Categorized | Tentang Turki

Turki Amankah Untuk Belajar? Tanya Kami Di sini! :)

Banyaknya pemberitaan negatif mengenai kondisi di Turki tentu membuat orang tua calon mahasiswa yang hendak belajar ke Turki menjadi was-was. Hal ini wajar terjadi mengingat mereka tentu menginginkan anak-anaknya belajar dengan tenang di tempat yang aman. Ketika anak-anak mereka sangat ingin kuliah di Turki, lalu mendengar berita negatif mengenai Turki, timbullah keraguan dan halangan perizinan ke Turki. Di sinilah pentingnya agar kita semua, termasuk para orang tua, memahami apakah benar Turki aman untuk kuliah?

Dalam postingan ini, kami akan menjawab secara singkat bahwa Turki sangat aman untuk pelajar asing. Bahkan, saat ini mulai banyak kampus-kampus di Turki yang mulai menerapkan kelas internasional, maksudnya murni berbahasa Inggris, dalam pengantar perkuliahan. Seperti yang sering kami sebutkan bahwa pada dasarnya mayoritas kampus di Turki menggunakan bahasa Turki sebagai pengantar. Itulah sebabnya dalam setahun pertama di Turki, mahasiswa baru akan mendapatkan pelajaran mengenai bahasa Turki. Setelah itu baru perkuliahan normal. Meski demikian, ada juga kampus yang dari awal menggunakan bahasa Inggris. Anyway, ini berarti Turki semakin welcome dengan mahasiswa asing. Tentu saja, keamanan dan kenyamanan adalah sumber keuntungan bagi Turki karena akan mendatangkan persepsi baik dan memancing orang agar terus datang ke Turki. Sebab itu, pemerintah Turki sangat peduli akan hal ini.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa persoalan internal di Turki seperti politik, ekonomi, keamanan pasti mempengaruhi kehidupan sosial, termasuk kehidupan perkuliahan. Tapi secara umum, tidak berdampak langsung ke perkuliahan itu sendiri. Perkuliahan dan mahasiswa asing mendapatkan dampak tidak langsung seperti rasa was-was dan tidak aman. Itulah sebenarnya yang diinginkan oleh orang-orang yang tidak suka Turki, yaitu agar orang takut ke Turki dan membuat perekonomian kacau-balau. Kondisi ini juga banyak di pelbagai negara, misalnya Eropa dan Amerika. Meski dalam kasus yang berbeda, persoalan keamanan juga terjadi di sana, seperti masalah penembakan, terorisme, dsb. Jadi di semua tempat persoalan juga pasti ada. Tinggal bagaimana kita menyikapi persoalan tersebut.

Nah, sekarang di postingan ini, kami membuak kesempatan kepada kalian semua untuk bertanya apapun terkait keamanan di Turki. Seperti apakah ada rasisme, persoalan pelajar, kehidupan pelajar bagaimana, dsb? Silakan! Kami akan jawa semampunya. 🙂

33 Responses to “Turki Amankah Untuk Belajar? Tanya Kami Di sini! :)”

  1. rizal hard says:

    kalo di turki ada beasiswa untuk jurusan manajeman bisnis islam ga,, atau yang lainnya.
    di sana ada jurusan apa saja

  2. Abdul raffar says:

    Kak saya rafar dri aceh .. Mau nanya tentang tes wawancara.. Apa 2 aja sih y di tanya dan bagaimana cara menjawabnya dgn bagus agar lulus…?

    • Admin Sultan says:

      Yang ditanya itu seputar apa yang kamu tulis dalam form aplikasi, tidak mungkin ditanya selain itu. Cara jawab dengan bagus ya kamu harus paham apa yang kamu tulis dan mampur menjawabnya dengan tegas dan jelas,,

  3. Assalamu’alaikum kak…
    saya sangat tertarik dengan turkey
    saya sangat ingin kuliah di Turkey.
    saya butuh teman sharing

  4. Dinah says:

    assalamualaikum,saya mau Tanya kak untuk persyaratan beasiswa ke turki nilai un atau nilai akhir semester di sekolah mempengaruhi tidak?kalau mempengaruhi berapa nilai standarnya dan mata pelajaran apa untuk mencapai lulus beasiswanya ?dan berapa score untuk GRE, SAT, IELTS dan toefl. terima kasih

  5. Shafiq Rohman says:

    Mau tanya kak aku baca baca di website apakah benar kalau kuliah di turkey itu gak ada persyaratan min TOEFL atau IELTS?

  6. Andika says:

    Assalamualaikum,, sya Andika.
    Nah, gini sya kan masih ad waktu setahun buat persiapan lanjut ke Turki. Tapi masalahnya, sya butuh teman yg bisa diajak sharing pengalaman/info ttg kuliah dan hidup di Turki. Min kira” ad ga kontak pribadi yg bisa sya hubungi buat bertanya?

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb. Hmm, kalau untuk info pribadi, kamu bisa cari di grup PPI Turki atau PPI Istanbul. Kalau di sini, kamu bisa baca mengenai beasiswanya. Kalau untuk curhat, kami aja butuh tempat curhat huehehe

      Ohya, kalau pertanyaan spesifik bisa ke sini ya” [email protected]

  7. nurhasmiah says:

    assalamualaikum kak, perkenalkan nama saya nurhasmiah
    saya sangat tertarik kuliah di turki dan mengambil jurusan kedokteran
    kak boleh bagi tips dan triknya gak supaya bisa lolos?

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb. Wah, itu jurusan yang cukup favorit di Turki sebenarnya. PErsaingan untuk masuknya juga susah. Tapi sayang, untuk beasiswa YTB ini, mereka tidak membuka untuk jurusan kedokteran. Tapi, kalau mau coba untuk test sendiri, bisa. Namun kamu akan melalui beberapa tahap.

      1) Belajar bahasa Turki, krn nanti ujian akan pakai bahasa itu.
      2) Belajar normal pelajaran yg akan diujikan, untuk ini sama saja kalau mau masuk kedokteran di Indonesia.

      Kedokteran di Turki terbuka untuk siapa saja termasuk mahasiswa asing. Jadi tidak perlu khawatir, selama kamu bisa masuk ke jurusan tersebut.

  8. Chindy Zanetta says:

    Assalamualaikum.. salam kenal saya Chindy Ulima Zanetta dari Jawa Barat salah satu awardee YTB tahun 2016 untuk program doktor di Ege University. Saya butuh teman untuk sharing persiapan keberangkatan termasuk mengurus persyaratan2nya, ini alamat email saya [email protected]

  9. Amelia Fitri says:

    Tiara Puspita, kamu bisa kirim kontaknya ke [email protected]

    Saya belum tahu siapa saja yang lulus dari Aceh/Indonesia. Sangat butuh teman untuk sharing.

  10. Amelia Fitri says:

    Kak, saya Amelia Fitri. Saya juga awardee ytb tahun 2016 dari Aceh. untuk Tiara Puspita, boleh minta kontaknya? Saya tidak punya GRE, SAT, IELTS, dll yang diperlukan untuk daftar di Istanbul Teknik University, tapi saya dapat Offer of Scholarship di sini. Apakah sudah tidak ada harapan untuk saya karena tes di atas tidak bisa didapat dalam seminggu atau dua minggu…

    • Admin Sultan says:

      Hai Amelia! Kamu segera kirim email ke kami ya, agar kami bantu jawab. Jadi, kamu masih ada kesempatan 1 tahun kok. Tahun awal itu kamu akan daftar ulang kampus dan mendapatkan kartu mahasiswa sementara karena status kamu masih mahasiswa kelas bahasa Turki. Tapi hak beasiswa kamu sudah full, cuma memang belum kuliah di ITU. Nah, setelah kamu selesai bahasa Turki, tahun depannya kamu akan kembali dafar ulang dengan sertifikat bahasa Turki dan sertifikat lain yang diminta jurusan kamu. So tenang aja, masih ada satu tahun. Kabari kami segera yaa!

    • Tiara Puspita says:

      Hai Amelia, bisa bisa banget malah Cek emailmu yah supaya bisa dimasukkan ke group WA Awardee YTB 2016. Sudah tau kan deadline untuk pengurusan visa Dari tanggal 9-25 September? Banyak yg berencana untuk mengurus nya barengan sesama awardee lain. Cek emailmu ya

  11. Tiara Puspita says:

    Assalamu’alaikum Kak mau nanya Kak, nanti yg dikedubes ngurus visa Dan lainlain itu membutuhkan berapa hari ya kak? Atau satu hari langsung jadi?
    Terimakasih sebelumnya kak.
    Salam kenal saya Tiara Puspita dari Kalteng salah satu awardee YTB tahun 2016 ( ESKİŞEHİR OSMANGAZİ ÜNİVERSİTES / S1/ International Relations)

    • Admin Sultan says:

      Waalaikumsalam wr wb. Hai, Tiara, selamat ya! Kalau dulu urus visa student 365 hari, itu ga bisa sehari jadi. Kalau tidak salah semingguan deh. Tapi engga tahu kalau yang sekarang berapa lama waktu yang dibutuhkan. Kamu bisa kirim email ke [email protected], kita akan bantu kamu semaksimal mungkin.

  12. faadhil muammar says:

    Kemarin saya cuma gunakan nilai rapor, berarti kalau tes lagi tahun depan acuannya nilai ijazah ya ? Nilai rapor ga dilihat lagi ?

    • Admin Sultan says:

      Iya, nilai ijasah dan tentu pakai transkrip nilai rapor juga. Yang penting apapun dokumen yang diminta disertakan saja.

  13. faadhil muammar says:

    Punya tips nggak supaya bisa rayu orangtua supaya diberikan izin ke turki, hehe, soalnya ortu takut.

    • Admin Sultan says:

      Hmm, wajar sih sebenarnya kalau takut karena melihat kondisi seperti sekarang ini. Tapi kalau menurut teman-teman yg belajar di Turki, secara lapangan aman kok insallah.

  14. faadhil muammar says:

    Dosen di turki banyak yang diberhentikan ya akibat coup attack, apa itu mengurangi kualitas pendidikan di turki ?

    • Admin Sultan says:

      1) Dosen yang terkait dengan gerakan yang terlibat kudeta memang diberhentikan. Tapi banyak juga dosen yang tidak terlibat tidak diberhentikan. Hanya mereka yang terbukti terlibat. 2) Insallah tidak mengurangi kualitas pendidikan, sebab penggantinya juga banyak. Pemerintah Turki sudah menyiapkan tentang hal ini. 3) Kebanyakan memang kampus yang ditutup bukan kampus negeri, tetapi swasta di mana dalam beasiswa YTB ini tidak termasuk dalam list.

  15. Mega says:

    Selamat pagi. Saya mega, hendak kuliah di turki. Mengingat kasus kudeta kemarin, apakah untuk saat ini aman berkuliah disana? Kebetulan saya diterima di Kastamonu. Terimakasih

    • Admin Sultan says:

      Selamat pagi. Kalau ditanya pendapatnya mengenai apakah aman kuliah di Turki untuk saat ini, tentu jawaban akan beragam. Tapi mayoritas mahasiswa yang ada di Turki merasa aman-aman saja selama mengikuti prosedur keamanan yang sudah diberikan oleh Kedubes RI di Turki. Insallah semuanya aman. Wah, alhamdulillah ya kalau ke Kastamonu.. 🙂

  16. Gibran says:

    Gimana kondisi wni sekarang kak ? Kondisi ppi ? Kan ada kudeta semalam..

Trackbacks/Pingbacks


Leave a Reply