

    Kak, kalau kita udah submit tapi ada data yang salah dalam pengisian. bisa ga diperbaiki kk? mohon dibals ya kk

  119. Rian says:

    Min saya udah upload file diploma tapi gagal terus padahal ukuran ga lebih dari 5 mb koneksi cepet jenisnya jgp kenapa ya?

  120. izkinal says:

    berdasarkan pengalaman kakak, penempatan universitas itu gimana? apakah setelah diterima disuruh milih lagi atau gimana?

    • Asma Hanifah says:

      YTB langsung yang memilih dari jurunsa dan univ yang kita pilih ketika APPLY. Tahunya nanti tertulis di Kabul Mektubu atau Letter of Acceptance setelah wawancara sebagai keterangan bahwa kamu keterima beasiswanya

  121. Iya says:

    Kak, pemilihan univ nya terserah kita kk? atau sesuai dengan ranking univ nya kk?

  122. Nadya says:

    Kak, sertifikat harus translate juga kk?

    • Asma Hanifah says:

      Kita udah jawab beberapa kali soal ini ya. Harusnya scroll down atau baca artikel yang ada dulu.
      Ngga perlu. Upload aja yang asli. Tp kalau sertifikatnya English malah bagus

      • Nadya says:

        Maaf kak 🙁 kita masukkin dibagian award kan kk?
        Oo ya kk, waktu kita masuk kan sertifikatnya, kan ada kolom explanation tu kak. itu kita isi apa ya kk?
        satu lagi kk, kalo sertifikat organisasi di masuk kan kemana ya kk?
        Makasih kak 🙂

  123. qalbi aliklas says:

    misi min mau nanya , saya mau upload reference letter kok gak bisa bisa ya , berkali kali dah , gimana nih min ?

  124. ZIKRI says:

    makasih infonya
    oh ya min kalau saya tidak punya work experience itu bagaimana ya??
    dan akademic qualification itu apa

  125. Muhammad Zaki says:

    Saya mau masuk yang S1, kan ada di minta nilai rapor tuh, tapi disekolah saya rapor semester 1 sampe semester 4 ditulis dengan skalar 0-4, dan semester 5 skalar 0-100, gimana? apakah bisa di upload langsung atau memang harus di konversi?

    • Admin Sultan says:

      Upload saja semua, semoga mereka memahaminya. Yang penting nilai ujian akhir atau UN jelas gradenya apa.

  126. Nadya says:

    Kak, saya mau nanya. Di bagian social activities ada sub bagian award, certificate and project tu kak. Boleh ga kk di bagian award kita masuk kan penghargaan karya ilmiah ga kk? Tapi sebelunya saya sudah masuk kan certifikat tsb di education information. Boleh ga tu kak? Makasih kk. Mohon balasannya ya kak

  127. Atika Rachmasari says:

    kak, maksud dari reference letter itu apa? bisa kasih contohnya ga?

  128. Iin says:

    Assalamualaikum kak..
    aku mau tanya, aku sudah upload data yang di form aplikasi beasiswanya. Setelah itu, aku bisa langsung apply atau tidak ya?
    Sedangkan dikolom My Application ada tulisan “You have no active applications. Please select an appropriate programme from the Home Page to apply”. Dari maksud tulisan itu apa ya kak? Atau aku langsung apply aja? Mohon dijawab ya kak, krn pendaftaran segera berakhir. Terimakasih sebelumnya

    • Asma Hanifah says:

      Itu kan maksudnya kamu belum pilih jenis beasiswanya di bagian Home Page. Pilih dulu trus baru bisa Apply

    • Alfi says:

      Jangan lupa klik submit terus cek email. Aku juga sempet ragu ini udah ke-submit atau belum. Tapi mengingat di email mereka mengatakan “Your application to Türkiye Scholarships has been successfully saved.
      Thank you for applying.” Saya yakin aja.

      Semoga membantu 🙂

  129. anna says:

    kak bisa share reference letter ga?perlu cap sekolah atau ttd nya aja ka?beda ya sama certificat of student?makasih ka:)

    • Asma Hanifah says:

      Ngga perlu kop. Cukup tanda tangan dari yang ngebikin suratnya aja.
      Tentunya beda. Certificate of Student Status kan pengganti ijazah untuk yang belum lulus

    • Alfi says:

      Cerita sedikit boleh? Untuk tahun ini sepertinya berbeda. Pas saya klik Graduate, di kolom bagian lulusnya hanya sampai Maret. Sementara kalau saya klik Continues kolom itu bisa di klik kapan saja, namun saya hanya perlu meng-upload Transcript. Awalnya saya sedikit galau, sih, tapi saya pikir masuk akal juga. Ga perlu meng-upload certificate of students status toh kita memberi tahu kapan kita lulus jadi dokumen itu ga saya upload.

      Bagaimana pengalaman kalian? Wish us luck 🙂

  130. naufal says:

    kak ternyata gini kolom diploma itu ada kalo kita pilih graduated,saat sy coba pilih graduated, bulan untuk kapan kita lulus itu cuma sampe maret,jadi bulan lain nya ga bisa di klik,nah pas sy ganti ke continues kolom diploma hilang,jadi menurut kaka sy pilih yg mana?

    • Asma Hanifah says:

      Harusnya ga ada pengaruh ya.
      Saya juga tahun ini bkin akun untuk sedikit tahu perbedaan sistemnya dan dibagian Education Information, langsung ada tertulis bagian upload Diploma sama Transcript tanpa saya klik apa-apa bagian lainnya. Tapi kalau memang punya kamu udah gitu ceritanya, ya dudah lanjutin segimana adanya aja. Pilih graduated aja kalo menurut saya

  131. dina says:

    kak kalo kita ga submit data kita gaakan masuk ke pihak sana ya?

  132. Ismail says:

    Mimin yang baik hatinya.hehe maunanya dong,Saya udah isi semua data yang ada di web YTB, kecuali “academic qualification”, nah pas saya masuk ke My application, pas di click Apply ko pilihan jurusannya ga Apply ya, malah tulisan not suitable?hehe mohon bantuannya ya 🙂

    • Asma Hanifah says:

      Academic Qualification kan optional. Brrti harusnya ga ada masalah sama kamu isi atau ngga bagan itu.
      Coba kamu baca lagi tiap petunjuk yang ada. Mungkin di pilihan jenis beasiswa yang ngga suitable atau gimana gimana yang lain

  133. naufal says:

    kak maaf pas saya udah bikin certificat of student,trs mau input di bagian student application tiba2 gaada kolom diploma,malah suruh input transcript nilai aja,udh sy input transcript nilai udh langsung save trs ceklis nya jadi ijo,itu udh berhasil apa gimana ka?sebelum sya bikin certificat of student itu pdhl kolom nya ada dua,diploma sm transcript,jadi gimana ya ka?apa sy cukup input transcript nilai aja?

    • Asma Hanifah says:

      Harusnya sih upload Certificate of Student Status dulu. Tapi kalo emang udah kya gitu ya udah lanjutin aja. Mau gimana lagi kan?. Berdoa aja semoga cukup cuma dengan transkrip

  134. Lili says:

    Malam, di section summary dan bagian personal information, kenapa ya middle name saya capslock gitu? apakah memang spt itu? dan ga ada spasinya. jadi name-middle-surename nya nyatu semua lilikaNADYAazar. padahal saya menulis benar di bagian personal information saya, terimakasih

  135. hadiyul umam says:

    mohon infonya, saya lulusan S2 teknik industri kemudian ketika mendaftar pada bagian preference nya kenapa tidak ada jurussan yang sama dengan jurusan saya (teknik industri) ya? apakah bisa mendaftar untuk jurusan lain dan ketika lulus apakah ada kemungkinan untuk pindah ke jurusan lain (pada universitas yang sama). terimakasih.

    • Asma Hanifah says:

      Sepertinya YTB sudah mulai ngga ngasih beasiswanya untuk jurusan teknik. Menurut saya, mau masnya lulus di jurusan lain, kalau di list pilihan udah ga ada jurusannya, ya ga akan bisa pindah kan? Karena ga termasuk ke daşam listnya YTB.

      • syabilla says:

        Wah beneran nih beasiswa untuk jurusan teknik ga ada lagi? Saya S1 teknik kimia mau lanjut beasiswa s2 teknik lingkungan berarti ga ada peluang ya?

        • Asma Hanifah says:

          Tahun tahun sebelumnya ada. Walau yang keterima dengan jurusan teknik jauh lebih sedikit dibanding yang sosial. Bisa diliat di pilihan jurusannya. Sebelum milih, harus diperhatikan juga jenis beasiswa yang di Home Page-nya. Jadi jurusan yang muncul nantinya bisa sesuai.

  136. M Widi says:

    Sekalian mas/mbak,
    Saya kan mau daptar S2 nya.
    Yang diterjemah tersumpah ijazah SMA + S1 nya, atau ijazah S1 saja.
    terimakasih

  137. M Widi says:

    Mas/mbak, saya kan mau daptar neh.
    Itu yang diterjemah tersumpah ijazah-nya saja atau Ijazah + transkrip nilai?

    terimakasih.

    Balesnya via email ya min.
    Kemarin sudah daptar. Tapi setelah tak cek dan baca di sini malah ada terjemah tersumpah.

    Terimakasih. Need fast respon. 🙂

    • Admin Sultan says:

      Coba dicek ke YTB nya deh, apakah diminta untuk diterjemahkan atau tidak. Kalau tidak diminta, ya tidak usah.

  138. Aprilia says:

    Mau tanya, saya ini lulusan s1, mau ambil beasiswa untuk s2. tapi mengapa ya di Education Information Section saya gak bisa pilih option Bachelor’s Degree? cuma tersedia pilihan High School aja, saya jadi bingung.
    terimakasih

  139. aji says:

    itu referensi boleh dari sekolah atau dari mana ya ??

  140. Zulian says:

    Salam min
    Di educational information bagian major fields of your graduation diisi apa ya min ? Apakah literary? btw saya jurusan IPS

    • Asma Hanifah says:

      Kalau ada pilihan science sama natural sciences, kamu pilih sciences. Karena menurut aku, science itu luas maknanya (pengetahuan) dan natural sciences lebih ke IPA

      • Zulian says:

        Salam min
        saya mau bertanya lagi di bagian family information yang total monthly income itu total pemasukan saya sendiri apa ortu kita min ? Kalau saya karena belum bekerja jadi 0-50$ ya min?

        • Asma Hanifah says:

          Waktu saya daftar sih yang diminta itu monthly income kedua orang tua. Mungkin itu jg sama. Punya kedua orang tua digabungin. Coba cek di kotak Application Manual sebelah kanan ada atau ngga panduan uk monthly income itu

  141. Imam Zarkachi says:

    Salam..saya sudah isi applikasi untuk studi s2. Di pilihan universitas, saya pilih di pilihan prtma programme bhasa turki sdangkan di pilihan ke 2 programme in english dan pilihan slnjutnya pilihan programme bhsa turki lagi. Apakah boleh saya memilih sprti itu? Untuk sertifikat english proficiency saya sudah punya tapi tidak saya upload ketika pengisian language details, kemudian saya cba untuk upload kmbali sudah tidak bisa krna sudah masuk ke tahap apply. Apa bisa saya perlihatkan nnti seandainya saya terpilih untuk interview?

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam. Boleh, selama tidak dilarang. Seharusnya diupload karena itu utk penilaian kemampuan bahasa. Kalau nanti dipanggil interview, coba dibawa.

      • Tiwii says:

        Assalamualaikum kak , kak aku kan baru mau UN ya tanggal 4 , jadi gimana ?mau ngisi estimated date(tgl kelulusan) ??

        • Asma Hanifah says:

          Estimated itu kan perkiraan. Ya berarti diperkirakan aja kamu lulusnya kapan. Tahunya dari mana? Tanya sama pihak sekolah

          • Tiwii says:

            Kak gini kan ada disuruh trancript , itu maksudnya transcript apa ya? nilai atau rapport ka ? makasih

          • Asma Hanifah says:

            Kamu udah baca semua artikelnya ga sih? Ini nih pertanyaan yang basic banget 🙁
            Transrip nilai itu kan rangkumannya rapot. Jauh lebih simple karena dalam satu halaman udah memperlihatkan riwayat nilai kamu selama 5 semester itu. Paham kan udah?

  142. aziz says:

    asslamuaalaikum kak, bedanya graduate sama continues apa ?

  143. dina says:

    Alhamdulillah terima kasih banyak ka,ka aku mau login password nya ga salah tapi ga bisa:( katanya (hesabinizin aktivasyon ıslemı yapılmamıştır ) kenapa ya ka?:( makasihhhh

    • Admin Sultan says:

      Iya itu katanya proses aktivasi akun kamu tidak dapat dilakukan. Mungkin karna sudah expired..

      • nurul fajri says:

        aslm, . salam kenal , . nama saya nurul fajri, . saya berminat mengikuti beasiswa turki tahun 2016, . tetapi saya terkendala pada saat proses pendaftarannya. , login pasword email saya sellu bermaslah, padhal pasword yang saya gunakan sudah sesuai dengan anjuran, . dan email yang saya berikan adalah email yang saya gunakan sehari, . mohon bantuannya, terima kasih

        • Asma Hanifah says:

          Waalaikumsalam. Kamu udah aktivasi akun kamu lewat email belum? Kan sebelum nyoba lo gin, akunnya harus diaktfin dulu lewat denan klik link yang ada di email. Kalau emng udah, memang di hari hari terakhir gini website banyak yang akses, makanya kadang error.

  144. assalamu’alaikum kak asma dan kak sultan saya sudah apply untuk undergraduate,tapi saya smpat melakukan kesalahan. Saat input data untuk reference letter saya malah masukkan data yang reference letter(surat keterangan siswa tingkat akhir, karna saya baru akan lulus mei mendatang)bukan recomendation letternya. Sementara sudah saya submit, apa hal yang dapat saya lakukan? mengirimkan berkas recomendation letternya ke email ytb? mohon pencerahannya.Terimakasih. Wassalamu’alaikum.

    • Admin Sultan says:

      Waalakikumsalam wr wb. Waduh, kesalahan kecil seperti ini sebenarnya yg fatal. Bukan maksud mengecilkan hati kamu, tapi hal seperti ini kebanyakan yg membuat gagal lolos selksi administrasi. Tidak ada yg dapat dilakukan lagi karen sudah submit. Makanya sebelum submit ada peringatan utk mengecek lagi lagi dan lagi. Apakah sudah yakin dengan berkas yg akan disubmit. Kirim ke email YTB tidak akan berpengaruh. Kecuali kalau kamu mau coba pakai akun email lain atau coba delete applikasinya di list kalau memungkinkan.

  145. Irsyad says:

    min, mohon bantuannya. saya udah upload semua dokumen, pas di bagian apply,”We are sorry, but there are no available scholarship programmes suitable for you. Please note that Türkiye Scholarship programmes may have special country and age criteria for application. If you think that you meet all conditions, please check the information you provided at the scholarship search section and edit it if necessary. You may also contact us through the “Help” section.”
    padahal saya dari kriteria eligible to apply, mohon bantuannya…memang faculty dan department nya not on the list, tapi saya tambah di option ‘Add’ dan muncul. apa berpengaruh ya min sama ketersediaan scholarship program nya?
    FYI, saya lulusan ilmu komunikasi, akan apply untuk Ibnu khaldun jurusan PR, publicity and Advertising (sudah saya cek di Scholarship search nya dan ada)

    • Irsyad says:

      Oh maaf min udah nyampah, kesalahan bukan pada system or server, tapi kekhilafan ana… date of birth belum terisi. Im so sorry.

    • Admin Sultan says:

      Itu berarti antara jurusan study sebelumnya dengan pilihan yg diambil tidak sesuai. Meski ada pilihannya, kalau jurusannya tidak pas, tidak akan cocok.

      • Irsyad says:

        Ana pikir jg krn jurusan nya tdk sesuai min. Tp saya ganti yg sesuai sama department di univ turkey msh aja gak bs. Nah stelah saya sadar date of birth blm dimasukin trus saya isi, lgsg dah muncul di homepage Ibnu khaldun, trus ada notif kalau penyebab ketidaktersediaan scholarship program bs krn usia, jurusan dan tgl lulus yg tdk sesuai. lah dikasi taunya setelah kelar masalah. dah keburu amsyong ana… Alhamdulillah.

        1) Astaghfirullah min, saya br sadar kalau ada yg blm saya upload, pdhal saya sudah sampai letter of intent, sepertinya kalau sudah klik Apply sudah tdk bs ganti application documents, apa benar min? Apakah saya harus delete application nya dulu br bs edit application saya?
        2) di video tutorial kan ada yg bagian final exam di High school edu, kok di aplikasi saya tdk ada option buat itu ya?
        3) Saya kalau mau upload published paper dmn ya, klo ditutorial di option “Academic Activities” dan tu option br muncul setelah isi bagian Master edu (buat yg lamar PhD), lah saya kan apply for master. Ada kah solusi min?
        4) kok saya tdk dsuruh upload IELTS Certi ya min, cuman ditanya score nya saja. Dmn saya harus upload IELTS nya.

        Terima kasih byk min. Mohon bantuannya

        • Admin Sultan says:

          1) Kalau tidak bisa diedit, delete saja. Ulang dari awal.
          2) Harusnya ada.
          3) Ya kalau tidak ada tempat utk upload, berarti tidak butuh.
          4) Idem.

  146. shafra says:

    “My high school grade is 69 over 100. Can I apply Türkiye Scholarships?
    It is expected to have at least 70 % weighted grade point average over their maximum graduation grade from the candidates applying for undergraduate programs. If high school diploma is the only academic grade you have, you can not apply. However if you have another academic grade such as university entrance exam and have at least 70% success, you can apply with that grade.” berarti kalo cm punya prestasi akademik doang ga bs apply scholarship atau gmn ya ka? boleh tlg jelaskan

    • Admin Sultan says:

      like written in that FAQ provided by The committee, if you have only academic diploma with grade point less than 70%, you can not apply this scholarsip or they will not accept your application. Except you have other entrance exam grade. So, you must provide that title “prestasi akademik” with good grade point shown in your certificate or academic transcript. Got it?

  147. shofi says:

    ASSLAMULAIKUM . kak, di edctn infrmtion, ada tab grde type, terus grade, teus grade(decimal), itu gimana ngisinya kak.
    saya murid SMA

    • Admin Sultan says:

      Kamu coba baca pertanyaan di bawah ini ya, terus ke bawahnya lagi, bawahnya lgi. Udah banyak yg nanya sama,,

  148. dina says:

    Assalamualaikum ka:)
    Ka kolom diploma wajib diisi meski belum ada ijazah?certificate of student status aku udh search di google tapi ga ngerti ka,tolong bantuan link nya ya:(

  149. opi says:

    Ka kolom untuk milih univ dimana ya posisinya?terimakasih

  150. Anggie says:

    Assalamualaikum mbk
    Saya sudah sign up email. Tapi saat mau ngiai appicant nya, malah ngga bisa
    Ngga ada yg bisa di klik selain leave comment. Itu saya harus gmna ya mbk? Mbksh mbk

  151. zaki aja says:

    assalamualaikum mbak dan mas, mohon pencerahannyaa doong 😀 😀
    dari awal mulai nge-apply sampai hampir selesai, (tinggal milih preference) kok saya ngga nemu perintah dan cara buat aplod ijazah ya? bingung jadinya hehe

  152. Anna says:

    ka maaf,di kolom education information itu ada yg harus di input di bagian diploma sama transcript,kalo yang transcripct pasti untuk nilai,kalo kolom diploma itu kita input apa?terimakasih ka

  153. Alfi says:

    Assalamualaikum. Mau tanya. Sebenernya untuk LOI itu bebas atau harus 250 karakter atau 250 kata? Mohon pencerahannya 🙂

  154. Irsyad says:

    Min mau tanya dong ttg letter of intent no. 3 (provide information bout prominent univ n academicians workin on dis subject in turkey, if any)
    Maksud dr pertanyaan ini tu apakah saya harus menghubungi professor untuk subject saya terlebih dahulu dan ask permission?? (Seperti cari prof yg interest sama riset kita gtu min…)

    Atau kita tinggal cari dan comot salah satu nama prof yg field nya sesuai dg interest kita gtu aja? Terimakasih min…

  155. damar seta says:

    Maaf mau tanya..sebagai mana yg telah d sebutkan bahwa smua berkas di terjemahkan kedalam bahasa inggris..namun apakah bisa jika berkas yang di uploud itu terjemahannya berbahasa arab..terima kasih

    • Asma Hanifah says:

      Saya ngga yakin untuk bilang iya karena biasanya yng saya tahu pakai English. Tanya aja langsung ke YTBnya

      • damar seta says:

        OWh ya satu lg jika kita d suruh wawancara bukti ap yg harus kita bawa k kedubes klo bahwa nama yg brsangkutan adalah kita…apakah ad nomer atau kartu peserta khusus via email nantinya.. terima kasih 🙂

        • Asma Hanifah says:

          Ada reference number. Lagian tiap peserta beda jam wawancara. Dan pas masuk, mereka nanya “are you(nama)?” dan langsung minta transkrip atau SKHUN (pengalaman saya)

  156. akromatus says:

    kak,saya kan belum lulus smk baru mei ada pengumuman kelulusan…apakah kita pakai rapot saja sebagai ganti ijzah?apakah semua rapot dari semester 1-6 harus di translate ?

  157. Agung says:

    permisi, mau numpang nanya, saya mau ngelamar beasiswa S2, unuk pelampiran ijazah s1 saya sudah dalam bahasa inggris, namun ijazah SMA yang saya lampirkan masih berbahasa Indonesia. bagaimana ya? apakah dapat diproses kalau seperti itu. terimakasih sebelumnya

  158. Anna says:

    Ka maaf letter yang 250 karakter itu di apply nya di bagian mana ya?makasih ka :))

  159. Yuri says:

    Assalamualaikum mau tanya. Kenapa, ya, guru2 saya pada bilang “nanti kamu kena teroris atau jadi teroris dan blablabla” emang di sana separah itu, ya? ga mungkin kan kita dipengaruhin? Boleh minta ceritanya keadaan di sana sekarang seperti apa? Apa mungkin ketakutan yang mereka bilang itu bener?

    Saya sih ngeyakinin diri dengan niat emang pengen belajar. Tapi bingung aja kalau ada guru yang bicara seperti itu. Mohon pencerahannya

    Terima kasih 🙂

    • Asma Hanifah says:

      Wa’alaikumsalam. Saya ngga nyangka sih ada guru yang frontal bilang begitu. Mungkin cara media memberitakan yang bikin orang berpikir bahwa dsini separah itu. Memang beberapa hari lalu ada serangan bom di salah satu kawasan paling sibuk di Istanbul. Yang tewas ada 5 orang dari yg terakhir saya tahu. Terus ada lagi banyak info tersebar via Whatsapp kalau tgl 20 akan ada beberapa bom yang diledakkan di Istanbul. Tapi alhamdulillah ngga kejadian.
      Keputusan penuhnya ada di kamu. Mau melanjutkan, atau ikut kata-kata guru kamu. Tapi menurut aku, selama kita masih hidup disatu bumi yang sama dengan manusia-manusia gila itu, semua tempat berkemungkinan diserang, berkemungkinan jadi ngga aman. Termsuk Indonesia sendiri. Kalau udah gitu, apa harus diam di rumah aja? Kan ngga.

      • Yuri says:

        Iya ga sedikit yang bilang nanti bisa dicuci otak, trus nyinggung paham radikal dll 🙁 (ga ngerti sama yang satu itu) saya sih mikirnya, ya, ga perlu jauh2 ke Turki di Indonesia juga banyak kok yang begitu. Pinter2 kita jaga diri aja. Tapi bener kata kakak, kok. Ga mungkin tinggal diem di rumah gitu aja.

        Mau maju atau diam di tempat dan malah tertinggal?

        Thanks 🙂

  160. aldhanalia says:

    Assalamualaikum, kak. Mau tanya. Setelah kita isi semua form nya, harus diapakan lagi ya? Atau dgn kita mengisi semua kolom, berarti sudah dianggap mendaftar? Saya bingung hehe.
    Lalu untuk pemilihan kampus dan jurusan, isinya dimana?
    Terima kasih sebelumnya 🙂

    • Asma Hanifah says:

      Kamu ikutin aja semua langkahnya. Baca Application Manual di bagian kanan. Karena form tahun ini jauh beda dgn form tahun-tahun sebelumnya.
      Sudah dianggap mendaftar kalau sudah submit berkasnya.

  161. abdullah says:

    Saya berencana mengambil s2. Apakah yang harus saya translate ijazah dan trnaskrip nilai S1 atau ijazah SMA juga harus di translate

  162. salsa says:

    Assalamualaikum. Ka mau tanya, ko student application saya ga bisa diisi ya ? Ga bisa di klick gitu field nya. Makasih ka

  163. Almaa Trilili says:

    min maaf nanya lagi, saat memilih 12 univ itu kita jg memperhatikan syarat khususnya kan, misal tertulis di izmir univesity TOEFL/PBT 513 , itu mksdnya kita kalau mau masuk univ itu dipertimbangkan nilai toeflnya? kalau gada toefl peluang masuknya kecil? gitu ya min? trmakasih

    • Asma Hanifah says:

      Tergantung jurusannya. Kalau kamu mau jurusan berbahasa inggris memang baiknya masukin hasil tes TOEFL

      • Almaa Trilili says:

        jurusan yg aku pilih bukan bhs inggris min, tapi kampusnya yg aku pilih bhsa pgntarnya bhs inggris…trs peluangnya gmn min bagi yg gak punya toefl?

        • Asma Hanifah says:

          Bahasa pengantar kampus kan berdasarkan jurusannya. Yaudah ga upload juga gapapa. Kita ngga tahu besar peluangnya gimana. Pokonya nanti kamu tunggu aja hasilnya. Satu bulan setelah deadline pendaftaran.

  164. Assalamualakum. nama saya dua suku kata, bagaimana cara isi kolom NAME, Midlle Name, dan Surname, trims.

  165. Almaa Trilili says:

    assalamualaikum, min untuk tahun ini letter of intentnya hanya 250 karakter tiap pertanyaan. emang singkat gitu ya min? terus di bagian reference letter itu mksdnya surat rekomendasi ya? makasih miiin!

  166. tetra says:

    Assalamualaikum, saya ingin menanyakan apakah untuk beasiswa ini di perlukan mendaftar terlebih dahulu di universitasnya? saya pendaftar untuk jenjang s2 namun saya bingung, apakah setelah diterima beasiswa ini kemudian di daftarkan langsung oleh pihak YTB? atau perlu apply sendiri di universitas yg dituju? karena saya tidak menemukan kolom aplikasi daftar/requirement di web universitas.
    mohon pencerahannya..

    terima kasih

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb. Kalau kamu tidak menemukannya, berarti itu tidak perlu. YTB yg akan memilih kampus mana yang bisa kamu masuki sesuai dengan kemampuan kamu berdasarkan dokumen yang kamu upload. Tinggal isi aplikais, interview, tunggu pengumuman. Tidak ada tes, tidak ada biaya apapun.

      • tetra says:

        jadi setelah saya mendapat beasiswa YTB sudah otomatis saya menjadi student yang dipilihkan? tidak ada proses mendaftar universitas setelahnya? karena beberapa beasiswa biasanya memerlukan LOA

        • Asma Hanifah says:

          Pasti ada. Nanti di pembuatan visa butuh LOA jg kalau ngga salah.
          Daftar kampus nanti setelah sampai di Turki, barengan sama ngurusin ressident permit, dan lain-lain….

  167. rani says:

    saya ingin apply beasiswa ini, dari yang saya baca beasiswa ini meminta 2 surat rekomendasi, tapi saya tidak bisa menemukan format surat rekomedasi untuk diajukan ke professor tempat saya kuliah. Mohon infonya, dimana ya saya bisa mendapat surat rekomendasi untuk beasiswa ini? karena deadline beasiswa ini semakin dekat
    terima kasih infonya

    • Asma Hanifah says:

      Tahun tahun sebelumnya yang diminta cuma satu. Ga tau kalau tahun ini diminta dua.
      Kenapa harus mengajukan ke professor juga? Yang diperlukan surek dari orang kita yang diajukan ke mereka. Lihat aja contoh surek bahasa indonesia dan kemudian translate. Kemudian TTD atas nama yang mengajukan sureknya.

    • Admin Sultan says:

      Jeung Rani. Surat rekomendasi itu sebenarnya dibuat oleh pemberi rekomendasi. Jadi mereka yang menyatakan kalau kita bla bla bla. Tapi biasanya, mereka sibuk dan tidak sempat buat, oleh sebab itu si peminta rekomendasi yang membuatnya, mereka tinggal baca dan tanda tangan. Nah, kalau kamu tidak mengerti seperti apa bentuk suratnya, coba deh search di gugel “recommendation letter” di situ berjuta-juta contoh ada. Nah, kammu pick satu aja buat kamu jadiin contoh..

  168. shafira says:

    assalamualaikum,,, saya kls 3 sma dan ingin mendaftar beasiswa turki ini. tp ada yg ingin saya tanyakan,kalau kita ingin mengapply dokumen apa bisa mengisinya dalam beberapa hari jd tidak lgsg disubmit? karna msh ada dokumen yg butuh ttd kepsek. mohon jawabannya,terima kasih:)

  169. Ulul says:

    Kak, mau naya, kalau udah di submit, rangkuman pendaftarannya bisa dihapus gak? Untuk bisa di apply lg dan diperbaiki? Kalau bs apakah ada terjadi apa2 atau gak? Trksh

  170. Betha says:

    permisi. pilihan universitas harus 6 dari 3 kota besar Ankara, Izmir dan Istanbul. Atau bebas aja? karena baca komentar2 diatas banyak yang bilang diusahakan pilih selain kota2 besar supaya peluang terpilihnya lebih besar…

    • Asma Hanifah says:

      Sebenarnya bebas aja. Cuma memang ada yang menyarankan begitu. Menurut aku ya jangan juga ga milih di tiga kota besar itu. Dİbagi aja. Ada yang di kota besar, sisanya pilih di kota kecil. Bisa cek >>studyinturkey.gov.tr<< buat liat list kampus dan infonya

  171. Widya says:

    Assalamualaikum. Apa ijazah Turki diakui internasional?

  172. Achmad says:

    Salam, min saya rencana mau lanjut s2,saya mau nanya kalo untuk jurusan manajemen pendidikan atau administrasi pendidikan ada ga?dan nama universitasnya apa aja? Makasih mimin 😀

  173. yubi says:

    Assalamualaikum.
    saya sudah daftar di s1 nya saya lulusan tahun kemarin (2015) , ada beberapa pertanyaan yg jawabannya beda2. mohon dijawab kak 🙂
    1. Grad Type itu rata-rata nilai RAPOT atau SEKOLAH ?
    2. Diploma yg di upload file Ijazah atau SKHUN atau Nilai sekolah semester awal – akhir ?
    3. Transkip itu nilai semester awal-akhir atau SKHUN atau Ijazah ?
    4. Saya Livechat dengan pihak YTB katanya tidak perlu diterjemah in English, dia bilang upload the original file. Menurut kakak gimana?
    Maaf kalau banyak bertanya, hehehe maklum takut tersesat ditengah jalan.
    Terima kasih.
    Wassalamualaikum

    • Asma Hanifah says:

      Wa’alaikumsalam..
      1. Setahu saya, itu diisi dengan cara penilaian sekolah. Misalnya 100. Kita disini jg clueless soal itu krna udah lupa sama application waktu itu
      2. Ijazah
      3. Transkrip nilai 1-5 (boleh 1-6 utk yang sudah lulus setahun sebelum)
      4. Ditranslate itu supaya mereka lebih paham aja sama isinya. Tapi kalau mereka mintanya gitu ya silahkan
      Wa’alaikumsalam

      • Yubj says:

        Halaman depan saja, atau belakang juga ijazahnya?
        Dan fungsinya SKHUN ini apa ya, hehe. Soalnya di awal ada yg bilang SKHUN dibutuhkan

        • Asma Hanifah says:

          Setahu saya, nilai yang ada si SKHUN itu murni nilai UN. Kalau ijazah sudah digabung sama nilai-nilai sebelumnya. Jadi Ijazah lebih mewakili nilai keseluruhan dibanding SKHU. Teman-teman saya yang dulu daftar juga mereka pakai ijazah, bukan SKHU.

          • yubi says:

            Oh, oke makasih, jadi di bagian Diploma di isi ijazah depan saja atau gabung sma yg dibelakang? dan transkip di isi nilai smstr 1 – 6 , maaf kalau gak salah belakang skhun itu udah ada nilai rata2 sekolah ya? Iti gimana, maaf kalau banyak tanya

          • Asma Hanifah says:

            Dua sisi ijazah dijadiian satu file aja. Uploadnya di bag diploma

          • yubi says:

            Maaf, dibelalang #ijazah maksudnya, sudah ada nilai rata2 sekolah.

    • Admin Sultan says:

      Mimin satu lagi bantu jawab.
      1) Rata-rata nilai akhir yang ada di belakang ijasah. kan di belakang ada nilai keseluruhan utk ujian sekolah maupun ujian nasional, nah nilai itu. Grade typenya menyesuaikan dengan jumlah maksimum nilai.
      2) Diploma itu IJASAH. Kalau diminta diploma, itu artinya ijasah. Kalau nilai diploma itu artinya nilai yg tertera di ijasah.
      3) Transkrip itu adalah SEMUA nilai yang ada di belakang ijasah, itu saha sudah cukup. Karena kan di belakangnya sudah ada rata-rata raport. Tapi kalau mau upload seluruh nilai raport, ya gapapa. kan sama sebenarnya. Kalau belum dapat ijasah atau belum ikut UN, pakai nilai raport sem 1-5 semua.
      4) Gini ya, basically semua dokumen harus diterjemahkan ke English. Itu kalau dalam dokumen itu tidak bilingual. Ada juga yg bilingual, itu tidak perlu diterjemahkan. Kalau tidak bilingual, harus diterjemahkan. Skrg kalau kamu yakin YTB bilang begitu, ya sudah ikuti apa kata mereka.

      • Yubj says:

        Nah masalahnya nilai yg ads di ijazah untuk tahun 2015 hanya nilai yg ada dibrlakang ijazah. Masak saya upload di diploma ijazah, di transkip juga ijazah ya kak?

        • Asma Hanifah says:

          Pertanyaan kamu ngaa kelar-kelar soal ijazah ya -_-. Tanya guru di sekolah deh.

          • Admin Sultan says:

            Hahaha,, 😀

          • yubi says:

            Yah, admin maklum lah, daripada salah. Temennya admin cantik yg daftar tahun lalu gimana? Kan ijazahnya sama 2015 kayak aku. Hehehe…
            Mau submit nih, tapi masih ragu

          • Asma Hanifah says:

            Masalahnya teh kita udah ngejelasin berkali kali kamunya masih belum dapet poinnya

          • yubi says:

            Gini deh, yg Transkip di isi apa buat lulusan 2015 ? 🙂
            Belakang ijazah (ada rata2 raport) atau transkip smter.
            Tapi kalo pake belakang ijazah jadi sama kyk yg ada bagian Diploma.
            Terima kasih admin cantik dan ganteng dan baik dab tidak sonbong 😀

          • Asma Hanifah says:

            Allahım. İya itu udah aku jelasin berulang ya. Terserah kamu mau bkin trankrip 1-5 atau 1-6 semster. Kalau mau bkin 1-6 semster, yang semster 6nya diisi dari SKHU.
            Kan namanya transkrip: rangkuman dari rapor untuk melihat riwayat nilai kamu.

  174. Annisa says:

    Admin yang manis dan pinter mohon info lebij lanjut tentang dokumen dokumen dalam pendaftaran s2 langkah2 nya gmana? Ada bookletnya gak atau tata cara tapi yang khusus program master. Trima kasih

    • Admin Sultan says:

      Annisa yg manis, pintar, dan rajin membaca. Di web ini sudah kami bocorkan semuanya. Semuanya. So, utak-atik sedikit ya, kamu akan menemukannya insyaaallah..

  175. Muhammad Alzaid Ponka says:

    Permisi min, maaf saya kan sudah translate ijazah dan transkip lewat sword translator itu nanti apa saya harus minta tanda tangan lagi ke kepala sekolah buat tanda tangan terjemahan tersebut ?

  176. April says:

    Kak, saya sudah submit dan entry semua data yang dibutuhkan tapi semua beasiswanya “Not suitable”. Saya rasa karena background pendidikan saya dari Gizi, saya search di daftar beasiswa Nutrition and dietetics memang tidak ada beasiswanya. Tapi saya mau lanjutnya bukan di Gizi melainkan di Food Engineer. masih berhubungan dengan jurusan saya. Bagaimana ya kak solusinya? saya sudah leaving message juga di webnya tapi belum dibalas. Thanks buat informasinya kak 🙂

    • Asma Hanifah says:

      Berarti mungkin memang jurusan kamu belum termasuk ke dalam list jurusan yang ada beasiswanya. Karena saya juga belum pernah dengar ada YTB Awardee yang kuliah jurusan itu. Kalau kamu check di studyinturkey.gov.tr dan memang ngga ada, brrti harus pilh jurusan lain yang at least closely related ke jurusan kamu itu atau passion dan minat kamu yang lain kalau masih pngn daftar beasiswa ini.

  177. Tachi says:

    Asslamualaikum 🙂 saya baru sadar deh kalau LOI yang sekarang 250 karakter… saya sudah buat 1000 karakter karena tahun2 sebelumnya juga segitu, kan? xD kalau hobby juga 250 karakter, ya?

  178. muhammad zulfikar says:

    Assalamu’alaikum mbak, ketika saya mengisi aplikasi1
    aplikasi saya pilihan beasiswanya tidak tersedia seperti di vidio ini https://www.youtube.com/watch?v=cJ4WXsqiLvY pada menit 17:57
    mohon pencerahannya

  179. Assalamu’alaikum mbak. Tahapan sleksinya apa aja? Mksudnya yg di tes apa aja untuk program S1? Bagusnya ambil universitas dan prodi apa? Pendaftarannya dibuka mulai kapan untuk yg lulusan 2016? Mohon balasannya. Terimakasih

    • Asma Hanifah says:

      Wa’alaikumsalam warohmatullah
      1. Apply – interview – pengumuman hasil akhir (lulus/tidak)
      2. Ask yourself :). Let studyinturkey.gov.tr and Google help you
      3. Untuk tahun ini, sudah buka sejak tanggal 29 Februari-31 Maret. Kelas 12 bisa tetap bisa mendaftar walau belum dpt ijazah

      • mbak yg caem,.maw naxa nech,kan q uda slesei proses pndftranq untuk jenjang s3 truss kpan pgumumanx n apa sj yg perlu sy persiapkn selanjutx,,lok blh taw brpa sechh yg uda dftr untuk s3 n brpa yg akan di terima,tlg dong mbk bantu aq gmna carax biar lulus soalx a mimpi bget bs ngedapetin beasiswa turki ini smnjak 2 thn yg lalu krna jujur untuk sekolah dr sd hingga s1 aq masih bisa di biayain ortu tp ketika s2 aq biaya sndri hampir 50 jt aq habiskan dgn biaya sndri ,mtor aq jual trus gaji honorer jd guru aq tabung gk berani aq pke walaw kadag aq sering puasa untuk ngirit biaya bahkan sampai aq ngutang hee… tp krna smgat n kemauanq aq brjuang trus n alhmdulillah bs wisuda s2 n skrg aq pgennn skl bs dpet beasiswa ini krna aq tk mampu lg dgn biaya heee krna memax ini cita2q untuk bs suksess dlm pndidikan aq ingin mnjdi seorang professor hee..sampai aq gk berani nikah ne dmi perjuangan tuk dpet beasiswa turki ini dulu..maaf kpanjagan..

        • Asma Hanifah says:

          Cukup tunggu aja pengumumannya. Sekitar satu bulan setelah deadline apply (31 Maret)
          Kita disini cuma mahasiswa yang bantuin kalian dgn jawab pertanyaan, Mas. We know nothing about berapa yang udah daftar atau berapa yang akan keterima. Setiap tahun, kuota untuk masing-masing negara juga berubah.
          Semoga lancar, Mas. Kalau udah rejeki ga akan kemana 🙂

        • maksud saya,…. berapa jarak ataw jeda untuk pemanggilan setelah pengumuman lulus administrasi supaya sy bisa mempersiapkan segala sesuatunya….

          • Asma Hanifah says:

            Persiapan ke wawancara maksudnya? Sekitar 1 minggu

          • mbak,untuk surat rekomendasi dr 2 org professor kemudian untuk terjemahan dr pnterjemah tersumpah gimana,,apa akan di syaratkan untuk di bawa pas wawancara atw bgmna,apa2 sj yg akan d,bwa untuk wwancra????ow ya mbak asma uda brkeluarga atw blm,skdar taw aj n mksi sblmx/…

          • Asma Hanifah says:

            1. Surat rekomendasi langsung ditulis dalam bahasa Inggris
            2. Nanti YTB sendiri juga akan menginformasikan apa aja yang harus dibawa ketika wawancara di email undangan (bagi yang dapat)

          • min,..uda lelah banget nunggu pengumuman,kapan yachhh…. kalok seandainya lulus apa saja pertanyaan interviewx ntr n kapan truspengumuman lg setelah interview n ada harapan gak aq lulus,apa saja penilaianya sehingga bs lolos interview mbak,…

          • Asma Hanifah says:

            FYI, seperti yang udah serin kita sebut-sebut kalau hasil diumumkan kurang lebih satu bulan setelah deadline pendaftaran. Karena tahun ini pendaftaran tutup tanggal 3 April kmrin, perkiraan pengumuman keluar awal Mei. Hari ini baru tanggal 19 April yan berarti baru 16 hari setelah deadline. Baru segitu aja loh kamu udah bilang lelah. Pake ‘banget’ lagi. Gimana ngurusin yang nanti-nanti yang lebih lama dan ribet?
            Nanti akan kita terangkan di postingan berikutnya. Terima kasih.

          • hahaa…bukan nunggux yang lelah banget,tp hati ini yang perasaan berkecamuk antara dapet dengan tidak,maklum lok orang lagi merindukan sesuatu itu satu hari sj bs terasa bagaikan satu bulan,nachh begitulah analogi dari perasaan sy saat ini.,yachh kalok gak lulus maw apa lg,,aq sangat berharap banget bs lulus kalok gak lulus aq mahh mendingan mati aj krna mimpiq gak kesampaian jd gk da gunax lg bagiq untuk trusss bertahan,..

          • Asma Hanifah says:

            FYI lagi, jangan main-main sama omongan sendiri. Saya yakin kamu sendiri pasti takut kalau yang kamu omonin beneran kejadian: mati kalau ngga lulus. Sini deh saya kasih tahu, hidup = berjuang = gagal. Jadi hidup cuma untuk mereka yang mau berjuang dan berani gagal. Dapat beasiswa ini ngga gampang. Kalau saya boleh bilang, bukan untuk orang-orang dengan mental “kalo ga lulus mendingan mati aja”.
            Doa yang banyak, ya supaya Tuhan ga menganggap serius omongan kamu itu.

          • Aswrwb,.mbak sy blm dpet email,berarti sy gak lulus y,kpan emax pgumumanx,katax awal mei ,ni uda tgl 4 mei,.

          • Admin Sultan says:

            Dipanggil atau tidak pasti akan mendapatkan email. Jadi tenang saja, banyak berdoa semoga diberikan yang terbaik..

  180. metze says:

    kak, aku mau nanya banyak nih.
    1. Tentang transkrip nilai untuk diupload saya baca katanya ga perlu ke penerjemah tersumpah dulu. upload ijazah bahasa indonesia asli yang susah dilegalisasi aja. itu bener kak? upload pake yg bahasa indonesia aja?
    2. Apakah turki itu negara yang 100% islam? Soalnya aku chinese non muslim kak. Takutnya nanti kalo masuk, ada perbedaan gitu trus aku dibully 🙁
    3. Apakah GRE dan kawan kawan dipake saat daftar beasiswa S1?
    4. Apakah beasiswa YTB diperuntukkan calon mahasiswa yang muslim saja?
    5. Apakah masalah nama di KTP menjadi masalah jika berbeda sedikit dengan nama saat kita register turkiye burslari ini?
    terima kasih 🙂

    • Asma Hanifah says:

      1. Berkas apply memang ga harus pake jasa sword translator. Utk ijazah bisa kamu translate sendiri dan kemudian disahkan oleh sekolah
      2. Mayoritas memang Islam, tapi sama ky Indonesia, penganut agama lain juga banyak. So, dont be so worry about this 😉
      3. Ada beberapa kampus yang menjadikan GRE, SAT dkk sbg persyaratan. Kalau kamu punya, upload aja. Kalau ngga, ya ga usah dipaksa
      4. Beasiswa ini diperuntukkan untuk semua pelajar asing. Ngga peduli agama apapun
      5. Bisa jadi. Tapi ada juga yang ngga masalah ky saya sampai sekarang. Di KTP ndan ijazah SMA nama sya Asma Hanifah, mulai dari paspor, semua ditambah Ahmad sampai ke ressident permit tahun kedua saya disini.
      Tetap semangat!

      • Metze says:

        Soalnya aku baca sampe komen2 dibawah gaada yg sebangsa aku
        Aku takut dibedain
        Trus kak, masalah visanya kata temenku harua diurus dari sekarang ya? Bukannya nanti pas keterima masuk baru diurus pihak turki di jakarta?
        Soalnya passport ku udah hadi kak. Tinggal visanya di buat sekarang apa nggak?
        Makasih 🙂

    • Admin Sultan says:

      Eh engga dong, di sini banyak yg non muslim, dan ga ada bully membully. Di sini free, selama tidak bandel. Sama aja kayak di Indonesia. Turki itu 98% muslim. Tapi memangnya muslim itu tukang bully? Engga kan.

  181. salimi agusti says:

    kak kira kira pengumuman dan kelulusan panggilannya kapan yah ? setelah ditutup registrasi masih lama ga yah ?

  182. indri pratiwi putri says:

    Boleh tanya apa mimin tau universitas turki yg Nerima beasiswa tapi difakultas jurusan agama islam? Bagi info bisa kak:)

  183. Nadia says:

    kak untuk anak sma blm lulus itu sbnrnya yg dipake nilai rapor sm transkrip nilai apa salah satunya?

  184. zico says:

    kak, mohon infonya mengenai GRE, GMAT, SAT and ALES dmn sy bisa mendapatkan setifikatnya ya, krn ktnya klo hny toefl dr lembaga tdk qualifiet, apa bisa digantikan dengan sertifikat lainnya? sertifikat apa?

    • Asma Hanifah says:

      Untuk GRE, GMAT, SAT; dan ALES saya juga ga tau bisa tes dimana. Coba kamu cari tau sendiri ya. Anw ini butuh untuk apply YTB?
      Ini yang kamu omongin soal informasi bahasa ya? Kalau menurut sya, untuk apply YTB ga jadi masalah apakah lembaga yang mengeluarkan sertifikat itu diakui atau ngga, yang penting nilainya. Tapi mungkin akan jadi jauh lebih baik kalau lembaganya diakui. Lagian, hasil tes toefl optional kok 🙂

  185. Irsyad says:

    Hai min saya nongol lg…hwehehe
    di point no. 33 diatas disebutkan surat keterangan sehat. Kalau untuk yg taun skrg tu surat diperlukan gak min… soalnya pas saya liat di pdf tutorial apply yg mimin share dan video tutorial lain kok sepertinya gak ada. Kalau memang diperlukan, upload scan surat nya dibagian mana min? apa saya upload di bagian Certificate field aja ya min? soalnya kebetulan saya punya tu surat.

  186. faldi says:

    bukannya grade itu rata rata nilai izjazah ya min, soalnya kan ijazah yang tahun 2015 tidak mengandung nilai un(hanya nilai rata rata raport dan nilai ujian sekolah)? dan yang dibutuhkan dalam pendaftarannya juga dibutuhkannya serifikat ijazah dan transkripsi nilai ijazah.

  187. alif says:

    HALOHA KAKK !!! Makasaih sebelumnya dah dijawab. Tp hatiku mencair lagi kak. kak mau tanya di bagian social activites bagian project. Itu kan tentang project kak, nah brarti hrs upload project karya kita kak ? contoh sy bikin film. Brarti nanti sy upload file video film sy itu ke bagian project ? makasih kak….

  188. Yuliana Lyani says:

    لسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ semoga sehat selalu kakak kakak yang ada disana,selalu dalam lindungan Allah, Aamiin. kak mau nanya nih. tolong dijawab yaa.. semoga yang jawab dapet durian runtuh 😀
    1. Transkip nilai itu sama atau beda dengan raport?
    2. Nah saya kan tadi mau minta nilai transkip tapi dari pihak sekolah bilang transkip itu harus nunggu sampai kamu semester 6. nah sedangkan saya ini masih dalam proses menjalani semester 6 yang kurang 1 bulanan lagi, nah yang di apply ke form boleh kagak sampai semester 5?
    3 bagian Voluntary Activities wajib diisi ndak sih?

    • Yuliana Lyani says:

      kak kak, ini wajib diisi kah Academic Qualification
      saya kan rencananya mau ambil bahsa pengantar turki?
      terima kasih 🙂

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb.

      Allahım ya Rabbım, niye böyle gibi soruyorsunuz arkadaşlar her soru aynıdır.. hem soruları hem de cevapları tabiki aynı.. Allah.. Allah.. Sormadan önce lütfen bütün soruları ve cevapları okuyun daha. Tembellik yapmayın.
      Neyse anlamadınız değil mi.. 😀 😀

      Aamiin, makasih ya doanyaa,,

      1) Sama.
      2) Boleh.
      3) Tidak wajib, tapi lebih baik diisi.

      • Yuliana Lyani says:

        Sami sami… 😀 😀
        weleh weleh kula niki orang jawa ndak paham kale bahasane sampean 😀
        oh yaa kak bedanya Grade Type sama Grade dibagian High School Information itu bisa dikit dijelasin ndak?? 😀
        جزاك الله خيرا
        May Allah reward you with goodness.

        • Asma Hanifah says:

          Grade Type maksudnya tipe penilaian yang dipake sama sekolah. Entah itu pakai huruf (A-F) atau (10-100/1-10). Kalau misalnya rata-rata kamu 70,00, berarti grade type kamu 100. Trus untuk bagian gradenya diisi rata-rata kamu. Setahu saya sih begitu ya 🙂

          • faisal says:

            kak,ini pake nilai ijazah atau SKHUN?

          • Asma Hanifah says:

            Kalau kamu alumni 2016 yang belum punya ijazah/SKHUN dsb, cukup bkin transkrip 5 semster dan utk bagian Grade, diisi pakai rata-rata dari kelima semester tersebut.
            Kalau kamu alumni 2015 (tahun kemarin) dan mau menyertakan nilai UN, bkinnya jadi transkrip 6 semester. Dan di bagian diploma yang diupload adalah ijazah.
            Tapi ya seinget aku, ijazah aku kmren dibelakangnya ada nilai-nilai. Mungkin beda sih.

            Udah ya jelas? Ini mimin lagi ujian sebenernya jadi semoga kalian bisa tetap mandiri utk cari tahu sendiri lewat panduan pengisian form di wesbite atau sumber lain. Kami harap kalian mengerti 🙂

          • jia says:

            kak ngisi grade nya berdasarkan nilai rata-rata UN apa nilai rata-rata yg ada di Ijazah? makasih

          • Asma Hanifah says:

            Ngga yakin 100% tapi menurut saya nilai yang ada di ijazah

  189. Tya says:

    Mimin-mimin yang baik hati dan rajin menabung, saya mau tanya lagi nih. Sertifikat-sertifikat penghargaan harus dalam bahasa inggris juga ya?

  190. M. Gibran says:

    Assalamualakum. Sya sudah buat akun terus Daftar akun ,setelah itu dapat jawaban email untuk aktifkan, jadi saya klik Aktifkan di email lalu muncul Anasyifa lalu klik lagi, lalu muncul untuk isi email dan passworf lalu klik Login, tapi selalu muncul kalimat kurang lebih artinya”ada kesalahan pada email atau password” saya berulang-ulang isi login itu tetapi selalu muncul kalimat adakesalahan, bagaimana cara mencari kesalahannya, Mohon minta prosedurnya ,mungkin saya ada kesalahan , Wass.

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb. Kamu bertaubat kepada Allah SWT, Allah Maha Pengasih dan Penghapus kesalahan ;P

      Itu berarti ada kesalahan dalam mengisi password, bukan alamat email. Coba pastikan password yg kamu ketik sudah benar..

  191. Gichan says:

    Asslamualaikum 🙂 mau tanya, kak. Kalau blm ada ijazah kan bisa pake certificate of student status. Tapi aku udah terlanjur bikin surat keterangan dari sekolah tapi ga ada judul certificate of student status. Isinya sih kurang lebih sama, memberi tahu bahwa saya siswa tingkat akhir yang akan segera lulus di bulan Juni dll. Kira2 yg seperti ini jadi pertimbangan ga ya?

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb. Kan isinya sama aja kan? Kamu namain aja filenya. Selama isinya jelas, gapap kok. Tapi kalau bisa sih dapetin yg baru agar jelas judul keterangannya.

  192. Alif says:

    Kakak makasih banget infonya yg kece badai menghangatkanku hingga ke lubuk hati. Tp sayangnya hatiku mencair lagi kak waktu mengisi data. Sehabis login sy mengisi di bag education, ada kolom yg pilihannya “continue” dan “graduate” . nah kalo dipilih continue nggak usah ngupload certificate of student status tp kalo milih graduate bisa upload. Nah kak, aku kan blm lulus sma nih, milih yg mana?

    • Admin Sultan says:

      Kalau kamu masih belajar, pilih yang continue dong. Nanti surat keterangan diupload pengganti ijasahnya..

    • alif says:

      iya kak Asma. Kalo dipilih continue, kolom diploma nya enggak ada. Tapi kalo dipilih graduate, baru muncul diploma nya. Nah yang bener gimana kak? kalo kita pilih continue, berarti surat ket lulus enggak jadi kepake cuman transkrip nilai. Tp yg bener gimana ya?

      • Asma Hanifah says:

        Di form aplikasi yang saya sengaja buat tahun ini, ngga ada yan begituan. Righ after saya klik Education Information, langsung kelihatan bagian diploma sama transkripnya. Dan bagian atas belum saya apa apain. Jd maaf saya ngga tau masalahnya dimana

  193. Nisa says:

    Assalamualaikum. Kak kalau ada persyaratan TOEFL, ini harus pakai TOEFL ITP? Atau boleh pakai ELPT? Kalau pakai ELPT kira-kira dianggap butiran debu nggak ya, kak? 🙁

    Bulan ini kuota ITP di semua universitas di kotaku udah penuh. Dan baru bisa ikut bulan depan. Yang SAT juga gitu, sertifikatnya baru keluar bulan depan. Masih ada harapan nggak ya:(

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb. No, harus IBT atau CBT yang diakui oleh international alias ETS. Kalau ITP kan institutional, apalagi ELPT yang hanya prediksi. Kalau saking ga punyanya ETS atau bahkan ITP, upload aja ELPT. Yang penting udah berusaha lengkapi dokumen haha.. Yah, kalau ga sempet upload yg ada aja. Kalau masih bisa dikejar, ya kejar yang terbaik..

  194. Arif Siswanto says:

    Asalamualakum, Min saya mau tanya. Beberapa universitas yang saya minati harus menyertakan GMAT, ALES dan GRE. Kata mimin di postingan atas, saat pengisian aplikasi berkas tersebut tidak dibutuhkan, jadi aku kosongi aja ya min di aplikasi online nya?

    Ada informasi gak min kalau mau ikut tes tersebut di Jakarta?

    Terima kasih Min.

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb, heh? siapa yg bilang ga dibutuhin??? Kalau kampus yg butuh, sudah pasti harus disertakan, ga mungkin bs lolos kalau itu tidak ada. Atau kalaupun diterima beasiswanya, masih ada kesempatan utk melengkapi sampai daftar ulang. Tapi yg spt ini sangat kecil peluangnya. Kan di keterangan YTB sudah diberikan bbrp kampus atau jurusan butuh persyaratan itu.

      Kalau buat testnya, ada di Jakarta, tapi kurang paham gimana gimananya 😉

  195. Almaa Trilili says:

    assalamualaikum min…. aku mau reviewlagi dari sekian banyak pertanyaan dan jawaban
    jadi…. bagi kita2 yg mau daftar S1 yangharus dipersiapkan transkrip nilai, ijasah/ SKHU jika sudah keluar, jika belum menggunakan surat keterangan kelulusan/certificate student status (semua di terjemahkan ke inggris or turki). KTP,paspor (kalau gk ada, KTP aja gpp kan min?) sertifikat. Itu aja ya kan min???? kalo gak punya TOEFL gpp kan?

    bener gak min berkas2nya itu aja? thanks min, semoga mimin mau membalasnya dengan lapang dada 😀

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb. Betul. Terjemahkan ke Inggris. KTP bisa. Ga ada toefl gapapa.

      Lapang kok, lapaang,, *asah piso

      • Almaa Trilili says:

        min, kalo websitenya di klik2 trs gada respon, itu berarti servernya penuh?? berarti lagi banyak yang ngisi dong
        kira2 sampai kapan begini min? haruskah aku tengah malam mengisi data2nya min?? :”

        • Admin Sultan says:

          Kalau ga ada respon, kamu sabar aja, cinta kadang butuh kesabaran. Mimin aja bertahun-tahun ga ada jawaban tetap setia untuk mencoba. Apalagi perempuan, hatinya susah untuk ditaklukkan.. *Lho* Haha..

          Iya, biasanya servernya busy alias traffic karena yg akses kan banyak banget. Ga ada waktu khusus sebenarnya, karena kalau kamu online malam pun, di dunia lain kan mrk siang, traffic juga. Jadi terus coba aja, masih 3 minggu kok.

          Sampai kapan begitu? Sabar ya, kamu harus menjaga perasaan agar tetap setia..

  196. fauzik says:

    Miiin..uji datang lagi 🙂

    gini Min, pas mau apply, Uji udah ganti bahasa ny ke bhs inggris, semua informasi juga udah dlm bhs ingris di Site nya, tp pas ngisi aplikasinya kok bahasa turki lagi ya? kan jd bingung min. dikit dikit sih ngerti bahasa turki nya tp klo semuanya pke bhs Turki enggak sanggup Minnn… ampun deh

  197. Irsyad says:

    Hai mimin kece… maaf nih nanya lg. Bingung sayah…
    ternyata untuk apply S2 perlu upload ijazah dan transkrip SMA jg ya… Nah mslahnya adlh untuk transkrip nya itu hny berisi nilai ujian tulis & praktek dan jumlah nilai smua mapel. Trus saya ngisi nilainya gmn min? Apa boleh saya ngitung sndiri rata2 dg grade 100 (misal 75/100)….??

    • Admin Sultan says:

      Hai. Kalau untuk isian nilai pakai SKHUN, tapi kalau transkrip biarkan saja ga perlu dirata-rata.

      • fauzik says:

        beneran apply utk S2 pke ijazah SMA jg? oh My…
        enggak cukup tuh nilai nya klo 75% nya 🙁 🙁

        • Admin Sultan says:

          Iya. Coba tetap apply aja, barangkali yg dilihat hanya transkrip terakhir. Tidak ada salahnya tetap mencoba..

          • Tya says:

            Min, beneran pake ijazah SMA juga kalo untuk S2? Bukannya cuma pakai dokumen2 di S1 aja ya min?
            Mohon pencerahan ya min, gelap banget nih min, abisnya baru selesai gerhana matahari hehe

          • Admin Sultan says:

            Iya 2 thn sebelumnya riwayat studi spt apa itu yg dilihat. Tapi yg paling utama utk penilaian dan keliniearan jurusan mrk melihat dokumen s1 saja..

            Ini tiap hari gerhana di hati mimin,,

      • Irsyad says:

        Nah nilai SKHUN kan cuma tertera total nilai 6 mapel UN (Grade 60)…. nah gmn tuh min, apa aku bikin grade 10 aja aku itung ndiri rata2nya.? soalnya grade nya yg ada 4,5,10,20,100,A-F
        Thanks loh minn…

  198. Keepro says:

    Assalamualaikum. Saya punya beberapa pertanyaan nih min:

    1). Pendaftaran utk beasiswa turki sudah dibuka dari akhir februari kemarin hingga 31 maret. Pendaftaran itu untuk jenjang S1 atau S2 dan S3?
    2). Ada contoh transkrip nilai gak min? (Saya Masih SMA)
    3). Nah, Kalau seandainya Pendaftaran yg dibuka bulan ini utk s1, s2 dan s3, saya belum punya ijazah nih min, gimana saya mau lampirin nilai UN?

    Terimakasih.

    • Asma Hanifah says:

      Wa’alaikumsalam warohmatullah.
      1. Pendataran dibuka untuk semua jenjang tersebut
      2. Visit ashanifah.wordpress.com > Turkiye Bursları (About Application and FAQ)
      3. -sama dengan atas-

      Terima kasih kembali~

    • Keepro says:

      Kalau transkripnya diganti sama rapor boleh gk min? Jadi yg dilampirin nilai rapor sem. 1-5 dlm format PDF?

      • Admin Sultan says:

        Yg diminta kan transkrip,mkalau utk S1 sudah pasti pakai rapor, kan rapor sm transkrip sama aja. Iya lebih baik format pdf

  199. Nicak says:

    Assalamualaikum. Makasih banyak kak atas segala info serta pengorbanan waktu kakak dalam menjawab pertanyaan kami dengan ikhlas dan sepenuh hati (cielah). Tapi beneran loh, makasih banget, this task is not easy as we know how Indoesians are. Nemu page ini berasa dapet martabak manis pas tengah malem di kala laper. Bermanfaat sekali, aku baca dari ujung sampe ujung, stalking 3 hari ga selesai.

    Btw, di Turki sendiri ada sejenis organisasi/perkumpulan buat mahasiswa Indonesia, nggak, Kak? Aku pingin dong ntar kalo udah di sana, mau gabung jadi temennya kakak dan bantuin temen-temen yg lain. (Pede bgt si tp gpp anggep aja doa, aamiin.)

    Anw kak, Turki kan udah ngeluarin banyak duit nih buat para penerima beasiswa yang tiap tahun jumlahnya tumpeh-tumpeh. Menurut kakak, kenapa ya Turki mau bayarin kita? Kira-kira tujuan mereka ngasih kita beasiswa ini untuk apa? Mereka mengharapkan apa dari kita?

    • Asma Hanifah says:

      Wa’alaikum salaaam warohmatullaah. Alhamdulillah ada lagi yang nyempetin waktu ngestalk kita. Tanpa ada yang kelewat ya? haha
      Disini kita punya PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia). Ada PPI Turki, ada juga PPI di tiap wilayah atau kota di Turki misalnya Istanbul. Nih aku masih gabung jadi pengurus PPI nih. Mimin Sultan juga tahun sebelumnya udah jadi Majelis Permusyawaratan Anggotanya PPI Istanbul. Asik banget. Tapi memang harus pinter pinter bagi waktu buat belajar, sama jadi pengurus yng profesional *kibas hijab*

      Semakin banyak yang dateng = semakin banyak yang belajar Turkish + semakin banyak yang tau baik soal Turki + semakin bnyak yg share foto Turki di medsos = makin banyak yang tahu Turkish, dan turis yang ke Turki juga makin banyak. Karena yang ngepromoin secara ga langsung kan bejibun gitu.

    • Admin Sultan says:

      Asik kan mimin miminahnya? Doain smg kami juga lancar kuliahnya hehe..

      Kalau dalam ilmu Hubungan Internasional, ada yang namanya Soft Power. Nah, dalam hal ini, ketika suatu negara memberikan beasiswa kepada pelajar dari negara lain, sebenarnya Turki sedang meningkatkan kapasitas Soft Powernya. Tujuannya untuk apa? Untuk mendapatkan “power” dalam arena global. Nah, melalui beasiswa Turki akan memasuki arena global yang lebih baik. Begitu kurang lebih.. 🙂

  200. aswrb..maw nanya min,sy skrg sedang isi letter of intens tp blm selesai,kira2 masih byak lagi yg harus di jawab seperti ini supaya sy persiapkan semuanya,n satu lagi min,. untuk universitas ibnu khaldun jurusan mamagement it dimana n byak yg uda daftar gak untuk s3..sebenarx sy ingin tau lebih tentang universitas yg ada dgan jurusan2x n dimna kotax supaya sy bs ambil pilihan yang tepat,bagaimana ini,,sudah terlanjur ambil univ.ibnu khaldun jurusan management tp sy tdk tau seperti apa universitasx n ada di kota mana it,..

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb. Selama belum disubmit, masih bisa diubah semuanya, masih bisa direview. Kalau masih isi LoI, berarti belum selesai toh. Universitas Ibnu Khaldun itu adanya di Bogoooor kaak haha.. maksudnya beasiswa jurusan sosial YTB itu, nama programnya “Ibnu Khaldun”. Kan ada di list pilihan sewaktu milh kampus dan jurusan? Begini, coba pilih kampus apa dan jurusan apa, lalu cek di gugel dia ada di kota mana. Simple. Atau coba masuk ke web study in Turkey, disitu juga bisa tahu.

      Kalau udah banyak yg daftar atau tidak, secara kami bukan panitianya, jadi ga tau :p

      Kok terlanjur sih? Tadi katanya masih isi LoI??? 😀

  201. Tachi says:

    Assalamualaikum. Saya mau tanya. Semua yang ke sini pasti ingin cari tahu mengenai beasiswa Turki, kan? Pasti banyak dari kalian yang menginginkan beasiswa ini atau bahkan sudah submit. Pasti ga mudah kan minta ini itu ke sekolah, mencari guru sana sini untuk melengkapi dokumen. Bagaimana dengan orang tua kalian? Mereka setuju? Pernah ga sih kalian dapet pertanyaan tentang bagaimana nanti kalian di sana? Kalian pikir panjang atau engga? Lalu mengingat sekarang banyak organisasi-organisasi ‘yang seperti itu’. Pernah kalian dapet pertanyaan semacem ini?

    Lalu untuk kalian kakak-kakak yang sudah lebih dulu berada di sana. Kondisi Turki yang sebenarnya di sana seperti apa? Apa organisasi-organisasi yang sedang hangat dibicarakan itu dengan bebas masuk ke sana dan kalau kita tidak berhati-hati bisa ikut ke dalamnya? Boleh kalian berbagi pengalamannya jika pernah menemui yang seperti ini? Bagaimana mengatasi dan menyikapinya? Atau paling tidak memberitahu kondisi yang sebenarnya di Turki. Maaf jika pertanyaan saya terlalu panjang. Terima kasih 🙂

    • Asma Hanifah says:

      Wa’alaikumsalam. Kalau aku pribadi, sampai sekarang, walaupun udah beberapa kali ada kasus teror di Turki sini, aku masih ngerasa aman aja. Pemerintah sini juga bukannya ngebiarin situasi macam ini. Kampusku tiap hari ada polisi satu bus di tiap titik. Memang mau dimanapun kita kan emang harus hati-hati. Even di Indonesia sendiri. Bukannya di Indonesia juga ada banyak organisasi “macam itu?” tinggal gimana kita jaga diri dan pergaulan aja sih. Nah kalau soal bom gitu yang kita serahin sepenuhnya ke Allah. Tapi balik lagi, ajal kita bukan cuma dijemput pake bom toh? I mean kemungkinan meninggal itu selalu ada bahkan di kamar kita sendiri.

      Kalau mau cerita, sebelum berangkat juga orang tua dan keluarga besar sempat ragu, “anak gadis ngapain sekolahnya jauh banget? di dalam negeri aja biar gampang diliat, biar kita gampang tau keadaanya” kata mereka waktu itu kira-kira. Trus akhirnya temen baiknya ayah bilang “kalau anak punya kemampuan, kenapa engga?”. Dan izin itu pun turun. Sampe skrng jg mereka selalu nanyain aku kemana, sama siapa, ngapain, balik jam berapa, dll.

      Over all, aku setuju kok kalau orang tua pasti khawatir sama keadaan kita ketika kitanya jauh ribuan mil gini. Karena itu mereka harus sering diyakinin sma keadaan kita, selalu update kabar sehari sekali lah, ditambah kita kasih nomor temen baik kita ke mereka bia mereka masih bs tanya-tanya pas kitanya lg ngga bisa kabar krna internet asrama mati dan ngga ada pulsa misalnya. Jadi ya gitu. Kalau mau ngmongin takut sih, semua orang pasti takut. Mending di rumah aja, makan enak tiap hari, ga harus mikirin tumpukan matkul bahasa Turki yang menggoda. Tapi ya emang sukses mau dateng sendiri? 🙂

      Maaf ya jawabannya jadi panjang. Terima kasih kembali

      • Tachi says:

        Yeah aku setuju banget sama Kakak! Ada kesempatan kenapa ga dicoba? Ga usah jauh-jauh ke Turki dan mikir kalau di sana ga aman. Australia aja beranggapan Indonesia lagi ga aman, padahal kita warga di sini ngerasa biasa-biasa aja, kok. Ya wajar sih kalau orang tua maupun guru khawatir. Yang dokter aja bisa ke-doktrin. Tapi aku yakin semua balik lagi ke kita dan hubungan kita sama Allah. Dia yang punya kuasa jadi kita harusnya banyak2 minta perlindungan kan sama Dia?

        Terima kasih banyak, ya 😀

    • Admin Sultan says:

      Bagus nih pertanyaannya, nambahin juga ya jawaban dari kak Asma.

      Jadi lebih dari sebulan lalu mimin sudah dapat pertanyaan serupa, bunyinya begini:

      Assalamualaikum.wr.wb
      Hai min!
      Nama saya XXX. Saya tertarik mendaftar beasiswa YTB dikarenakan Turki salah satu negara islam tetapi liberal yang menurut saya menarik sekali. Saya sedang mendiskusikan tentang beasiswa ini dengan orang tua saya sejak bulan Desember lalu.

      And my parents really worried about me and don’t want me to register to this scholarship. They don’t want me to register to this scholarship and their arguments are that somehow I getting brainwashed by ISIS and another “Islamic” extremists. They also said that Turkey is not really safe place to live and study.

      Min, i just wanted to ask you a few questions. Here there are :
      1. How’s daily life in Turkey?
      2. Is Turkey a really good place to live and study?
      3. And from what you hear, see or from what you read on the news, can you spot a movement from the extremists or there’s nothing to really worried about?

      That’s all I want to ask, Min. Please answer my questions as soon as possible, Min. Mille mois merci.

      Nah, mimin sih jawabnya simple kayak gini:

      Waalaikumsalam wr wb.

      Hai Zulian, what’s up!

      Well, Turkey isn’t an Islamic country nor liberal. She’s a muslim country with Ottoman legacies. For that reason, Turkey is quite same with Indonesia. Actually not liberal, but let’s say secular.

      First, ISIS bandits are not living in Turkey. They live outside Turkish borders far away from cities. Here, you can’t see extremism like in (we can say) Indonesia. I have no idea where your parent got that issue, but I tell you now: it’s totally wrong! The second, Not safe to live and to study? Hmm, I don’t think so. Each year almost 5000 new foreign students come to Turkey. And it’s growing.

      And for your questions:
      1. Cool. Eating döner, going to big mall and watching movies, taking selfies in front of Aya Sofia and Blue Mosque or having barbeque in Bhosporous.
      2. Come and see yourself, you’ll see the truth.
      3. Nothing to be worried.

      Okay, XXX. That’s all.

      Semoga menjawab kegelisahan kamu juga yaa.. 🙂

  202. Fajarwahyu says:

    assalamualaikum min, saya mau nanya min, ijaazah sd dan smp pengaruh gak min kalo dilampirkan selain ijazah sma ? terus klo di lanpirinnya dlm bentuk JPG, alis poto bisa nggk ?? soalnya ga ada scan nih haha

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb. Ga ngaruh, karena tidak diminta. Kalau dimasukin juga ga akan diapprove, malah bisa jadi tidak diperhitungkan. Format JPG bisa, asal jangan lebih dari besar file yg telah ditentukan dalam aplikasi formulir. Lebih baik malah bentuk PDF..

  203. Tya says:

    Merhaba mimin kece, saya mau tanya nih seputar surat rekomendasi sama transkrip nilai.
    1. surat rekomendasinya pakai format sendiri ya min?
    2. saya sekarang mahasiswa semester 8, tapi saya bulan 6 nanti selesai, saya tetap bisa ikut kan min? saya bisa kan ngajukan surat keterangan semester akhir? terus transkrip nilainya yangsampe semester 7 aja ya min?
    makasih ya min sebelumnya

    • Admin Sultan says:

      Jelas mimin dan miminah kece semua :p

      1) Iya, rekomendasi biasanya kita buat sendiri lalu yg ttd tinggal isi aja. Tentu pakai kop surat yg resmi dari lembaga pemberi ttd tangan ya. Bisa juga jurusan tsb sudah pny format sendiri, jadi kita tinggal minta ke sekretaris jurusan.
      2) Bisa, asal disertakan surat keterangan akan lulus pada bulan tersebut. dan transkrip yg digunakan sampai semester terakhir.

      • Tya says:

        Min, saya kan ada setifikat karya tulis tingkat nasional, tapi yang aslinya lagi gak nampak pulak lah dimana, kebetulan waktu saya urus beasiswa PPA ada saya ftocopy min sertifikatnya, jadi masih ada pertinggalnya sama saya. Nah, jadi bisa gak min fotocopiannya itu saya buatkan surat keterangan dari kampus bahwasanya saya fotocopian itu benar atas nama saya, jadi kampus mengeluarkan surat keterangan sm pernah mengikuti lomba krya tulia nasional min. Bisa gak min kalo gitu? Kalo bisa, berarti nanti surat keterangannya saya scan juga ya min?

        • Admin Sultan says:

          Kalau bs pakai yg asli itu lebih bagus, kalau tidak fotokopi jg gpp..

          • Tya says:

            Kampus saya bersedia untuk membuat surat keterangan bahwa fotocopy sertifikat itu tnpa pemalsuan min, itu kira2 perlu gak min saya upload juga surat keterangannya?
            Terus min masalah toefl, itu sertifikatnya yang di upload sertifikat yg internasional atau kita bisa juga upload sertifikat biasa aja kayak dari pusat bahasa kampus? saya rencananya ingin mengambil kelas yang pke bahasa turki atau 30% turkish min.
            Teruskan min, masalah surat keterangan akan lulus itu bisa gak kalau digantikan surat keterangan semester akhir aja?
            Dan yang terakhir nih min, di form aplikasi itu jurusan hukum cuma 3 min tertulis, sedangkan saya hanya ingin mngmbil hukum saja, itu berarti saya hanya ambil 3 pilihan dari 12 pilihan yang disediakan ya min?

            Maaf ya min agak bawel heheh
            Makasih sebelumnya mimin kece

          • Admin Sultan says:

            Hmm, menurut mimin ga perlu, tp kalau mau upload ya gpp. Ya hrs yg internasional, tp kalau dr pusat bahasa dpt nilai tinggi utk itp ya, bukan prediction, gpp masukin aja kl ga sempet tes toefl dulu. Sama aja yg penting surat menyatakan bahwa per tanggal 1 Agustus 2016 sudah lulus. Isi aja semua pilihannya, tapi tempatkan yg utama di urutan awal. Jaga-jaga kuota pilihan 3 kampus awal penuh, barangkali bs dpt yg lain. Kalau ga mau, tinggal lepas saja hehe

  204. ~ Turkiye Burslari Scholarship 2016-2017 Bachelor Application’s Guide ~
    ~ Buku Panduan Pendaftaran S1 Beasiswa Turkiye Burslari 2016-2017 ~

    Silahkan di download di Link Berikut :
    http://www.mediafire.com/download/cqvddja6fxfem6a/Panduan_Pendaftaran_Beasiswa_Turkiye_Burslari_Tahun_Ajaran_2016-2017.pdf

    atau di sini https://drive.google.com/file/d/0BxhVod7JwKC4Ynl2c1pESjgyemM/view?usp=sharing

    Bantu share juga ke teman teman lainnya

  205. flafla says:

    dokumen yang perlu diterjemahkan ke inggris itu harus pake penerjemah sah?

    • Asma Hanifah says:

      Untuk application, boleh diterjemahin sendiri. Misalnya transkrip nilai, kalo sekolah ga mengeluarkan buat kita, kita tinggal minta nilainya sama sekolah dan bkin sendiri pakai word di rumah. Di bagian atas trankripnya dikasih kop sekolah, trus minta ttd sma kepsek dan dicap. Tapi utamakan jujur yaa 😀

      • Rizqi Uqi Ppma says:

        assalamualaikum, kak kalau raport smst 1-2 dan 3-5 beda bagaimana transcriptnya karena penjurusan baru ada di smst 3-5 dan saya jurusan agama jadi fisika,biologi dll ganti jadi tafsir,dll itu bgaimana kak formatnya ,apakah nilai praktek juga di masukkan? terimakasih

        • Asma Hanifah says:

          Tapi kamu dihitungnya jurusan IPA kan?. Menurut aku, kalau pelajarannya masih ada yang sama gitu, ga usah bedain transkripnya. Jadi semua pelajaran dari sem 1-5 kamu tulis, trus tingal kalau misalnya satu pelajaran ga ada di sem 3, kolomny dikosongin aja. Ngerti ga maksudku? enaknya dijelasin langsung sih.
          Atau mungkin kalau emang pelajarannya totally beda, dipisahin aja tabel smtr 1-2 sm 3-5nya.
          Dimasukin aja

    • fauzik says:

      assalam min…
      terimaksih sebelumnya, informasinya sangat bermanfaat, saya baca semua sampe ke bawah2… hampir keluar nih biji mata 🙂

      saya mau ambil S2 jurusan akuntansi nih Min, tapi saya maunya kelas yg berbahasa Turki aja, walaupun kemampuan bahasa turki saya NOL besar, kan nanti ada tomer, nah pas daftar nanti perlu apload sertifikat toefl jg gak?
      kalo univ yg di samsun banyak peminatnya gak min? ondokuz mayis susah gak kalo masuk sana? termimakasih 🙂

      • Asma Hanifah says:

        Wa’alaikumsalam. Waah selamat yaa kamu bukan tipe Indonesia kebanyakan hehe (if you know what I mean). Jadi gini, TOEFL lebih bagus dilampirkan kalau jurusan yang kita pilih berbahasa Inggris. Nah kalau yang kita pilih bhs Turki, kalau ga punya, ga dilampirkan jg gapapa. Kalau emang udah punya dan masih berlaku, mungkin itu bisa jadi nilai plus. Tapi lagi, “hasil tes TOEFL itu optional”
        Kalau dibandingin sama Istanbul, Ankara, Izmir, mungkin lebih sedikit ya. Tapi admin disini ga tau banyak soal itu. Insyallah ada peluangnya kok. Semangaatt!

        • fauzik says:

          yippie.. Semangat 🙂

          tanya lagi nih mbak.. boleh yaaa.. Mmmuach mbak nya baik deh 🙂

          katanya kalo kita diterima (Ci illlleehh pede bgt..) biaya bulan pertama kita yang tanggung, kira kira berapa ya budget nya?

          baca dari blog sebelah katanya kita yg mahasiswa asing GAK bole kerja part time, nanti kalo ketahuan bisa bahaya! busyet dah nakutin bgt ya, bener gak tuh mbak?

          Tesekkur ederim Mbak 🙂

          • Asma Hanifah says:

            Boleh dong boleh, berasa jadi artis kalo ditanya terus tuh B) (krik)
            Bulan pertama emang kita yg tanggung, beasiswa baru dikasih di bulan kedua. Biaya penting untuk bulan pertama diantaranya adalah untuk transportasi, beli simcard, sama ressident permit. bawa 500 dollar udah cukup kok. Unless you orangnya ga bisa liat barang yg bagus dikit.
            Mungkin bisa, tapi harus punya kinda izin kerja gitu setau saya. Tapi untuk YTB Awardee emng ga dibolehin, biar fokus belajar dan cepet lulus lah 😉

          • Admin Sultan says:

            Mimin lain bantu jawab,, 😉 denger-denger yg skrg udah boleh, tapi waktunya dibatasi. Lagian, belajar di turki itu udah repot, jangan ditambah repot sm part time, ga akan ada waktu. Fokus belajar itu lbh baik,, 😉

      • Admin Sultan says:

        Mimin bacanya ngakak hahaha.. (((sampa hampir keluar biji mata))) 😀

        • fauzik says:

          ya kalo pertanyaan nya sama dg yang sudah2, takutnya Mimin gak mau jawab, dicuekin gitu aja, cus cus dilewatin, Sakit loh Min, Remuk redam hati ku, teriris 🙁 🙁 🙁

          • Admin Sultan says:

            Enak aja, ga ada satu pun,, (((((satu pun)))) pertanyaan yg admin lewatkan,, kami kan sayang kalian,, #eakkk

  206. hallo ka maaf nanya mulu kalo lupa nerjemahin ke bahasa turkinya gmna yahhh ? udah kelanjur dikirim dan submit

  207. ahaiyah says:

    nanyak lg gan.. ane bingung nih,, kan ane S1 Sospol,, nah S2 nya mw ngambil Ilahiyat… sdh sy siapkan alasannya knp ngambil jurusan brbeda,, eh malah gk bisa ambil,, tulisannya “not suitable” gk cocok. nah loh nah loh nah loh

    • Admin Sultan says:

      Nanya mulu gan, cendolnya mana :p Harusnya sih bisa gan, karena pengalaman ada yg bisa. Mungkin sekarang sudah ga bisa gitu lagi. Berarti emang agan ga cocok jadi seorang ikhwan berjenggot yg kuliah di situ, huehehe..

  208. amelia says:

    kalo sekarang masih kelas 2 SMA daftarnya kapan ya ka?

  209. khotijah says:

    permisi,min saya mau tanya. Saya sudah membuat surat rekomendasi dengan bahasa inggris, namun kop surat nya tidak dengan bahasa inggris dan sudah ditanda tangani oleh kepala sekolah saya. Nah apakah hal ini diperbolehkan min? Tolong infonya ya min. terimakasih

  210. Nadia says:

    jumlah nilai brrti selama 6 smt ya kak? nah ini saya blm ada rapor smt 6 trus gimana kak? brrti pake nilai sampe smt 5 dulu apa gmn?

  211. ahmad says:

    halo bang admin, mau nanya kalau mendaftar beasiswa s2, apakah ijazah high school kita (SMA) harus diterjemahkan juga?
    trims.

    • Admin Sultan says:

      Kalau memang diminta, berarti perlu diterjemahkan. Nampaknya itu perlu. Terjemahin saja, cuma 50rb kok perlembar 🙂

  212. Alif says:

    Haloha kakak !!! Kak hatiku yg selembut salju mencair karena sy bingung kak. Gini, itu kan kalo g ada ijazah, bisa pakek surat ket lulus, di sekolah sy belom bisa ngeluarin surat ket lulus karena belom ujian sekolah, pakek surat keterangan sekolah gpp y kak ? terus surat ket sekolah itu jg hrs diterjemahkan oleh terjemah tersumpah ? Makasih kak, tolong jawab kak. Hatiku hampir sepenuhnya mencair….

    • Admin Sultan says:

      Etdah. Sini aku bekukan lagi dengan cintaku yang semanis madu..

      Bisa kok, asal kamu yakin aja bakal lulus. Ga harus pakai penerjemah tersumpah, cukup sekolah aja yg buat gapapa. Atau kamu buat sendiri, lalu sekolah tinggal print pakai kop sekolah juga bisa..

  213. kalo register susah submit gimana yah ?????? terus apakah kita tinggal menunggu saja undangan interview di email atau kita harus bagaimana ? min saya coba apply di universitas tapi aplikation nya masih ada tanda seru kuningnnya sama work experiencenya juga ..

    • Admin Sultan says:

      Susah submit mungkin karena banyak yg akses. Sabar aja, dulu mimin juga begitu kok. Iya, kamu cek lagi application kamu sebelum submit, sudah yakin atau belum. Selama masa pengisian, sebelum submit, masih bisa diubah. Jadi coba yakinkan diri sendiri apakah aplikasi kamu sudah layak atau belum. Kalau sudah, tinggal submit, lalu tinggal tunggu pengumuman via email atau masuk web tsb.

      Kalau masih ada tanda seru kuning, berarti itu sejenis isian komplementer yg bisa diisi, Kalau diisi itu menambah nilai lebih, kalau tidak juga tak masalah.

      • tapi min itu udah ada pertanyaannya yang menjelaskan you cannot edit your aplication 🙁 aaaah

        • Admin Sultan says:

          Berarti udah SUBMIT? Yah ga bisa kalau udah submit 🙂

          • oh udah submit yah min ana kaget sumpah hehe

          • Admin Sultan says:

            ;D berdoa aja ada panggilan yaa,,

          • Tri Rudiyanto says:

            Boleh nambah?

            Gue juga barusan galau gara2 upload dokumen ijazah yg belum gue terjemahin ke Inggris dan terlanjur gue submit, akhirnya gue muter ni otak and finally ketemu caranya… loe tinggal hapus aja data program lo yg udah lo daftar, setelah itu balik ke aplikasi yang ada di pojok kiri.
            btw yg mau lo hapus yg mana mas/mbak? 🙂

          • Admin Sultan says:

            Mana gue tahu, kan lo yg upload dokumen haha.. Coba aja utak-atik lagi kalau benar bisa. Semoga aja bisa,,

        • admin kalo misalnya daftar lebih dari satu akun karena kun yang dulunya salah gmana yah ? terus kalo lupa ngetranslate ke bahsa turkey rapot transkipnya gmana ?

          • Asma Hanifah says:

            Bisa aja bikin akun baru pakai email yang lain. Tp, mereka juga ga bisa ngeliat akun kamu yang bener yang mana krna ya terlalu banyak application yg harus diliat ya. Dan lagi, transkip yg dipakai utk apply pakai bhs inggris, ga usah susah translate ke turkish dulu. Terakhir, saya udah jadi admin juga loh fyi~

      • salimi agusti says:

        iya makasih min see you there soon

  214. Nadia says:

    Kak wkt ngisi di educational information itu ada grade type & grade nah itu yg dimaksud nilai rata2 rapor selama 6smt? Terimakasih

    • Admin Sultan says:

      Grade itu berapa nilai maksimum yang kamu pakai, lalu isi jumlah nilai kamu, berserta komanya..

      • fahmi says:

        assalamualikum wr.wb
        admin mau tanya nih yang dimaksud grade type & grade itu nilai maxmimum apa ya????? raport???? uan?? atau apa????

        • Asma Hanifah says:

          Grade Type maksudnya tipe penilaian yang dipake sama sekolah. Entah itu pakai huruf (A-F) atau (10-100/1-10). Kalau misalnya rata-rata kamu 70,00, berarti grade type kamu 100. Trus untuk bagian gradenya diisi rata-rata kamu. Setahu saya sih begitu ya 🙂

          • fahmi says:

            Owh. Itu nilai semester 1 s/d 6 apa nilai uan????

          • Asma Hanifah says:

            Saya ngga ngerti apa yang kamu tanyain dan ga bisa nemu pertanyaan kamu sebelumnya. Tapi cba baca ini:
            Kalau kamu alumni 2016 yang belum punya ijazah/SKHUN dsb, cukup bkin transkrip 5 semster dan utk bagian Grade, diisi pakai rata-rata dari kelima semester tersebut.
            Kalau kamu alumni 2015 (tahun kemarin) dan mau menyertakan nilai UN, bkinnya jadi transkrip 6 semester. Dan di bagian diploma yang diupload adalah ijazah.
            Tapi ya seinget aku, ijazah aku kmren dibelakangnya ada nilai-nilai.

      • fahmi says:

        assalamualaikum wr. wb
        min nih mau tanya yang dimaksut dengan grade type itu gimana???? mohon pecerahannya???

        • Asma Hanifah says:

          Grade Type maksudnya tipe penilaian yang dipake sama sekolah. Entah itu pakai huruf (A-F) atau (10-100/1-10). Kalau misalnya rata-rata kamu 70,00, berarti grade type kamu 100. Trus untuk bagian gradenya diisi rata-rata kamu. Setahu saya sih begitu ya 🙂

          • fahmi says:

            Oh ya min. Kan nama izajah sama nama di kk beda min enaknya ngikutin yang mana ya min????

          • Asma Hanifah says:

            Jawabnya ada di ujung langit -,-
            Coba istikharah. Sekalian coba tanya YTBnya langsung

          • fahmi says:

            Oh ya satu lagi min di kolom education information kan udah di isi SMA jurusan ipa. Itu gmana kalo mau nambahin lagi min. Kan aku juga dari pesantren makanya aku mau ngmbil jurusan islam kalo mau nambahin keteranganya dimana ya min? Solanya kan di education information itu yang menentukan nanti kita ngambil jurusan apa??? Kalo cuma SMA jurusan ipa trus akunya nganbil jurusan islam kan gak masuk akal min.?? Mohon pencerahanya

          • Asma Hanifah says:

            Pokonya itu sesuai sama ijazah kamu.
            ıtu kan sebagai informasi kamu lulusan mana. Ngga berpengaruh sama nanti kamu bisa milih jurusan apa. Aku lulusan pesantren milih jurusan sosial lolos aja kok. Senior ada yang sarjana ekonomi tapi keterimannya di teologi islam. Ngga ngaruh. Ada bnyak pertimbangan lain untuk kamu mereka loloskan di jurusan pilihan kamu.

          • fahmi says:

            Ehm makasih min Oh ya min. Kalau mau menyertakan surat rekomendasi dimana ya???

          • Asma Hanifah says:

            Setelah APPLY. Di bagian References

          • fahmi says:

            makasih atas semua infonya min. semoga dapet balasanya aminnnnnn 😀

          • Admin Sultan says:

            Aamiiinnn

  215. JakeHallengq says:

    I see, that your blog needs unique and fresh content.
    I know it’s hard to write articles manually everyday,
    but there is solution for this. Simply search in google for: Imcad’s Essential Tool

  216. suko says:

    min mhn info, di bagian native language tdk ada Bahasa Indonesia. Apakah para calon pendaftar juga mengalami hal serupa dengan saya?

  217. Tya says:

    Saya sudah melakukan aktivasi akun melalui email, lalu kemudian secara otomatis saya masuk ke laman aplication form. Tetapi saya tidak bisa mengisi formnya, padahal dilamannya tidak terjadi eror, saya juga sudah membuka melalui ipad, tapi juga tidak bisa. Itu kira2 kenapa ya? Apa memang seperti itu karena banyak yang sedang log in? Terima kasih sebelumnya

  218. andrian says:

    mhoon sekali min untuk di jwab skrg soalx lg isi form nya ini,trma ksiah sebesar2x..

  219. andrian says:

    oh ya satu lagi min, request help melalui live support fieldnya itu d mana ya tempatnya? soalnya td mau ngisi kolom native language tp gk ad di list trus disuruh ke support fieldnya itu

  220. andrian says:

    asw, min boleh nanya kalo misalnya fakultas sama jurusan kita gk ada di list trus kita mau tambahin di list tapi gk bisa kesimpan, bagaimana? makasih sebelumnya

    • Admin Sultan says:

      Harusnya bisa tersimpan. Coba saja terus sampai bisa. Kalau tidak bisa, coba jurusan yang terdekat atau yang serupa..

  221. Rizqi Uqi Ppma says:

    assalamualaikum kak latter of intent itu minimal 2000 atau max characther

  222. ahaiyah says:

    gan.. nanyak ni.. GRE, GMAT, SAT and ALES tu apaan yak? wajib ada kah? klo gk ada gmn?

  223. Hilma says:

    Kak, mau nanya.
    1. Peserta yang ikut pastinya banyan banger ya, ini seleksinya dipukul rata untuk semua jurusan/bidang atau ada kuotanya, misal keagamaan, nursing, farmasi, dll.

    2. Interview nya dinilai bahasanya atau jawaban kita ?

    3. Biasanya proses seleksi berkas, interview sampai pengumuman lulus itu memakan waktu berapa lama ?

    4. Kalau paspor nya bikinnya nanti pas udah lulus terlalu mepet ga ya?

    Terima kasih sebelumnya Ka

    • Admin Sultan says:

      1) seluruh dunia sekitar 150.000 orang yg daftar, 90.000 yg interview, 5000 yg diterima, tahun lalu. Kuota tahun ini diperbanyak. Kalau per jurusan sptnya bisa jadi.
      2) Yg paling utama jawaban kita, kalau kita bisa menjawab dg baik, pasti bahasa inggrisnya jg baik tentunya 😉
      3) Pengumuman sebulan, seleksi berkas sebulan, interview sebulan, bisa jadi dua bulan kalau banyak banget, pengumuman sebulan, tapi bisa jadi lebih. Kan sudah ada kalandernya..
      4) BIKIN SEKARANG JUGA APAPUN YANG TERJADI!

  224. arif says:

    Terimakasih infonya.. sangat membantu.. Namun, terkiat pendaftaran yang hanya berlaku hingga 31 Maret..

    saya mahasiswa s2 dan bulan ini saya akan melaksanakan ujian, perkiaraan april saya telah mendapatkan gelar master. ingin melanjutkan program S3 di Turki, bagaimana terkait syarat scan ijazah dan transkript sementara saya belum mendapatkan keduanya..hingga 31 Maret 2016.

    terimakasih

  225. baim says:

    Assalamualaikum mba mas…
    saya ngisi aplikasix kok waktu upload foto gagal? mhon pencerahanx mas mba…
    mkasih sebelumnya…

  226. Fauzan says:

    Kak, untuk program master, apa harus upload berkas SMA juga ?

  227. alif says:

    halo kak admin ! saya mau nanya. Untuk pendaftarannya dulu, yang PERLU diterjemahkan dokumen apa saja ? kemudian transkip nilai itu nilai SMA aja atau semenjak pendidikan awal ?

    TERIMA KASIH !!!

  228. fajaria winata says:

    Assalamualaikum min , saya mau nanya nih , saya sekarang sedang menjalankan study D3 perpajakan semester 2 , apakah saya bisa ikut dalam beasiwa pemerintah turkei ini ? Mhon bantuannya min , trimakasih

  229. Rizqi Uqi Ppma says:

    assalamualaikum min transcript rapot bikn sendiri ata dibutakan ,kalau bikin sendirir formatnya seperti apa

  230. Rizqi Uqi Ppma says:

    assalamualaikum kak kalo ilahiyat itu masuk nya ke fakultas apa?

  231. Irsyad says:

    Assalamualaikum wr wb. trima kasih atas jwban sblmnya. maaf saya Ada bbrp pertanyaan lg,
    1. Dokumen yg di upload itu scan dokumen asli atau yg legalisir? Misal paspor, yg diupload hasil scan paspor saja atau hasil scan legalisir paspor dr notaris?
    2. Untuk sertifikat tdk perlu diterjemahkan, lalu bgmn dg KTP? Apa hny cukup discan ktp asli nya saja tnpa diterjemahkan dan legalized by notary?
    Mohon bantuannya… terimakasih

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb. Pertanyaannya udah ada nih yang seperti ini.

      1) Dokumen yang diupload yang telah diterjemahkan. Kalau yg asli nanti dibawa saat interview. Paspor tidak perlu diterjemahkan, kan udah ada terjemahannya.
      2) KTP tidak perlu. Scan asli saja.

  232. sahid says:

    Maaf mau tanya..
    pada saat pengisian aplikasi pendaftaran beasiswa untuk kolom nationality tidak ada indonesia, itu gimana ya?
    mohon bantuannya terima kasih

  233. Fawzan says:

    Yth Admin, saya tertarik untuk melanjutkan PhD candidateship ke Hacettepe, Koc, atau Ege. Namun karena sy sudah bekerja dan dari kantor sudah ada beasiswa instansi maka sangat susah untuk dapat izin utk apply beasiswa dari luar.

    Jadi yang saya tanyakan adalah, bagaimana proses aplikasi untuk S3 di univ di turki? lalu apakah kita harus ambil ALES or GRE sbg persyaratan?

    • Admin Sultan says:

      Beasiswa Turki juga tidak memungkinkan penerima beasiswa ini juga mendapatkan beasiswa dari tempat lain alias double. Misal, ada yang mendapatkan beasiswa pemerintah Turki, tapi juga dapat LPDP. Ini TIDAK BOLEH. Kedua instansi tidak memperbolehkan hal tersebut. Kalau ingin study di Turki tanpa beasiswa pemerintah, iya harus punya ALES atau GRE yg paling umum, tergantung jurusan yg dikehendaki..

  234. Irsyad says:

    Assalamualaikum wr wb.
    Terima kasih atas info nya sgt membantu. Maaf ada yg ingin saya tanyakan
    1. Untuk Recommendation letter itu apakah sudah ada formatnya tersendiri dari beasiswa ini? Karena saya cari2 tdk nemu dan sepertinya memang tdk diwajibkan.
    2. Apabila memang tdk ada format dr pihak pemberi beasiswa ini, apa boleh saya menggunakan format recommendation letter dr program beasiswa pemerintah negara lain?

    Mohon dibantu ya min, smoga admin sukses selalu. Aminn…

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumslam wr wb
      1) Tidak ada format. Format apa saja bisa. Untuk S2-S3 itu wajib, dan kalau pun tidak wajib, sudah menjadi kelaziman kalau mau lanjut study di luar.
      2) Boleh sekali. Tidak ada salahnya dan bebas.

  235. hana says:

    Halo Mbak/Mas admin. Mau tanya, apakah kita harus sudah menentukan universitas tujuan saat mendaftar beasiswa? Jika ya, berapa maksimal pilihan universitas dan jurusan?
    Atau hal tersebut akan dibicarakan setelah lolos beasiswa? Terimakasih 🙂

  236. ahmad tamami says:

    Mau tanya kan saya lulusan s1 bhsa arab, sekarang lagi s2 ilmu hukum semseter akhir bresnya bulan april 2016 isnya allah lulusnya, terus kalo mau di lanjutin s3 yang dilampirkan ijaxah s1 atau surat keterangann mahsiswa akhir s2 dg transkipny??

  237. Muhammad Alzaid Ponka says:

    maaf min ini kalimat maksudnya apa ?

    A certified secondary school transcript (indicating courses taken and relevant grades of the candidate)

  238. bar says:

    Selamat pagi waktu indonesia min.rencananya saya akan ke penerjemah tersumpah dalam waktu dekat untuk membuat transkrip. Oh ya. Kan kalau di indonesia ada nilai pengetahuan dan praktik. Yang nanti dimasukkin ke transcript itu yang mana ya? Apa nanti si penerjemah tersumpah udah tau ya? Maaf kalo kepanjangan. Thanks…

    • Admin Sultan says:

      Selamat Pagi waktu Turki 🙂

      Semua nilai itu harus dimasukkan. Nanti kan juga ada nilai rata-rata, di mana nilai tsb yang akan dihitung oleh panitia seleksi apakah lolos syarat atau tidak, misal 75% bobot nilai. Kalau penerjemah tersumpah tahu atau tidak, mimin kurang tahu 🙂

  239. yubifreak says:

    Dan maaf satu lagi, kalau masih SMA Surat rekomendasinya Dari kepala sekolah atau guru wali kelas?

  240. yubifreak says:

    Admin, bisa tolong rekomendasikan websites penyedia jasa penerjemah tersumpah?
    Terima kasih.
    Wassalam

    • Admin Sultan says:

      Wah, kalau via web ga direkomendasikan. Cari yg ada kantornya jelas. Tapi kalau mau coba via web, gapapa juga.

      • yubifreak says:

        Terima kasih,
        Kalau yang admin tau didaerah mana saja dan nama kantornya apa?
        Maaf banyak bertanya 🙂

        • yubifreak says:

          Dan juga, apa saja yang dilegalisasi untuk SMA min? Apakah hanya ijazah dan rapot? Atau juga dengan Keterangan sehat + KTP ?
          TTerima kasih

          • Admin Sultan says:

            Coba nanti dicek aja dulu dokumen yg dibutuhkan apa aja, ya itu yg diminta. Sejauh ini transkrip dan ijasah wajib diterjemahkan. Legalisasi mah nanti kalau sudah lolos interview. KTP tidak perlu diterjemahkan. Pakai paspor lebih bagus. Kalau surat sehat nanti kalau sudah diterima.

          • yubifreak says:

            Terima kasih admin atas semua jawabannya, oh iya sekali lagi, untuk paspor, kita buat yg berap halamaan ya? 48 atau 24 ?

          • Admin Sultan says:

            24 itu utk TKI 🙂

  241. syabilla says:

    Assalamualaikum min 🙂

    Ada beberapa pertanyaan nih.
    1. Kalau interview di Jakarta nya itu dilaksanakan pada hari apa ya? Apakah weekend atau weekdays?
    2. Saya mau daftar beasiswa untuk s2 nya, dan status saya skrg sudah bekerja. Nah, recomendation letter nya harus yg berhubungan dengan tempat kerja atau pas kuliah s1 dulu juga bisa?
    3. Kalau untuk beasiswa s2 di bidang engineering (khususnya environmental engineering) banyaknya keterima di universitas mana ya?

    Itu dulu aja min. Makasih 🙂

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb.
      1) Weekdays. Kalau weekend bisa jadi, tapi kemungkinan besar tidak akan weekend.
      2) 22nya. Kan minimal dua rec letter. Jadi satu dari atasan di kantor, satu lagi di pembimbing.
      3) Ga pake banyak, karena kita semua menyebar. Tapi ada banyak mahasiswa asing yg kuliah di jurusan itu.

      • syabilla says:

        Ooo.. oke min. Melanjutkan pertanyaan no 2, kalau rec letter nya 22nya dari pembimbing di kampus gapapa ga? Satu lagi, kalau di Boğaziçi University dan ITÜ banyak mahasiswa Indonesia nya gak?

        • Admin Sultan says:

          Kalau bisa jangan dari jabatan yg sama. Minta dari rektor lebih baik, kalau dari pembimbing sudah ada. Itu keduanya kampus keren. Boğaziçi lebih keren, susah masuk situ. Ada banyak tapi ga lebih dari 10. Kalau di İTÜ, buanyaaak banget.. 🙂

          • syabilla says:

            Waw berat ya Boğaziçi, hehe. Kalau di Yıldız Teknik banyak juga ga?
            Oiya kalau GRE/ALES/GMAT itu kan tergantung jurusan di kampus masing2 ya diperlukan apa ga. Kalau misalnya ga kita upload gimana? Mengurangi penilaian kah? Atau bisa jadi tidak diterima di pilihan mana pun?

          • Admin Sultan says:

            Banyak juga lumayan,, ga diupload gpp, nanti akan disesuaikan dg kampus yg kamu pilih. Kalau ada kampus yg minta itu, lalu kamu ga isi, ada dua kemungkinan; 1) Kamu diterima tp harus serahkan tes itu segera 2) tidak diterima sama sekali.

  242. yoricon says:

    Min mau naya, saya mau di email oleh university of nicosia cyprus turki terkait dengan program beasiswa, salah satu persyaratannya adalah paspor. tapi paspor sya expired , apakah bisa pakai scan pasport yg expired aja?atau saya harus perpanjang dulu? makasih min

    • Admin Sultan says:

      Ya perpanjang dulu paspornya, cuma seminggu kok. Khawatir nanti ga bisa diperpanjang dan ganti baru, malah repot ngurusnya karena beda paspor ga akan diterima.

  243. sisil says:

    Assalamualaikum maaf sebelumnya saya ingin bertanya apakah pembukaan YTB sudah dibuka apa belum, karena tadi saya coba tetapi selalu gagal mohon dibantu. syukron

  244. Rizqi Uqi Ppma says:

    assalamualaikum kak masalah transcript raport itu bgai mana soalnya rapot kelas sms 1-2 beda dengan smst 3-5 karana penjurusan baru ada di sms 3-5 ,
    apakah surat rekomendasi & transkrip nilai harus diterjemah tersumpah juga ka

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wrwb. Pokoknya semua dimasukkan. Semua harus diterjemahkan.

      • Rizqi Uqi Ppma says:

        mau nanya lagi ni min transcriptnya jadiin satu lembar atau gmana
        ,terus minta rekomendasi universitas yang menyediakan jurusan ilahiyat satu lagi kak apa pemilihan kampus menentukan berhasil atau tidaknya? maksih min maaf banyak nanya

        • Admin Sultan says:

          Kalau bisa satu lembar itu lebih bagus. Kalau ga, ya gapapa. Hampir semua kampus ada jurusan ilahiyat. Tentu pemilihan kampus akan menentukan pertimbangan, karena terkendala kuota. Kalau milih di kampus yg jarang peminat, peluangnya bisa jadi lebih besar, tapi risiko ya ke kota-kota kecil. Kamu ga baca FAQnya ya,, huf

  245. Nurul Fadila says:

    Min, misalkan berhasil lolos kuliah ke turki, kan tahap awal itu ada kursus bahasa selama beberapa bulan, nah biayanya itu sudah ditanggung pemerintah atau ditanggung sendiri dulu?

    • Admin Sultan says:

      Aamiin. Yasudah ditanggung semua kok. Pemerintah Turki menanggung semua dari mulai asuransi, akomodasi, sampai biaya kursus bahasa.

  246. Restu Ahmad Fadillah says:

    assalamualaikum
    saya akan melanjutkan s1 insyaAllah ke turki, nah kalau maksud dari transkrip nilai bagaimana? apakah itu seperti ijazah? lalu apakah dokumen berupa men scan dokumen atau kita hanya mengetik saja?

  247. Ja says:

    min nanti interview nya di skype atau tatap muka langsung?

    • Admin Sultan says:

      Tatap Langsung. Tatap mata admin juga boleh.. 😛

      • Ja says:

        tatap mata ojan boleh min ? disana bisa kerja part time? atau pas summer bisa kerja? daripada mudik kan mending jadi kuli.

        • Admin Sultan says:

          ojan masih sekolah :p

          Bisa part time. Boleh. Summer bisa banget ngerjain banyak hal. Ningkatin bahasa Turkinya, atau ikut Erasmus, atau jalan-jalan juga okee..

          • Ja says:

            1. part time berapa jam perminggu ?
            2. dapet berapa lira ?
            3. kalo summer bisa fulltime?
            4. ikut erasmus ngapain min ?
            5. org indo suka mudik atau selama studi ga balik2 kaya bang toyib ?
            6. jalan2 lebih enak kalo ada pacar, cowo laku sama cewe turki ga?
            Maaf banyak nanya soalnya yakin dapet ini beasiswa ini dan buat persiapan.

          • Admin Sultan says:

            1. part time berapa jam perminggu ? = Ga ada regulasinya.
            2. dapet berapa lira ? = ga ada patokan.
            3. kalo summer bisa fulltime? = tentu.
            4. ikut erasmus ngapain min ? = nanam tebu mungkin ;p
            5. org indo suka mudik atau selama studi ga balik2 kaya bang toyib ? = orang Indo ga tahan ga makan sambel.
            6. jalan2 lebih enak kalo ada pacar, cowo laku sama cewe turki ga? = ya tergantung, kl kayak mimin malah jadian sm yg baru masuk kampus ;p
            Maaf banyak nanya soalnya yakin dapet ini beasiswa ini dan buat persiapan.

  248. Firdaocta says:

    Assalamu’alaikum mas admin..
    1. Saya mw bertanya,saya lulusan S1 sastra jepang,klo ingin mendaftar beasiswa ini,apa bisa mengambil S2nya sastra/bahasa turki?
    2. Untuk dokumen tes kesehatannya,apa boleh dr puskesmas?atw dr rmh sakit?

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb.
      1) Sudah dijawab ya tadi.
      2) Bukan tes kesehatan, tetapi SURAT KETERANGAN SEHAT dari dokter. Secarik kertas dari dokter atau RS yg menyatakan kalau nama di dalam surat itu sehat walafiat. Itu saja cukup.

  249. Alim Adhitya says:

    Salam alaik admin.. denger2 beasiswa pascasarjana turki tahun 2016 udah buka ya? Bingung ni.. sy cari2 link utk daftar online ya gmn ya? Makasih

  250. firda_octavianing says:

    Assalamualaikum mas admin..saya mw tanya,saya S1 dr jurusan sastra jepang,apa bisa mengambil S2 dgn jurusan sastra/bahasa turki?

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb. Bisa insyaAllah. Masih satu rumpun bahasa. Tapi kemungkinan bersaing dengan yg linier tentu lebih berat. Nanti dalam perkuliahan (jika diterima insyaAllah) akan belajar lagi persiapan bahasa Turki selama satu tahun sebelum benar-benar masuk perkuliahan.

  251. asdfg says:

    Saya masih semester 6, belum lulus kuliah. yang dilampirkan transkrip nilai kuliah atau raport SMA?

  252. ZG says:

    min persyaratan umur itu gmn ya? Under 21 itu maksudnya gmn ? pas daftar, interview atau pas tiba di turki harus dibawah 21 taun ?

  253. baim says:

    Assalamualaikum,,, min sya mau nnya,,, wawancarax hrus pkai b.inggris ya,,, klau kita kurang mahir gimna min? sebelum dan sesudahx saya ucapkan terima kasih..