Sosial Media di Turki (Lagi-Lagi) Diblok!

Istanbul – Hari ini, lagi-lagi akses sosial media seperti Twitter, Facebook, Youtube, Instagram, bahkan WhatsApp mengalami gangguan. Setelah diselidiki, ternyata pemerintah Turki kembali memblokir atau lebih tepatnya menjadikan akses ke beberapa apps sosial itu sangat lambat bahkan mendekati nyaris tidak bisa diakses. Hal ini diakibat adanya operasi besar-besar penangkapan terhadap anggota dewan dari partai oposisi HDP yang pro kelompok teror PKK.

Ditenggarai pemblokiran ditujukan untuk menghindari potensi isu liar yang akan tersirkulasi melalui sosial media dengan cepat. Isu liar tersebut dapat menyebabkan ketidakstabilan sosial, politik, dan keamanan di Turki. Oleh sebab itu, pemerintah mengambil langkah preventif. Namun, tentu hal ini bukan tanpa konsekuensi. Kritikan terhadap pemerintahan Erdoğan atas pengekangan demokrasi terus berlanjut, baik dari dalam maupun dari luar negeri.

Dari pagi hingga tengah malam, pemblokiran ini masih terus terjadi. Belum ada pengumuman resmi dari pemerintah mengenai hal ini. (HC/Istanbul)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *