Categorized | Beasiswa

Summer School di Turki

Seperti yang telah diketahui bahwa pemerintah Turki, selain memberikan peluang beasiswa untuk S1 hingga S3, juga memberikan kesempatan belajar bahasa dan budaya Turki melalui program summer course. Program singkat ini ditujukan bagi siapa saja yang memenuhi persyaratan untuk dapat belajar langsung di Turki selama tiga bulan. Program ini merupakan kerja sama antara pemerintah Turki dengan Yunus Emre Institute for foreign students. Selain belajar bahasa dan budaya, peserta summer course juga akan diberi kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata dan bersejarah di Turki.

Nah, program ini akan diadakan di kota-kota selain Istanbul, Izmir, dan Ankara, seperti kota Aydın, Bolu, Bursa, Denizli, Edirne, Eskişehir, Gaziantep, Kayseri, Konya, Sakarya, Samsun dan Trabzon. Tujuannya agar peserta summer course dapat mengenali budaya dan bahasa Turki lebih intensif. Selama belajar bahasa dan budaya, peserta akan belajar dari pagi hingga siang. Kemudian sore sampai malam bisa mengikuti berbagai macam program kebudayaan langsung di masyarakat setempat. Program ini akan berakhir di Istanbul, di mana peserta summer course dari berbagai negara akan berkumpul dan mengungjungi Istanbul selama empat hari.

Biasanya waktu pembukaan summer course di bulan April-Mei atau setelah pembukaan pendaftaran beasiswa S1-S3. Program ini akan dimulai pada bulan Juli hingga Agustus-September.

Lalu apa yang akan didapatkan oleh peserta summer course? Di antara uang saku 500 TL, akomodasi gratis, makan pagi dan malam, asuransi kesehatan, dan aktivitas sosial-budaya selama di Turki. Sayangnya, transportasi PP dan domestik tidak ditanggung oleh penyelenggara program alias bayar sendiri.

Apa saja persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan? Berikut penjelasannya:

Application Requirements

a) Being a citizen of any country other than the Republic of Turkey (the candidates who have citizenship of the Republic of Turkey and also those who lost Turkish citizenship for any reason cannot apply for the Turkish Language Summer School 2014 Program)

b) Being a student at Yunus Emre Turkish Culture Centers or being a student in a university outside Turkey.

a) Being between the age 18 and 27.

b) For university students having at least 70% weighted grade point average and a proof of Turkish language skills.

c) For Yunus Emre Turkish Culture Center students having at least A1 Level Turkish Certificate.

d) Those who received Turkish summer school in the previous years cannot apply the Summer School.

e) Those who has completed any level of his/her education in Turkey cannot apply the Summer School

Required Documents

1 – Student Certificate taken from the university or Turkish Certificate taken from Yunus Emre Turkish Culture Centers.

2 – Copy of a valid identity certificate

3 – 1 photo

4- Transcript for university students.

111 Responses to “Summer School di Turki”

  1. uswa hasanah says:

    kak mau tanya program summer di turki juga ada yang di adakan oleh yee.itu kan yang berhasil keterima ada konfirmasi lewat email.klo gada berarti gak keterima kah????

    • Admin Sultan says:

      Biasanya untuk yang tidak diterima pun ada emailnya. Coba dicek dulu sampai ke SPAM. Pasti ada. Kalau tidak ada, mungkin juga berarti tidak dterima. Tapi kamu harus konfirm ke pendaftar lain apakah mereka dapat atau tidak.

  2. Atikah says:

    Kak makasi ya infonya , anyway pengumuman itu brp hr Setelah tgl terakhir pendaftaran ya? Dan jarak pengumuman ke tgl berangkat lama ga? Siapa tau kan bisa cari sponsor tiket

    • Admin Sultan says:

      PEngumuman itu minimal sebulan setelah interview. Kadanng bisa lebih dari sebulan bahkan sampai 2 bulanan karena saking banyaknya yang daftar. So, sabar aja yaa.. Jarak dari pengumuman sampai ke keberangkatan biasanya sebulan juga. Bisa juga lebih.

  3. byun says:

    Assalamualaikum Kak, kalau misalnya keterima ikut summer school ini, visa yang dibuat itu student visa ya Kak? Bukan tourism visa? Jadi harus ngurus ke kedubesnya langsung ya Kak? Nggak bisa ngurus secara online (e-visa)?

  4. citra says:

    kalo sma kelas 12, bisa nggak ya?

  5. tri mey says:

    Assalamualaikum kak boleh saya liat motivation letter nya kak tolong yah butuh referensi nih buat daftar summer school.

  6. rafikaisna says:

    Kalau biaya transportasi sendiri berarti lumayan dong sama aja kaya ngga ikut summer school. Kira kira kakak tau ada yg gratis ngga ? Heheheh

    • Admin Sultan says:

      Hmm, yang menyedikan gratis hanya YTB aja. Tapi kan kalau kamu ikut summer school kamu ikut aktivitas banyak di sini, yang ga bisa didapat kalau kamu bukan penerima beasiswa summer school 😀

  7. Hari Kusuma says:

    Halo mau tanya, untuk di website https://www.turkiyeburslari.gov.tr/ bagian untuk summer scholarship ada di mana ya? Kok belum saya temukan, apakah baru akan muncul ketika sudah memasuki bulan April saja?

    • Hari Kusuma says:

      Ohiya satu lagi, untuk persyaratan berikut :

      b) For university students having at least 70% weighted grade point average and a proof of Turkish language skills.

      Jadi apakah saya harus sudah pernah belajar bahasa turki sebelumnya? Apakah memungkinkan jika belum pernah les/belajar bahasa turki untuk terlibat dalam program summer course ini?

    • Admin Sultan says:

      Iya, baru akan muncul berbarengan nanti. Mrk hanya akan membuka kolom aplikasi ketika pendaftaran dibuka, selain itu tidak akan dibuka.

  8. IdeSilehu says:

    assalam kak, mau tanya apakah nanti sudah buka pendaftarannya yng summer course, kk akan umumkan disini juga? soalnya agak bingung sama bahasanya hehe 😀 makasih 🙂

  9. Abdus Somad says:

    Jadi ini untuk para calon siswa di Yunus Emre Institute aja ya? Atau bisa untuk non-student? Atau ada lagi selain untuk para calon siswa yang Summer school Turki macam begini?

  10. Nadia says:

    Kak, aku pengen ikut progam beasiswa yg belajar bahasa turki untk taun dpn, kira2 pendaftaran dibuka bulan apa ya? Terus daftarnya kemana?

    • Admin Sultan says:

      Hai Nadia. Biasanya setelah beasiswa reguler dibuka. Jadi nanti mereka akan rilis kalender beasiswa, seluruh jadwal akan tertulis di ditu. So kamu harus pantengin terus websitenya. Itu kira2 bulan Februari ke atas. Tentu daftarnya ke webnya langsung tidak lewat jalur selain itu.

  11. Krause says:

    Hallo! Apakah ada ketentuan skor TOEFL/IELTS untuk apply summer course? Mengingat Aplication Requirements yg disebutkan diatas tidak menyinggung mengenai TOEFL/IELTS. Terima kasih.

    • Admin Sultan says:

      Halo. Selama ini tidak ada ketentuan berapa skor yang dimiliki. Mereka hanya meminta sertifikat pernah mengikuti test bahasa asing (terutama English). Jadi berapapun nilai yang didapat tidak masalah. Mungkin mereka yang akan menentukan nantinya apakah layak atau tidak. Tentu kalau punya nilai tinggi bisa lebih bermanfaat.

  12. Assalamualaikum
    Ka kalau buat summer course ..ada yang buat SMA ga ?
    Thanks

  13. Habibah says:

    Assalamu’alaikum.. kak, summer school tahun ini sudah buka? Mohon respon nya.. terimakasih

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb. Udah buka itu, coba kamu check web turkiye burslarinya

      • monika pratiwi says:

        Maaf kak jika boleh tau saya harus memilih apa ya di websitenya, saya udah coba utak atik websitenya tapi saya bingung untuk apply beasiswa summer course ini , mohon info dan bimbinganya

        • Admin Sultan says:

          Harusnya ada link untuk menuju kesana. Bentar mimin cek dulu..

          • Habibah says:

            Kak, tolong infokan link untuk apply summer course ini.. sesuai jadwal, seharusnya sudah buka. Tapi knpa tdk ada info di home web atau lainnya. Mohon bantuannya.. terimakasih

  14. Harmen says:

    halo admin,
    mau tanya, saya sedikit bingung pada persyaratan pertama:
    1 – Student Certificate taken from the university or Turkish Certificate taken from Yunus Emre Turkish Culture Centers.

    *Student Certificate taken from the university yang seperti apa?

    apakah maksudnya sama dengan persyaratan yang ke 4? :
    4- Transcript for university students.

    sebelumnya terimakasih untuk jawabannya

    • Asma Hanifah says:

      Itu persyaratan yang kamu lihat dimana?

      • Harmen says:

        Di postingan atas tentang “Summer School di Turki” Posted pada tanggal 08 February 2015..

        biar jelas saya copy: (*persyaratan seperti ini)

        Required Documents
        1 – Student Certificate taken from the university or Turkish Certificate taken from Yunus Emre Turkish Culture Centers.
        2 – Copy of a valid identity certificate
        3 – 1 photo
        4- Transcript for university students.

        Mohon penjelasannya sist, perbedaan antara persyaratan yg pertama dan ke 4, Student Certificate itu maksunya Certificate seperti apa?, apa sejenis piagam? ^_^

        • Admin Sultan says:

          Student certificate itu ijasah. Transkrip ya transkrip nilai..

          • Irma Yunita says:

            Kalau masih kuliah jadi ijazah apa yg di berikan ..? Apakah ijazah SMA ? Utk transkrip nilai itu utk smster trakhir yg telah di jalani ?
            Oiya maaf . Dimana bisa mendownload form pendftaran??. Soalnya saya kunjungi website turkish burslari. Saya tidak menemukan ttg summer program ini..

          • Admin Sultan says:

            kamu baca sampai teliti di artikel kami yaaa

  15. Saniamah says:

    International and domestic round-trip transportation expenses belongs to the participants.

    Ka mau tanya, kalau domestic round-trip itu kira kira butuh biaya brp ya. Jd untuk summer school ini total kita harus keluar biaya brp, krn ternyata ga smua ditanggung ya hehee..

    • Admin Sultan says:

      Seperti transport di Indonesia aja sebenarnya tidak terlalu jauh dan mahal. IYa semua tidak ditanggung, ada komponen biaya yg harus dibayar oleh awardee. Kalau totalnya mimin kurang tahu euy, maaf yaa..

      • Saniamah says:

        kalo gambaran living cost di sana gimana kak? Kira-kira ada link untuk konsultasi ttg summer course ga ka? Saya kepengen tanya2 lebih detail.. makasih ka.

  16. yudizt says:

    Halo Admin Sultan,
    Semoga selalu dalam keadaan baik ya. Amin
    Saya mau bertanya. Apakah pendaftaran Turkish Language Summer School tahun ini akan dibuka? Karena sampai saat ini belum terdaftar di webnya http://www.turkiyeburslari.gov.tr/index.php/en/turkiye-burslari/burs-programlari. Apakah tahun lalu ada juga?
    Senior saya sempat ikut summer school ini tahun 2014.
    Mohon penjelasannya ya. Terimakasih

    • Admin Sultan says:

      Aamiin. Namanya juga Summer School, ya diadakannya pas summer. Skrg kan masih winter. Biasanya itu dibuka nanti kalau beasiswa reguler sudah semua prosesnya. Dibuka terus tiap tahun. Tapi kita ga pernah tahu apakah tahun ini akan dibuka atau tidak. Ditunggu saja pengumumannya nanti ya..

  17. rahmi says:

    untuk dftr summer course ini harus sudah selesai S1 atau boleh nonaktif sebentr ? trus hrs bs bhs turkey jg atau tidak?

  18. Ana ahdiya says:

    Salam..:)
    Mba, kalau mau tanya2 lebih jelas bs mnghubungi mba lewat mn ya?
    Terkait summer course thun ini:)
    Mohon maaf sblmnya dn trimakasih:)
    Wassalam..

  19. Citra says:

    kak maaf saya mau tanya, saya sudah buka official web nya untk Tyrki scholarship. sya trtarik untk program Yunus Emre Turkish Language dan sudah mmbuka bbrapa unvrsitas yg ad di web. tapi sya msih gk paham kampus mana aj yg ad jurusan Turkish language itu, hee
    mohon pncerahannya kak
    thanks

    • Admin Sultan says:

      Untuk Turkish language ya? Biasanya kalau memang dibuka programnya akan muncul di web. Tapi belakangan tidak dibuka, mungkin karena sudah terintegrasi dengan beasiswa reguler. Beasiswa reguler mewajibkan semua penerima beasiswa untuk mengikuti kelas bahasa Turki selama setahun.

  20. It’s hard to find knowledgeable people on this topic, but you sound like you know what you’re talking about! Thanks

  21. abdullah says:

    Salam admin,,,

    Kalau yang baru lulus S1 masih bisa ikut gak summer course nya ?

    Atau admin tahu informasi lain tentang summer course atau exchange di eropa utk yg fresh graduated
    thanks

    • Admin Sultan says:

      Waalaikum salam wr wb. Bisa kok, siapa aja bisa ikut summer course. Kalau di Eropa admin kurang tahu 🙂

      • Yuliana Setyawati says:

        Aku kira program summer course atau yg semacamnya cuma utk org2 yg msih tercatat sebagai mahasiswa/sedang kuliah. Jadi summer course yg diturki ini juga bisa buat yg uda lulus S1? Jadi beneran bs?

        • Admin Sultan says:

          Tidak. Ini ditujukan untuk yang masih kuliah atau yang baru saja lulus untuk belajar bahasa Turki singkat selama 2 bulan. Dalam dokumen yang diminta disebutkan kalau kamu masih kuliah, lengkapi dengan surat keterangan masih kuliah. Kalau kamu sudah lulus, lengkapi dengan ijasah. BEgitu. Jelas kan?

  22. Fatimah says:

    Assalamualaikum
    Marhaba

    Kala, kalau universitas nya belum punya link kerjasama dg universitas2 di turki bagaimana?
    Adakah jalan lain untuk summer course program. Misalnya program langsung dr kedutaan turki?

    Tasyakuran ederim

    • Admin Sultan says:

      Wa’alaikumsalam wr wb. Merhaba!
      Kalau untuk summer course, tidak ada hubungannya dengan kampus terkait. Semua orang bisa ikut mendaftar. Kecuali untuk exchange, itu harus kampus yang bekerja sama dengan kampus di Turki. Ini juga bukan wilayah kedutaan Turki, karena langsung di bawah kementrian pendidikan Turki. jadi daftarnya online dan hanya seleksi dokumen saja.

  23. Hesti Aulia says:

    Assalamualaikum kak. ingin bertanya nih, “Student Certificate taken from the university” ini maksudnya dokumen apa ya kak? apakah sama seperti surat keterangan mahasiswa? trus apakah semua dokumen harus dalam bahasa inggris? terima kasih, mohon jawabannya..

    • Admin Sultan says:

      Wa’alaikumsalam wr wb. Student certificate itu ijasah. Kalau belum ada bisa menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL). Iya tentu, semua dokumen harus dalam bahasa Inggris makanya harus diterjemahkan dengan penerjemah tersumpah.

      • Hesti Aulia says:

        Ijin menanggapi kak, kalau untuk summer course apakah harus punya ijazah juga? soalnya saya baru semester 6 dan baru akan lulus semester 8 nanti

        • Admin Sultan says:

          Engga kok, bisa pakai surat keterangan masih kuliah. Summer course ga ditujukan buat yg udah lulus, tapi buat yg di tingkat akhir dan nunggu kelulusan biasanya..

          • Yuliana Setyawati says:

            summer course gak ditujukkan buat yg uda lulus? Lah, td ada jawaban summer course bs di apply oleh siapa saja termasuk yg sudah lulus S1.
            Jadi yg bener yg mana? Mohon infonya…

          • Admin Sultan says:

            iya, jadi memang ada dua informasi yang beredar yang juga kami dapatkan. keduanya bisa. tapi yang paling memungkinkan adalah untuk mereka yang masih berstatus mahasiswa di tingkat akhir.

  24. Cindy says:

    Assalamuaikum. Mau tanya untuk dapat sertifikat A1nya bisa tes drmn ya? Mohon infonya ya kak. Mumpung blm buka pendaftaran saya mau siapin berkas2nya dulu selagi libur kuliah. Makasih sebelumnya 🙂

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb. Untuk dapat sertifikat A1 harus ikut lembaga kursus bahasa Turki dulu. Sayangnya, di Indonesia sepertinya masih belum banyak. Coba konfirmasi ke kedubes Turki di Jakarta apakah mereka masih menyelenggarakan kursus bahasa Turki atau tidak. Kalau utk daftar YTB, itu tidak perlu, karena nanti akan ikut dari awal lagi. Tapi kalau udah bisa A1, biasanya boleh lompat langsung ke level yang sudah dilewati.

  25. Gusti says:

    Mau nanya nih,jadi minimal persyaratan untuk ikut summer school apa aja ya? Tidak mesti punya sertifikat bahasa turki kan? Apakah untuk apply ada seleksi atau tes tes selanjutnya? Seandainya ada apa tuh kira kira. Mohon infonya hehe

    Oh iya biasanya kuota nya berapa?

  26. Berlian Rahmy Lidiawaty says:

    Assalamualaikum Admin. Untuk periode tahun 2016 apa sudah dibuka?

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb. Yah mba, tahun 2016 aja belum dateng hehe.. Coba dibaca di bagian Yang Sering Ditanyakan deh, ada semua di situ. Biasanya pengumuman itu sudah ada di Januari, tapi masih bentuk woro-woro. Baru buka Akhir Februari sampai Maret. Biasanya ya..

  27. nurfitri says:

    assalamualaikum,admin,, saya mau tanya, sertifikat identitas maksudnya apa ya??

  28. Husen GP says:

    Izin bertanya…
    kalau di program summer schoolnya Turki kan kita akan belajar bahasa dan budaya. setelahnya kita diupayakan mendapatkan sertifikat A1 Bahasa Turki. Nah kalau boleh tau apakah mendapatkan sertifikat A1 di Turki dalam proses pembelajaran yang dimaksud cukup sulit? apabila si peserta nantinya tidak mampu mendapatkan sertifikat A1 apakah ada pinalty buat pesertanya atau seperti apa menurut ketentuannya?

    • Admin Sultan says:

      Engga susah kok kalau A1 saja, sangat basic. Semua juga pasti bisa dapet sertifikatnya karena minimal dapet cukup dengan nilai 60-70 saja. Kalau ga bisa dapet, itu malesnya luar biasa atau benar-benar ga niat. Karena sangat basic. Tidak ada penalti, tapi beasiswa dipotong. Kan selama 3 bulan, evaluasi perbulan.

  29. izza says:

    Assamualaikum mbak, saya minat summer school banget. Sertifikat from univ itu maksudnya apa yah?
    Website pendaftarannya apa?
    Maaf kalo lancang, tapi boleh minta kontak buat ngobrol2 tentang beasiswa summer school gak? Fb atau apa aja. Bisa kontak aku via email kalo boleh.
    Makasih banyak sebelumnya 🙂

  30. aya says:

    Assalamu’alaikum, min, untuk bisa lolos dapet summer school ini, tips apa ya? Sambil persiapan untuk tahun depan, jazakaallaah khoir

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb. Lengkapi dokumen sesuai dengan yang diminta, pastikan dokumen yang diminta memiliki nilai lebih dan outstanding seperti pengalaman ikut kejuaraan, sertifikat, kemampuan bahasa asing, dan prestasi lainnya.

  31. Annisa says:

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Untuk yang program summer course apakah harus mempunyai sertifikat A1 level terlebih dahulu? Dan mahasiswa dari semester berapakah yang bisa apply? Makasih

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb. Tentu tidak, karena dalam summer course dari pemerintah justru akan belajar mendapatkan sertifikat A1. Mahasiswa dari semester berapa saja bisa apply.. 🙂

  32. hana says:

    saya mau tanya kalo mau daftar program summer school di turki ada websitenya buat ngirim persyaratannya ga? selama ini saya cuma liat website tentang persyaratannya aja tanpa ada info untuk pengiriman aplikasi persyaratannya

  33. Mba saya mau bertanya, ini saya mahasiswa Teknik Perminyakan bisa nggak ikut program pertukaran pelajar ke tukri?
    trus universitas di turki yang mana cocok untuk jurusan saya?

    sebelumnya, terima kasih atas respon nya 🙂

    • Admin Sultan says:

      Bisa sekali, selama negara atau kampus asal sudah bekerja sama dengan negara atau kampus yang ada di Turki. Dari pemerintah sendiri tidak mengadakan program exchange ini alias diserahkan ke masing-masing kampus. Jadi, kalau di Indonesia ada kampus yang bekerja sama dengan kampus di Turki, itu bisa sekali. Kalau universitas yang cocok tentu yang mengadakan kerja sama exchange itu. Coba dikonfirmasi saja dulu di kampus atau di kedutaan Indo/Turki adakah program exchange.

  34. fitri says:

    ass sy mw bertanya untuk summer school 3 bulan sementara untuk sertifikat untuk bisa berbahasa turki 1 tahun dpt di peroleh ketika di turki . jadi apakah disana waktu yg di tempuh 1 tahun 3 bulan ?? dan yg 1 tahun itu biaya sendiri .. terimakasih infonya

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb. Jadi selama summer school ada kelas bahasa singkat A1-A2 selama 3 bulan. Karena summer school sendiri 3 bulan. Kalau mau belajar bahasa Turki sendiri bisa aja, durasinya rata-rata 9 bulan sampai C1 dan tentu itu biaya sendiri.

  35. amanda preally says:

    salam, saya mau bertanya sehubungan dengan jawaban kakak mengenai sertifikat kemampuan bahasa turki, bahwa harus belajar 1 tahun di kota kota turki saya belum paham, apakah sebelum mendaftar untuk beasiswa summer school ini kita harus pergi ke turki untuk belajar bajasa turki dulu?

    • Admin Sultan says:

      Oh, justru summer school itu nanti akan belajar bahasa Turki dasar kalau tidak salah sampai A2 karena hanya 3 bulan. Rata-rata satu level bahasa Turki itu 1.5 bulan (weekdays). Selain belajar bahasa, nanti ada aktivitas mengenal kultur Turki, di akhir program akan berkunjung ke Istanbul utk jalan-jalan 🙂

  36. Kukuh says:

    Permisi saya kukuh mau tanya kak kalau jadi toefl atau basic bahasa turki tidak di perlukan ya buat persyartan ? terus kalau mau kirim dokumen nya kemana ya ? please jelasan detail dong kak step by step. kalau boleh bisa contact nya kak ??

    thx
    Kukuh

    • Admin Sultan says:

      Kalau basic bahasa Turki selama ini tidak dibutuhkan mengingat nanti selama setahun wajib ambil kelas bahasa Turki. Sedangkan TOEFL tergantung masing-masing kampus memintanya atau tidak. Namun sekarang, TOEFL nampaknya sudah mulai diikutsertakan sebagai syarat. Dokumen dikirim via online melalui website http://www.turkiyeburslari.gov.tr setiap tahunnya. Tidak ada web selain itu. Wah, kalau penjelasan detail sudah ada di web ini kok 🙂

  37. anisa says:

    masih buka pendaftarannya?sampai kpn ya?daftarny dmn?

  38. fariz says:

    itu khusus mahasiswa di turki aja min ?

  39. Fariz Luthfi says:

    itu tiket PP ditanggung biaya sendiri ya?

    • Admin Sultan says:

      Iya, sayangnya untuk program summer course tiket ditanggung sendiri. Kecuali biaya selama di Turki seperti akomodasi, makan, transport, dsb.

  40. Ayu says:

    Selamat pagi. Saya ingin bertanya beasiswa turkish summer school sudah di buka pendaftarannya tapi mengapa formulir pendaftaran beasiswa turkish summer school tidak bisa di download? Mohon bantuannya.
    Lalu bila sudah selesai melengkapi semua persyaratan, semua berkas persyaratan dikirimnya kemana ya?
    Terima kasih sebelumnya.

  41. Ayu says:

    Selamat siang saya ingin bertanya pendaftaran beasiswa turkish summer school sudah dibuka tapi kenapa ya formulir pendaftaran beasiswa turkish summer school tidak bisa di download?
    Lalu untuk pengiriman semua aplikasi pendaftaran di kirim kemana ya?
    Terima kasih sebelumnya.

  42. sri says:

    Cara apply buat summer course gmn ya ka ? Daftar online apa gmn.. mohon infonya

  43. nur says:

    cara apply untuk beasiswa summer school bgmn ya kak?
    mohon infonya

  44. Rahmah says:

    Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh, admin.
    Terima kasih atas informasinya.. saya ingin bertanya. 🙂

    Bagaimana cara agar calon peserta memiliki sertifikat kemampuan berbahasa Turki? level A1 itu level terbawah?
    di kota saya, Makassar, tidak ada tempat bimbingan/kursus bahasa Turki. Dan saya belum pernah belajar bahasa Turki sebelumnya.
    Apakah sertifikat tersebut wajib ada agar bisa lolos berkas?

    Mohon penjelasannya, admin.. Terima kasih banyak. Jazakumullah khair. 🙂
    Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

Trackbacks/Pingbacks


Leave a Reply