Categorized | Beasiswa

Strategi Mengisi Aplikasi YTB 2016

Hai, para pejuang pencari beasiswa. Mungkin rasanya dagdigdug juga kali ya selama mengisi isian aplikasi. Kalau yang dokumennya lengkap dengan segudang nilai tinggi dan prestasi, mungkin merasa aman. Kalau yang pas-pasan, aduh, deg-degan mungkin. Yang penting jangan menyerah untuk mencoba, tidak ada salahnya. Karena sepanjang pengetahun mimin, YTB ini cukup misterius dalam penilaian penerima beasiswanya. Ada yang tidak lengkap, tapi bisa lolos. Ada yang super lengkap, eh ga lolos. So, faktor kedekatan dengan Allah SWT juga sangat menentukan, hehe..

Nah, mungkin di postingan ini pelan-pelan admin akan mencoba berbagi strategi bagaimana mengisi aplikasi YTB sesuai dengan pengalaman tahun-tahun sebelumnya..

TIPS #1 : Lengkapi Dokumen

Lengkapi dokumen sesuai yang diminta oleh YTB. Karena mereka punya perhitungan standar dari dokumen-dokumen tersebut. Misal, minimum total dokumen yang harus diisi sebesar 75%. Jadi kalau sudah terpenuhi dokumen sebanyak 75%, maka sudah bisa lolos aplikasinya. Lolos aplikasi ya, bukan interview. Maksudnya peluang untuk diinterview itu besar. Apalagi kalau mereka yang mengisi dokumen dengan lengkap dan komplit. Itu lebih bagus.

TIPS #2 : Isi Data Yang Benar

Jangan sampai salah isi atau memberikan keterangan yang tidak benar. Ini akan berdampak ke belakang jika ternyata ada salah isi atau ketidakcocokan data antara yang diupload dengan yang asli. Untuk itu, berhati-hatilah dalam mengisi segala macam isian. Isi sejujur-jujurnya.

TIPS #3 : Informasi Keluarga

Family information itu penting. Nampaknya, YTB juga melihat latar belakang keluarga calon penerima beasiswa. Bisa jadi mereka yang berasal dari keluarga kaya raya tidak akan diperhitungkan sebagai penerima beasiswa ini. Logikanya kalau mereka mampu, kenapa harus pakai beasiswa. Jadi, isilah dengan seksama bagian ini.

TIPS #4 : Pilih Kampus

Pilih kampus yang relevan dengan jurusan sebelumnya. Juga, pilih kampus yang tidak berasal dari kota besar seperti Istanbul, Ankara, Izmir. Ini sebenarnya masalah strategi, karena semakin banyak memilih ke kota tersebut, semakin berat kompetisinya dengan pelajar dari negara lain. Ini sebenarnya hanya prediksi saja, namun prediksi yang strategis. Tapi kalau yakin punya kelebihan untuk bersaing, jangan takut untuk memilih kota besar.

TIPS #5 : Pilih Jurusan

Benar kita bisa memilih hingga 12 kampus dan jurusan. Namun, tetap perhatikan bahwa yang kita pilih itu sesuai dengan latar belakang pendidikan agar linier. Kalau yang tidak linier, peluang untuk diterimanya kecil, meski tidak ada halangan untuk memilih. Namun, memilih jurusan yang sesuai itu lebih berpeluang lanjut ke interview.

TIPS #6 : Mengisi LOI

Dalam mengisi LOI, hal yang harus diperhatikan adalah ISILAH SESUAI YANG DIMINTA dalam pertanyaan LOI. Jangan bertele-tele, tapi detail dan konkrit. Gunakan bahasa yang bagus dan grammar yang benar. Jika tidak yakin dengan isian yang ditulis, mintalah kepada mereka yang ahli dalam bahasa asing yang kamu gunakan untuk memeriksa. PERHATIAN: LOI ini sangat penting sebagai bagian paling utama dari aplikasi. So, jangan sampai salah atau kurang berisi dalam mengisi LOI. Masing-masing isian 250 karakter. Isi dengan baik.

Update, Sun, 6 Mar 2016.

33 Responses to “Strategi Mengisi Aplikasi YTB 2016”

  1. Farhan says:

    Assalamualaikum, kak, mau tanya, beasiswa YTB itu walaupun untuk S2 kan data SMA nya juga harus diisi, nah untuk transkrip nilainya cukup yang di ijazah aja (yang sudah nilai akhir) atau harus ada nilai yang di raport juga ? Makasih sebelumnya..

  2. Afit says:

    Kak certificate of student status di upload atau di bawa saat interview ?

  3. fitriabj says:

    Assalamu’alaykum.wr.wb. min saya mau nanya, maksud dari maksimal milih 12 kampus dan jurusan itu kita boleh milih kampus di beda2 kota dan jurusan yg berbeda2 jga? Trus apakah kampus yg kita pilih boleh nggk dari kota yg terkenal sepertu istanbul, ankara, dan izmir? Sekian terimakasih sebelumnya. Wassalamu’alaykum.wr.wb.

  4. aslmkm, mba says:

    mau nanya, apakah sepengetahuan mba jadwal interview yg telah dikirim ke pelamar termasuk untuk yang mendaftar di S3 juga ?trims infomya

  5. Aufar Rifqi Pratama says:

    Assalamu’alaikum kak saya mau tanya 2 pertanyaan

    1. yang dilihat itu nilai rata2 ijazah/Skhun? soalnya kan yg saya isi kmren nilai rata2 ijazah dan skhun pisah

    2.saya kan di pesantren lulusan 2015 dan ini tahun pengabdian saya selama 1 tahun, nah disitu saya diberi amanah untuk mengajar mapel bahasa arab kelas 1 mts dan pengabdian di bagian perpustakaan pesantren, pertanyaannya apakah work experience juga sangat berpengaruh dalam aplikasi ini??

    jazakallah kak
    wassalam..

    • Aufar Rifqi Pratama says:

      tambahan untuk ptanyaan yg ke 1 kak, soalnya kalo ijazah nilainya memenuhi syarat nah yg skhun blm memenuhi syarat

    • Asma Hanifah says:

      Wa’alaikumsalam.
      Pertama, saya mau tahu apa kamu nanyain ini sehubungan dengan aplikas kamu kemarin?
      Kedua, kalau kamu lulusan 2015, yang diisi berarti rata-rata ijazah (yang sudah mencakup seluruh semester) diisi di bagia rata-rata keseluruhan. SKHUN menurut saya dipakainya di bagian semester 6. Coba kamu scroll down. Kta sudah banyak jawab pertanyaan ini.
      Tiga, kita ngga bisa menjawab bagian mana yang ‘sangat berpenaruh’ atau pengaruhnya biasa saja. Yang bisa kita kasih tahu adalah setiap poin di aplikasi adalah penting. Karena kita disini ngga punya akses informasi ke gimana cara penilaian dsb. Mengerti ya
      Wassalam.

  6. Donni Fitra says:

    Assalamualaikum,
    Min, gimana pengalaman mimin pas Interview?
    Apa apa aja pertanyaannya trus bagaimana strategi Lolos Interview?

    Salam,

    • Asma Hanifah says:

      Wa’alaikumsalam.
      – Peserta diminta bawa seluruh berkas asli dari semua yang diupload. Ga semuanya diminta tunjukkin. But in case. Yang sering ditanya berkas nilai atau SKHUN untuk peserta SMA.
      – Pertanyaannya ga jauh beda dengan essay di application. Identitas diri, hobi, minat, pengalaman, alasan memilih Turki, rencana setelah lulus, dan pertanyaan tambahan sesuai dengan jurusan yang kamu ambil.
      Interviewer ada 3 orang biasanya. Ngga ada strategi apa-apa. Yang penting kmu paham pertanyaan mereka, bisa menjawab dengan baik dan sopan

  7. Nice Info! thanks..
    Mau nanya, untuk LOI kan ada pertanyaan:
    Please explain your expectations from ‘the higher education in Turkey’ and your plans for after graduation.
    Apakah yg dimaksud dengan harapan kita di turki secara umum, atau menyangkut jg harapan tentang univ. di turki (misal : kelebihan univ. turki)?

    Apa ada perbedaan yg cukup menjebak dr pertanyaan tahun lalu? “Please explain your expectations from ‘studying in Türkiye’ and express your future plans”

    Thanks

    • Asma Hanifah says:

      Saya rasa, itu lebih ke harapan input apa yang kita dapatkan dari higher education di Turki dan rencana setelah lulus (output apa yang akan kita kasih). Anyway, tulis aja yang menurut kamu benar. Toh memang essay tahunan kami sama tahunan ini beda. Jadi ngga bisa meyakinkan.

  8. afik says:

    kakak, sy kn mau ambil s2.. itu disuruh ngisi ijazah SMA dan S1…

    untuk ijazah s1 saya udah tk translate.. unuk yg ijazah SMA apakah juga harus ditranslate jg?

  9. zico says:

    Kk,kan kalau belum ada ijazah diganti dengan apa?dan jikalau surat keterangan lulus juga belum ada ,jadi apa gantinya?kalau kakak kemaren apa gantinya?

  10. zico says:

    Kk kan ijazah belum ada dan surat keterangan lulus juga belum ada jadi apa sebagai penggantinya?apa saya bisa mendaftar untuk tahun ini?

    • Asma Hanifah says:

      Read the articles first, please. We have many in this website, explaining the documents needed for YTB application. And some others in my own blog >>ashanifah.wordpress.com<<. Happy reading!

  11. zico says:

    Kk,,kn kurikulum kta t bda sma mreka,tu mlau skaramg blum ada ijazahnya.teruss gantinya pakai apa?kalau surat keterangan lulus g’ bisa kka.mohon jawabannya

    • Asma Hanifah says:

      Read the articles first, please. We have many in this website, explaining the documents needed for YTB application. And some others in my own blog >>ashanifah.wordpress.com<<. Happy reading!

  12. Puspita says:

    Terimaksih pencerahannya kak 🙂
    Untuk bagian Work Experience dan Academic Qualification jika tidak di isi tidak apa apa kak? Dan untuk Academic Qualification itu bisa tolong pencerahannya kak 🙂 masih agak bingung, itu kualifikasi akademik dari tes internasional kak?

    • Asma Hanifah says:

      Academic Qualification itu tempat kamu ngupload berkas-berkas tertentu yang dijadikan persyaratan oleh beberapa universitas. Untuk tau apakah univ yang kamu pilih meminta itu atau ngga, cari tau aja ke website univnya.
      Anw, setiap langkah di form dikasih keterangan cara pengisian, kan? Kamu bisa langsung baca disana. Kita disini juga taunya dari keterangan-keterangan itu kok.

  13. Admin Sultan says:

    Tidak.

  14. Azka says:

    Kak, kalau raport yang diupload (saat pendaftaran online) itu harus dalam bahasa inggris apa boleh bahasa indonesia? makasih sebelumnya kak

  15. zico says:

    kak sy tdk bisa register https://tbbs.turkiyeburslari.gov.tr/auth/register,kenapa ya? saya sudah mengikuti langkah2 yg kk tulis.mohon pencerahannya

  16. Wishu says:

    Salam, Lanjut lagi dong Kak, terutama langkah-langkah detail pengisian Apply.

Trackbacks/Pingbacks


Leave a Reply