Turki Amankah Untuk Belajar? Tanya Kami Di sini! :)

Banyaknya pemberitaan negatif mengenai kondisi di Turki tentu membuat orang tua calon mahasiswa yang hendak belajar ke Turki menjadi was-was. Hal ini wajar terjadi mengingat mereka tentu menginginkan anak-anaknya belajar dengan tenang di tempat yang aman. Ketika anak-anak mereka sangat ingin kuliah di Turki, lalu mendengar berita negatif mengenai Turki, timbullah keraguan dan halangan perizinan ke Turki. Di sinilah pentingnya agar kita semua, termasuk para orang tua, memahami apakah benar Turki aman untuk kuliah?

Dalam postingan ini, kami akan menjawab secara singkat bahwa Turki sangat aman untuk pelajar asing. Bahkan, saat ini mulai banyak kampus-kampus di Turki yang mulai menerapkan kelas internasional, maksudnya murni berbahasa Inggris, dalam pengantar perkuliahan. Seperti yang sering kami sebutkan bahwa pada dasarnya mayoritas kampus di Turki menggunakan bahasa Turki sebagai pengantar. Itulah sebabnya dalam setahun pertama di Turki, mahasiswa baru akan mendapatkan pelajaran mengenai bahasa Turki. Setelah itu baru perkuliahan normal. Meski demikian, ada juga kampus yang dari awal menggunakan bahasa Inggris. Anyway, ini berarti Turki semakin welcome dengan mahasiswa asing. Tentu saja, keamanan dan kenyamanan adalah sumber keuntungan bagi Turki karena akan mendatangkan persepsi baik dan memancing orang agar terus datang ke Turki. Sebab itu, pemerintah Turki sangat peduli akan hal ini.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa persoalan internal di Turki seperti politik, ekonomi, keamanan pasti mempengaruhi kehidupan sosial, termasuk kehidupan perkuliahan. Tapi secara umum, tidak berdampak langsung ke perkuliahan itu sendiri. Perkuliahan dan mahasiswa asing mendapatkan dampak tidak langsung seperti rasa was-was dan tidak aman. Itulah sebenarnya yang diinginkan oleh orang-orang yang tidak suka Turki, yaitu agar orang takut ke Turki dan membuat perekonomian kacau-balau. Kondisi ini juga banyak di pelbagai negara, misalnya Eropa dan Amerika. Meski dalam kasus yang berbeda, persoalan keamanan juga terjadi di sana, seperti masalah penembakan, terorisme, dsb. Jadi di semua tempat persoalan juga pasti ada. Tinggal bagaimana kita menyikapi persoalan tersebut.

Nah, sekarang di postingan ini, kami membuak kesempatan kepada kalian semua untuk bertanya apapun terkait keamanan di Turki. Seperti apakah ada rasisme, persoalan pelajar, kehidupan pelajar bagaimana, dsb? Silakan! Kami akan jawa semampunya. 🙂

32 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *