Strategi Mengisi Aplikasi YTB 2016

Hai, para pejuang pencari beasiswa. Mungkin rasanya dagdigdug juga kali ya selama mengisi isian aplikasi. Kalau yang dokumennya lengkap dengan segudang nilai tinggi dan prestasi, mungkin merasa aman. Kalau yang pas-pasan, aduh, deg-degan mungkin. Yang penting jangan menyerah untuk mencoba, tidak ada salahnya. Karena sepanjang pengetahun mimin, YTB ini cukup misterius dalam penilaian penerima beasiswanya. Ada yang tidak lengkap, tapi bisa lolos. Ada yang super lengkap, eh ga lolos. So, faktor kedekatan dengan Allah SWT juga sangat menentukan, hehe..

Nah, mungkin di postingan ini pelan-pelan admin akan mencoba berbagi strategi bagaimana mengisi aplikasi YTB sesuai dengan pengalaman tahun-tahun sebelumnya..

TIPS #1 : Lengkapi Dokumen

Lengkapi dokumen sesuai yang diminta oleh YTB. Karena mereka punya perhitungan standar dari dokumen-dokumen tersebut. Misal, minimum total dokumen yang harus diisi sebesar 75%. Jadi kalau sudah terpenuhi dokumen sebanyak 75%, maka sudah bisa lolos aplikasinya. Lolos aplikasi ya, bukan interview. Maksudnya peluang untuk diinterview itu besar. Apalagi kalau mereka yang mengisi dokumen dengan lengkap dan komplit. Itu lebih bagus.

TIPS #2 : Isi Data Yang Benar

Jangan sampai salah isi atau memberikan keterangan yang tidak benar. Ini akan berdampak ke belakang jika ternyata ada salah isi atau ketidakcocokan data antara yang diupload dengan yang asli. Untuk itu, berhati-hatilah dalam mengisi segala macam isian. Isi sejujur-jujurnya.

TIPS #3 : Informasi Keluarga

Family information itu penting. Nampaknya, YTB juga melihat latar belakang keluarga calon penerima beasiswa. Bisa jadi mereka yang berasal dari keluarga kaya raya tidak akan diperhitungkan sebagai penerima beasiswa ini. Logikanya kalau mereka mampu, kenapa harus pakai beasiswa. Jadi, isilah dengan seksama bagian ini.

TIPS #4 : Pilih Kampus

Pilih kampus yang relevan dengan jurusan sebelumnya. Juga, pilih kampus yang tidak berasal dari kota besar seperti Istanbul, Ankara, Izmir. Ini sebenarnya masalah strategi, karena semakin banyak memilih ke kota tersebut, semakin berat kompetisinya dengan pelajar dari negara lain. Ini sebenarnya hanya prediksi saja, namun prediksi yang strategis. Tapi kalau yakin punya kelebihan untuk bersaing, jangan takut untuk memilih kota besar.

TIPS #5 : Pilih Jurusan

Benar kita bisa memilih hingga 12 kampus dan jurusan. Namun, tetap perhatikan bahwa yang kita pilih itu sesuai dengan latar belakang pendidikan agar linier. Kalau yang tidak linier, peluang untuk diterimanya kecil, meski tidak ada halangan untuk memilih. Namun, memilih jurusan yang sesuai itu lebih berpeluang lanjut ke interview.

TIPS #6 : Mengisi LOI

Dalam mengisi LOI, hal yang harus diperhatikan adalah ISILAH SESUAI YANG DIMINTA dalam pertanyaan LOI. Jangan bertele-tele, tapi detail dan konkrit. Gunakan bahasa yang bagus dan grammar yang benar. Jika tidak yakin dengan isian yang ditulis, mintalah kepada mereka yang ahli dalam bahasa asing yang kamu gunakan untuk memeriksa. PERHATIAN: LOI ini sangat penting sebagai bagian paling utama dari aplikasi. So, jangan sampai salah atau kurang berisi dalam mengisi LOI. Masing-masing isian 250 karakter. Isi dengan baik.

Update, Sun, 6 Mar 2016.

31 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *